Published on 14 December 2022

Winner Sharing #5: Platinum Winner TBCCI 2022

Words by:
avatar

Annisa Nur Fauzi

13 Desember 2022 – Acara Winner Sharing pagi ini telah selesai diselenggarakan. Pembicara pertama, yaitu Entin Handayani dari ASSA, pemenang Platinum The Best Agent Inbound.

Entin mengawali kegiatan hari ini dengan membagikan beberapa tugas dan tanggung jawabnya sebagai agent inbound. Karena menyukai film-film superhero, Entin pun menamakan pengalaman pelayanannya dengan judul, “Guardian of the Service Book.”

Pada kesempatan ini, Entin menceritakan bagaimana ia menangani pelanggan yang komplain karena ditolak oleh pihak bengkel ketika ingin melakukan service mobil. Ia pun memaparkan mulai dari call in, hearing (mendengarkan apa keluhannya serta situasi yang terjadi), problem (menemukan permasalahannya), hingga solution (mencarikan solusi).

Selanjutnya, Entin menjelaskan dua kreativitas yang ia miliki, yakni Save the Day dan Preventive Action. Selain kreativitas, ia juga menjabarkan terkait tantangan yang dihadapi, manfaat menjadi agent inbound, serta tips dan trik menjadi pemenang di ajang TBCCI.

Pembicara untuk sesi selanjutnya dari Bank Syariah Indonesia, yakni Ahmad Fauzan. Pria kelahiran Majelengka ini berhasil meraih Platinum pada kategori The Best Team Leader Inbound TBCCI 2022. Pada kesempatan ini, Fauzan membawakan materi dengan tema seputar hukum Fisika yang ia namakan, “The Physics Laws of Life.”

Berhubungan dengan temanya, Fauzan pun mengaplikasikan Hukum 2 Newton pada tugas dan tanggung jawabnya, yaitu Analisator, Fasilitator, dan Motivator. Selain tugas dan tanggung jawab, ia juga memiliki kompetensi yang dinamakan Action = Reaction, yang merupakan singkatan dari analytical skill, administration skill, reporting skill, coaching skill, dan communication skill.

Lalu, Fauzan juga memiliki program kerja “Energy”, yang berarti Enhancing and empowering agents’ potency. Untuk mendukung terlaksananya program kerja tersebut, Fauzan memiliki tiga kreativitas. Kreativtas tersebut, di antaranya Capacitor (coaching program for cutting back the errors), Tranformator (transfering fun, oriented, and impactful stories), dan Generator (growing enthusiasm and energy through appreciation and reward).

Sesi terakhir dilanjutkan oleh Dwi Putri Retno Wulan dari Bank Negara Indonesia. Wanita yang akrab Putri ini merupakan pemenang Platinum The Best Supervisor TBCCI 2022.

Berkarier di BNI sejak tahun 2011 sebagai petugas cabang, Putri pun kini telah dipercaya untuk menjadi Supervisor di BNI Contact Center site Surabaya. Terdapat lima tugas yang ia jalani sebagai Supervisor, di antaranya maintenance service quality, product knowledge update, monitoring operational service, dan develop team performance.

Selanjutnya, ia juga memaparkan program kerja yang dinamakan, “Improving Service Quality to Provide the Best Customer Experience.” Ada beberapa strategi yang dimiliki oleh Putri guna menjalankan program kerja tersebut, yakni Think PINK. Strategi tersebut, di antaranya Powerfull reminder, Immediately roleplay & mistery call, Nice learning with games, dan Kind of activity to build great team. Tidak lupa juga, Putri membagikan tips how to win The Best Contact Center Indonesia.

Terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir pada kegiatan sharing hari ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada Winner Sharing tahun depan!💃🙌(ANF)

%d bloggers like this: