Work Based on Love

“I love my life. I love my job. And I love my customer.” Demikian kalimat yang diucapkan oleh Markus Rekiyart, seorang agent English dari PT Telkom Indonesia. Memang benar adanya jika bekerja dengan cinta, maka kepuasan pelanggan akan berada dalam genggaman tangan.

Diawali dengan menyanyikan sebuah lagu dan menyodorkan bunga kepada salah satu dewan juri, Markus terlihat penuh percaya diri dan siap untuk menyampaikan presentasinya. Dia menceritakan mengapa dirinya bekerja di dunia contact center. Alasan pertama adalah karena dia menyukai berinteraksi dengan orang lain. Kedua adalah untuk mengembangkan kemampuan dirinya, baik kemampuan dalam menyampaikan pesan maupun cara berkomunikasi yang baik.

Selanjutnya, pria yang lahir 35 tahun yang lalu ini menjelaskan tentang perannya sebagai seorang agent. Menurutnya, perannya adalah untuk mencintai customer. Dia harus memahami dan menerapkan bagaimana cara menyampaikan berbagai macam pesan dengan benar. Kemudian bagaimana cara untuk mengedukasi pelanggan dengan berbagai macam info yang dibutuhkan oleh pelanggan. Selanjutnya adalah bagaimana cara untuk memecahkan masalah dan sekaligus juga bagaimanca cara untuk menjual produk.

Selanjutnya Markus menjabarkan customer yang berarti berpikir secara analitis, menyelesaikan masalah, mendokumentasikan semua rekaman, bernegosiasi dan membuat keputusan yang tepat. Keputusan terbaik akan membawa kepuasan pelanggan.

Sebagai seorang agent Markus tentu menghadapi banyak tantangan. Tantangan yang pertama adalah masalah keberagaman pelanggan. Pelanggan dengan berbagai macam latar belakang usia, pendidikan, ekonomi, dan social tentu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Apalagi jika sudah berbeda etnis maupun kewarganegaraan. Cara terbaik adalah dengan memahami melalui mendengarkan. Tujuan akhir dari semua itu adalah untuk kepuasan dan kebahagiaan pelanggan.

Tantangan tersebut dijawab oleh Markus dengan sebutan TOP secret. TOP secret ini didasari oleh heart (hati), body (tubuh), dan positive mind (pikiran positif). Semua yang didasari oleh hati diimplementasikan oleh Markus dengan menulis jurnal pribadi, memiliki rasa syukur yang banyak, dan menghargai nilai kekeluargaan. Sedangkan yang didasari oleh tubuh diimplementasikan oleh Markus dengan bernyanyi dan berolahraga. Kemudian yang didasari oleh pikiran positif diimplementasikan oleh Markus dengan memperbanyak pengetahuan melalui membaca dan bereksperimen.

Markus juga banyak melakukan kegiatan untuk mengembangkan dirinya. Kegiatan tersebut antara lain adalah dengan banyak membaca buku, mengikuti kegiatan sosial, dan mengikuti pelatihan. Sedangkan penghargaan yang pernah dia raih antara lain sebagai Best Agent untuk bulan Februari dan Maret 2015. Sedangkan untuk target perusahaan, dari berbagai aspek semuanya mencapai 100%.

Kunci sukses yang dipegang oleh Markus adalah dengan memiliki solid behavior. Terakhir, untuk mempromosikan dirinya sendiri, Markus percaya bahwa dia selalu meningkatkan kualitas dirinya, melihat permasalahan dari berbagai sudut pandang, tidak mudah menyerah, dan yang pasti he love his job. (MZ)