Published on 26 September 2025

Press Release: ICCA Umumkan Pemenang The Best Contact Center Indonesia 2025

Words by:
avatar

Administrator

Jakarta, 25 September 2025 – Indonesia Contact Center Association (ICCA) resmi mengumumkan pemenang ajang tahunan The Best Contact Center Indonesia 2025 di Balai Sarbini, Jakarta. Acara ini dibuka dengan pidato inspiratif dari Ketua ICCA, Andi Anugrah, yang menekankan pentingnya kompetisi sebagai barometer operasional contact center nasional sekaligus contoh garda depan pengembangan pelayanan pelanggan.

Tahun ini merupakan kegiatan yang ke-19, sejak pertama kali digelar pada tahun 2007. Kompetisi diikuti oleh 57 perusahaan yang berasal dari lintas industri, dengan total 731 peserta, terdiri atas 416 peserta individual mengikuti 48 kategori, 846 peserta dalam 141 tim presentasi inovasi mengikuti 11 kategori, serta 198 peserta dalam 87 tim teamwork mengikuti 9 kategori. Selama kurang lebih 3 bulan, peserta menjalani rangkaian pembekalan, presentasi, ujian, hingga lomba teamwork yang menguji keterampilan inti contact center seperti reporting, scheduling, telesales, quality assurance, performance dashboard, dan data analytics. Sebanyak 76% peserta berhasil lulus ujian, mencerminkan peningkatan kualitas kompetensi praktisi contact center di Indonesia.

Dalam pidatonya, Andi Anugrah menegaskan bahwa kompetisi ini bukan sekadar ajang lomba, tetapi wadah pembelajaran, persahabatan, serta wadah untuk mengasah inovasi. “Yang menang, jadikan kesempatan ini untuk menjadi role model. Yang kalah, jadikan ini kemenangan yang tertunda. Anda semua adalah pemenang yang berhasil mengalahkan keterbatasan untuk tetap tampil dengan kreativitas,” ujar Andi. Beliau juga menekankan pentingnya transformasi digital dan pemanfaatan Artificial Intelligence yang telah mengubah wajah contact center Indonesia, khususnya dalam kategori Contact Center Operations, Business Contribution, People Development, Employee Engagement, Customer Experiences, Digital Innovation, dan Technology Innovation.

Peringkat Top 10 The Best Contact Center Indonesia 2025 ditetapkan berdasarkan indeks terhadap 13 aspek yang terdiri dari 3 kelompok penilaian yaitu individual (35%), teamwork (15%) dan korporat (50%).  Akhirnya terpilih PT PLN Icon Plus (9th Runner-Up), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (8th Runner-Up), Blibli (7th Runner-Up), PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (6th Runner-Up), Bank Indonesia (5th Runner-Up), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (4th Runner-Up), PT Kereta Api Indonesia (Persero) (3rd Runner-Up), PT PLN (Persero) (2nd Runner-Up), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (1st Runner-Up), dan PT Bank Central Asia Tbk (Grand Champion).

Pemenang individual akan mendapatkan Site Visit Contact Center ke beberapa lokasi contact center yang berbeda. Pemenang Platinum akan diberangkatkan ke Hong Kong, untuk pemenang Gold dan Silver akan diberangkatkan ke Thailand, dan pemenang Bronze akan diberangkatkan ke Malaysia. Pemenang Platinum Teamwork akan diberangkatkan ke Malaysia, sedangkan pemenang Gold, Silver dan Bronze akan diberangkatkan ke Yogyakarta dan Semarang.

ICCA juga memberikan apresiasi khusus kepada 139 juri nasional dan 21 juri internasional yang turut serta dalam proses penilaian. Ucapan terima kasih juga diberikan kepada para sponsor, NXAI | Exodus Sphere International, Avaya, Oracle, ESIGO, Mastersystem Infotama | Webex by Cisco sebagai sponsor Diamond, Salesforce | Indosat Business, Tetherfi, Telexindo Bizmart sebagai sponsor Sapphire, Aruwa, KPSG, SOBOT, Exotel, Sestek sebagai sponsor Ruby, Phintraco, Nubitel, eCentrix, Konnect Insights | IBM Consulting, Abdi Jaya Integra, HP | Poly, Jabra, Qiscus, SeaBank, Zendesk sebagai sponsor Emerald. Dukungan finansial, tenaga, dan dedikasi semua pihak, termasuk pengurus, anggota, sponsor dan panitia memungkinkan terselenggaranya acara ini dengan sukses.

Dengan semangat kompetisi untuk meningkatkan kompetensi, ICCA berharap ajang ini terus menjadi ruang kolaborasi dan pengembangan kompetensi praktisi contact center Indonesia. “Mari terus melayani pelanggan dengan kreativitas dan kontribusi nyata bagi perusahaan atau organisasi.” tutup Andi Anugrah dalam pidatonya.

Tentang ICCA

Indonesia Contact Center Association (ICCA) merupakan wadah bagi para praktisi contact center di Indonesia untuk berbagi pengetahuan, mengembangkan kompetensi, dan meningkatkan kontribusi industri contact center bagi pelayanan pelanggan dan bisnis nasional. ICCA merupakan anggota yang tergabung dalam Contact Center Association of Asia Pacific (CC-APAC).