Tryout Individual TBCCI 2021: Kategori TL Inbound, QA, dan Trainer

Senin, 09 Agustus 2021 – Agenda tryout untuk para peserta Individual dimulai pada pekan ini. Tryout hari pertama diselenggarakan khusus bagi para peserta dengan sub-kategori Team Leader, Quality Assurance, Trainer, BTB Leader, BTB Quality Assurance, dan BTB Trainer.

Acara terbagi ke dalam dua agenda kegiatan, yakni pembahasan soal ujian oleh Bapak Andi Anugrah, selaku Ketua Umum ICCA, dan dilanjutkan dengan pengerjaan soal tryout untuk semua peserta.

Kegiatan tryout dibuka dengan sesi perkenalan dimana peserta dibagi secara acak ke dalam beberapa breakout room. Peserta dengan kategori lomba dan asal perusahaan yang berbeda saling berkenalan, membicarakan proses persiapannya, serta menceritakan harapannya dari keikutsertaan dalam ajang The Best Contact Center Indonesia 2021.

Penjelasan Lomba Video Presentasi & Wawancara

Sebelum melakukan pembahasan ujian online, para peserta mendapatkan pemaparan singkat terkait tahapan lomba video presentasi dan wawancara.

Video presentasi memiliki bobot penilaian sebesar 40% dari nilai setiap peserta Individual. Materi yang dibawakan harus sesuai dengan daftar materi yang ada dalam ketentuan lomba serta harus disusun secara urut berdasarkan template presentasi yang sudah disediakan di website ICCA. Pengumpulan video presentasi dapat dilakukan mulai dari 26 Agustus hingga 31 Agustus 2021.

Beberapa peserta juga menanyakan detail ketentuan video presentasi. Pertama, dalam video presentasi tidak diperbolehkan untuk menambahkan video dalam video presentasi, namun peserta dapat memasukkan foto, gambar, atau animasi. Semua materi harus dijelaskan langsung oleh peserta.

Kedua adalah terkait durasi video presentasi, yakni maksimal 20 menit untuk level Leader dan Support. Tahun ini, panitia sedang mencoba untuk menerapkan aturan baru dimana jika video presentasi yang diserahkan peserta melebihi ketentuan durasi, maka kelebihan video tersebut akan dipotong.  

Selain itu, peserta harus menggunakan Bahasa Indonesia dalam mempresentasikan materi. Bahasa Inggris hanya diperuntukkan bagi peserta Individual sub-kategori Agent English.

Pada tahap wawancara, peserta akan mendapatkan maksimal 4 pertanyaan dari moderator. Durasi wawancara adalah maksimal 15 menit. Peserta tidak harus menjawab 4 pertanyaan, namun bisa disesuaikan dengan ketersediaan waktu. Jika seluruh pertanyaan sudah terjawab namun masih ada sisa waktu, moderator akan mempersilakan peserta untuk menyampaikan jawaban tambahan.

Sesi wawancara memiliki bobot nilai terbesar, yakni 45%. Dewan Juri Vote Lock nantinya akan menilai peserta berdasarkan parameter sudah tersedia di formulir penilaian online. Setiap parameter memiliki bobot penilaian antara lain pengenalan 5%, kemampuan memahami pertanyaan 5%, kemampuan menjelaskan 15%, pemilihan kata dan kalimat 5%, kesesuaian jawaban dengan pertanyaan 30%, jawaban disertai dengan contoh 20%, dan kelengkapan jawaban 20%.

Beberapa peserta juga menanyakan hal-hal detail terkait sesi wawancara. Pertama terkait tipe pertanyaan yang akan diajukan oleh moderator. Pertanyaan akan dibuat oleh panitia dan akan dikirimkan kepada moderator saat perlombaan berlangsung. Panitia akan menyusun pertanyaan sesuai dengan materi presentasi yang dibuat oleh peserta.

Pertanyaan lainnya, yakni terkait penyebutan perkenalan dan branding perusahaan. Perkenalan hanya dilakukan satu kali, yaitu ketika menjawab pertanyaan pertama. Sedangkan untuk branding harus dilakukan di setiap jawaban.

Perlu diketahui bahwa urutan wawancara akan ditentukan dari nilai ujian online dari nilai terendah ke nilai tertinggi. Artinya, peserta dengan nilai ujian online terendah akan mendapat giliran terlebih dahulu. Jika ada nilai yang sama, maka akan diurutkan berdasarkan abjad.

Penjelasan Lomba Ujian Online & Aplikasi Lomba

Pembahasan selanjutnya adalah pembahasan teknis ujian online. Panitia telah menyediakan aplikasi lomba yang dapat diakses melalui tautan https://quiz.icca.co.id/. Peserta dapat menggunakan alamat e-mail yang sudah didaftarkan untuk log-in ke aplikasi tersebut.

Tahun ini, ujian akan dilaksanakan dengan metode sequence dimana peserta harus mengerjakan soal secara urut dari nomor 1 hingga 50 dan tidak bisa kembali ke soal sebelumnya. Selama perlombaan ujian online di tanggal 19 Agustus 2021 nanti, peserta harus mengaktifkan kamera Zoom. Total terdapat 50 soal ujian yang akan dikerjakan oleh peserta dengan durasi selama dua jam. Seluruh soal berbentuk soal pilihan ganda.

Materi ujian akan disesuaikan dengan sub-kategori lomba. Untuk sub-kategori Team Leader Inbound, Quality Assurance, dan Trainer memiliki materi ujian, yakni tugas dan tanggung jawab, teknologi, pelayanan FCR/SLA, kepuasan pelanggan, pengukuran kualitas, KPI contact center, dan analisis data (sebab-akibat). Perbedaannya adalah sub-kategori Quality Assurance dan Trainer memiliki soal terkait kompetensi, sedangkan sub-kategori Team Leader Inbound memiliki soal tentang service level dan beban/kapasitas kerja.

Beberapa soal juga memerlukan perhitungan khusus dan peserta diperbolehkan menggunakan Microsoft Office atau Google Sheet. Bapak Andi Anugrah juga telah memberikan kalkulator Erlang untuk membantu peserta melakukan perhitungan.

Pada acara Tryout Individual ini, peserta juga membahas soal latihan bersama dengan Bapak Andi Anugrah. Setiap soal dijelaskan secara detail, seperti perhitungan KPI agent, pengembangan kemampuan agent, metode kepuasan NPS dan CSAT, hingga soal analisis sebab-akibat. Diharapkan dari pembahasan materi ujian dan tryout ini, peserta menjadi lebih siap dalam mengerjakan soal ujian di perlombaan yang sesungguhnya dan mendapatkan nilai yang maksimal. (FA)