Ujian Online Individual The Best Contact Center Indonesia 2020

Ujian Online Individual menandai dimulainya kompetisi The Best Contact Center Indonesia tahun 2020. Pelaksanaan Ujian Online Individual ditahun ini dilaksanakan secara virtual. Jika di tahun 2019 Ujian Online Individual dilaksanakan di Gedung STIA LAN Jakarta maka tahun ini lomba Tahap 1 Kategori Individual ini memiliki keterbatasan dimasa pandemik seperti saat ini. Dengan jumlah peserta yang cukup banyak, panitia memutuskan untuk melaksanakan kegiatan ini dengan menerapkan protokol kesehatan yaitu secara virtual. Metode ujian masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu Ujian secara online dengan menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh panitia.

Perbedaan mekanisme pelaksanaan tersebut cukup memudahkan bagi peserta karena tidak membutuhkan effort yang terlalu besar secara fisik, biaya dan tenaga. Peserta dapat mengikuti Ujian Online dimanapun peserta berada, baik dari rumah maupun dikantor.  Peserta juga proaktif menyiapkan diri dengan baik tidak hanya mempelajari materi ujian, tetapi juga menyiapkan perangkat dan jaringan internet yang memadai.

Ujian Online Individual dilaksanakan serentak selama 1 hari yaitu Rabu, 23 September 2020 yang terbagi dalam 3 sesi. Sesi 1 yaitu untuk Kategori Inbound dengan 85 pesertai pada pukul 08:00 – 10:00 WIB. Pada sesi ini peserta diberikan durasi waktu selama 60 menit untuk mengerjakan 50 soal. Kategori yang mengikuti sesi 1 ini terdiri dari kategori Agent Inbound, Back Office, Agent Premium, Agent English, BTB Agent serta BTB Back Office.

Pukul 10.00 – 12:00 WIB dilanjutkan dengan ujian sesi 2 yaitu kategori Customer Service, Digital, Outboundyang diikuti oleh 60 peserta. Dengan durasi dan jumlah soal yang sama dengan sesi sebelumnya, sesi ini diikuti oleh kategori Agent Digital & Team Leader Digital, Telemarketing dan Team Leader Outbound, Customer Service dan Team Leader Customer Service serta Best of the Best Customer Service.

Sedangkan sesi yang terakhir yaitu sesi 3 ujian ini khusus diikuti oleh Level Leader dan Support sebanyak 109 peserta dengan durasi waktu ujian 120 menit. Dengan jumlah soal yang sama yaitu 50 soal, ujian ini dimulai pada pukul 13:00 – 16:00 WIB. Kategori yang mengikuti ujian pada level ini terdiri dari kategori Team Leader Inbound, Supervisor & Manager, Best of the Best Leader, Best of the Best Manager, Quality Assurance, IT Support, Desk Control& Trainer serta Best of the Best Support.

Peserta menyelesaikan ujian online dengan menggunakan aplikasi yang disediakan dengan mengakses http://quiz.telexindo.com Aplikasi ini hanya dapat diakses oleh peserta dengan akun dan password yang telah disediakan untuk setiap peserta. Selama Ujian berlangsung peserta diwajibkan untuk mengaktifkan video zoom selama ujian berlangsung. Hal ini sebagai syarat agar memudahkan panitia dalam memberikan pengawasan kepada setiap peserta selama pelaksanaan ujian.

Setiap sesi ujian berakhir panitia langsung mengumumkan hasil score terbaik untuk setiap kategori. Sebagain besar peserta mampu meraih score yang bagus dan melampui angka 70. Hal ini menjadi pembuktian atas kerja keras dan semangat dari para peserta dalam menyiapkan diri mengikuti kompetisi ini.

Panitia memberikan apresiasi kepada para PIC dan peserta yang telah berpartisipasi dan memberikan supportnya sehingga pelaksanaan ujian online Tahap 1 ini dapat terlaksana dengan lancar. Selamat bagi peserta yang mampu meraih score yang tinggi, dan bagi semua peserta yang telah mengikuti ujian tahap ini, masih dapat mengumpulkan score terbaiknya pada Lomba Individual tahap berikutnya.

Ujian Tahap 1 ini merupakan pengumpulan bobot nilai 10% dari seluruh lomba, dan masih ada kesempatan untuk mencapai score terbaik pada Lomba Tahap 2, dengan total bobot 90%. #GoForPlatinum #TheBestCCI2020 (WH)