Ujian Online Kategori Individual The Best Contact Center Indonesia 2021

Kamis, 19 Agustus 2021 – Tahap lomba pertama bagi para peserta kategori Indivdiual The Best Contact Center Indonesia 2021, yakni tahap ujian online sudah selesai diselenggarakan. Total peserta yang mengikuti ujian online kali ini adalah sebanyak 364 peserta. Pelaksanaan ujian online dan seluruh rangkaian perlombaan masih diselenggarakan secara virtual dikarenakan pandemi COVID-19 yang masih melanda Indonesia.

Pelaksanaan ujian dilakukan serentak dalam satu hari namun terbagi ke dalam tiga sesi. Para peserta mengikuti ujian sesuai dengan pembagian jadwal yang telah ditentukan oleh panitia. Panitia menyediakan 2 ruang Zoom untuk setiap sesinya yang dikhususkan untuk peserta dengan kategori tertentu. Hal ini dilakukan agar pengawasan kegiatan ujian dapat berjalan dengan maksimal.

Selama ujian berlangsung, peserta harus bergabung ke dalam ruang Zoom yang disediakan serta selalu mengaktifkan kamera. Adapun beberapa ketentuan ujian lainnya, yakni peserta harus mengubah nama Zoom, tidak diperkenankan menggunakan virtual background, dan tidak diperkenankan untuk share screen atau screen capture soal ujian. Selain itu, peserta juga harus tetap berada di ruangan Zoom meskipun sudah menyelesaikan ujian sebelum waktu sesi tersebut selesai.

Metode pengerjaan soal ujian pada ajang tahun ini juga berbeda dengan tahun sebelumnya, yakni menggunakan metode sequence. Pada metode ini, peserta harus mengerjakan soal secara urut mulai dari nomor 1 hingga 50. Peserta juga tidak dapat kembali ke soal sebelumnya sehingga tidak bisa mengerjakan soal secara acak.

Ujian online untuk sesi 1 berjalan dari pukul 08.00 hingga 10.00 WIB. Sesi ini merupakan sesi ujian khusus untuk kategori Inbound. Ruang 1 dikhususkan untuk peserta dengan sub-kategori BTB Agent Inbound, BTB Agent Inbound Specialist, BTB Back Office, Back Office Small, Back Office Large, dan Back Office Publik. Total terdapat 44 peserta yang hadir dalam ruang 1.

Sedangkan ruang 2 dikhususkan untuk peserta Agent Inbound Publik, Agent Inbound Small, Agent Inbound Large, Agent Premium, Agent Premium Publik, Agent Disabilitas, Agent English, dan Agent English Publik. Terdapat 77 peserta yang bergabung di ruang 2 pada sesi 1 ini. Seluruh peserta mengerjakan 50 soal dengan durasi pengerjaan selama 60 menit.

Lomba ujian langsung dilanjutkan ke sesi 2, yakni ujian untuk kategori Digital, Customer Service, serta Outbound. Sesi ini berlangsung pada pukul 10.00 hingga 12.00 WIB dan diikuti oleh 112 peserta. Ruang Zoom 1 dihadiri oleh 71 peserta para peserta sub-kategori BTB Agent Outbound, BTB Agent Digital, Customer Service, Customer Service Badan Publik, Agent Digital Media Sosial, Agent Digital Media Sosial Publik, Agent Digital Email, Agent Digital Email Publik, Telemarketing, dan Telesales.

Ruang Zoom 2 adalah ruang ujian untuk 41 peserta dari sub-kategori BTB TL Digital, BTB TL Outbound, TL Outbound, TL Digital Small, TL Digital Large, TL Customer Service.

Sesi terakhir ujian online Individual, yakni sesi 3 diikuti oleh 131 peserta kategori Leader dan Support. Durasi ujian untuk kedua kategori ini berbeda dengan kategori sebelumnya, yaitu 120 menit dengan total soal yang sama yaitu 50 soal. Hal ini dikarenakan beberapa soal memerlukan perhitungan khusus, seperti terkait KPI dan pengembangan kemampuan agent. Sesi ini dimulai pada pukul 13.00 dan berakhir pada pukul 16.00 WIB.

Peserta yang berada di ruang 1 sebanyak 77 orang antara lain peserta sub-kategori BTB Trainer, BTB TL Inbound, BTB Support, Quality Assurance Small, Quality Assurance Large, IT Support, TL Inbound Small, TL Inbound Large, Trainer Small, dan Trainer Large. Ruang Zoom 2 dihadiri oleh peserta sub-kategori BTB Supervisor, BTB Manager, Manager Small, Manager Large, Supervisor Small, Supervisor Large, Desk Control Small, dan Desk Control Large dengan total 54 peserta.

Seluruh peserta telah menyelesaikan ujian online melalui aplikasi yang disediakan oleh panitia, yaitu https://quiz.icca.co.id. Sebelumnya peserta juga sudah melakukan uji coba aplikasi tersebut pada agenda Tryout Individual pekan lalu di tanggal 9 – 13 Agustus 2021. Peserta hanya dapat log-in menggunakan alamat e-mail yang telah terdaftar dihttps://si.icca.co.id dengan password yang sudah diubah oleh masing-masing peserta.

Setiap sesi ujian berakhir, panitia mengumumkan nilai ujian yang diperoleh oleh setiap peserta melalui tautan Google Sheet Peserta The Best CCI 2021. Nilai dari peserta Individual sangat beragam. Terdapat 118 peserta yang memiliki nilai lebih dari 70 dengan nilai tertinggi berada di skor 94. Tahap ujian online sendiri memiliki bobot nilai sebesar 15%.

ICCA mengucapkan terima kasih dan apresiasi tertinggi kepada PIC perusahaan dan seluruh peserta atas partisipasi dan dukungannya dalam agenda perlombaan ini. Selamat bagi peserta yang telah meraih nilai ujian yang tinggi dan peserta yang sudah mengikuti ujian.

Setiap perusahaan dapat mengirimkan peserta maksimal 2 orang per sub-kategori untuk melangkah ke tahap lomba selanjutnya, yakni video presentasi dengan bobot nilai 40% dan sesi wawancara dengan bobot 45%. Pengumpulan video presentasi akan dimulai pada tanggal 26 – 31 Agustus 2021. Kemudian untuk sesi wawancara akan dilaksanakan pada bulan September 2021. Nantikan jadwalnya lebih lanjut di media sosial ICCA.

Masih ada dua kesempatan lagi untuk memperoleh nilai terbaik. Semangat untuk seluruh peserta dalam mempersiapkan diri. Berikan penampilan terbaik dan raih Platinum! #GoForPlatinum (FA)