Tryout Individual TBCCI 2021: Kategori Outbound

Kamis, 12 Agustus 2021 ā€“ Hari terakhir pelaksanaan Tryout Individual TBCCI 2021 untuk peserta kategori Outbound telah diselenggarakan. Peserta yang hadir pada acara kali ini berasal dari beberapa sub-kategori lomba, yakni Telesales, Telemarketing, Team Leader Outbound, dan BTB Team Leader Outbound.

Penjelasan Lomba: Video Presentasi & Wawancara

Pembahasan pertama yang diberikan oleh Bapak Andi Anugrah, selaku Ketua Umum ICCA, kepada seluruh peserta adalah terkait video presentasi dan sesi wawancara. Tahap ini merupakan tahap keduaa yang nantinya akan dijalankan oleh para peserta setelah lolos dari ujian online. Video presentasi memiliki bobot nilai sebesar 40%, sedangkan untuk sesi wawancara adalah 45%.

Dalam penjelasan terkait video presentasi, ada perbedaan materi antara level Agent dengan level Leader. Presentasi level Agent lebih membahas terkait pengalaman pelayanan beserta kreativitasnya. Presentasi level Leader memiliki fokus pembahasan lebih kepada program kerja dan juga kreativitasnya.

Kesinambungan dalam menjelaskan materi presentasi juga harus diperhatikan, seperti dari tugas dan tanggung jawab dihubungkan dengan kompetensi yang dapat mendukung tugas kerja tersebut. Selanjutnya, agar kompetensi semakin meningkat, peserta dapat menyajikan berbagai pengembangan diri dan hasil dari pengembangan tersebut dapat dibuktikan dengan pencapaian KPI yang juga semakin baik.

Aspek kesinambungan juga penting dalam menjelaskan pengalaman pelayanan untuk Agent atau program kerja untuk Leader. Untuk pengalaman pelayanan, latar belakang yang disajikan harus berhubungan dengan kreativitas pelayanan, selanjutnya kreativitas tersebut juga harus menghasilkan suatu manfaat atau dampak positif.

Sedangkan untuk program kerja bagi Leader, latar belakang program kerja harus didukung dengan data yang selanjutnya dapat diselesaikan masalahnya melalui kreativitas program kerja. Kreativitas program kerja juga tentunya harus memberikan hasil yang positif.

Peserta dapat mengumpulkan atau mengunggah video presentasi melalui platform yang sudah disediakan oleh panitia, yakni Dyntube. Periode pengumpulan video akan dilaksanakan pada 26 Agustus hingga 31 Agustus 2021.

Video presentasi yang sudah dikumpulkan nantinya akan ditonton terlebih dahulu oleh panitia untuk menyusun pertanyaan wawancara. Setiap peserta akan mendapat maksimal empat pertanyaan. Peserta tidak diharuskan menjawab seluruh pertanyaan dan penilaian dilakukan berdasarkan kualitas jawaban peserta. Sesi wawancara ini akan dilaksanakan melalui aplikasi Zoom.

Salah satu peserta di acara hari ini menanyakan terkait bagaimana ketentuan jika terjadi kejadian dimana waktu sudah habis namun peserta belum selesai menjawab. Bapak Andi Anugrah menerangkan bahwa jika sisa waktu kurang dari tiga menit, maka moderator tidak akan mengajukan pertanyaan lagi namun masih mempersilakan peserta untuk menambahkan jawaban tambahan dari pertanyaan yang sudah diajukan.

Selain itu ada pertanyaan lainnya terkait komponen jawaban, yakni apakah harus memberikan contoh di setiap jawaban. Pada setiap pertanyaan aka nada tiga jawaban, namun peserta tidak harus menyajikan contoh untuk seluruh jawaban tersebut melainkan bisa hanya salah satu saja.

Setiap peserta akan mendapat durasi waktu sesi wawancara maksimal 15 menit. Timer akan dimulai saat peseta mulai berbicara atau memberikan jawaban dari pertanyaan pertama. Pertanyaan dari moderator akan diulang sebanyak dua kali.

Ada beberapa parameter penilaian untuk sesi wawancara ini, antara lain perkenalan 5%, kemampuan memahami pertanyaan moderator 5%, kemampuan menjelaskan 15%, pemilihan kata dan kalimat 5%, kesesuaian jawaban dengan pertanyaan 30%, jawaban disertai dengan contoh 20%, dan kelengkapan jawaban 20%.

Sesi wawancara akan dilaksanakan pada 6 September hingga 16 September 2021.

Penjelasan Ujian Online & Aplikasi Ujian

Tahap ujian online adalah tahapan seleksi pertama yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 2021. Ujian online memiliki bobot nilai sebesar 15%. Total akan ada 50 soal dengan berbagai materi ujian yang disesuaikan dengan sub-kategori lomba.

Dikarenakan peserta kategori Outbound yang hadir pada hari ini berasal dari kategori lomba level Agent dan Leader. Bapak Andi Anugrah memperlihatkan perkiraan materi ujian untuk dua level tersebut.

Materi ujian untuk level Agent terdiri dari 10 soal terkait program/pelayanan, 5 soal terkait tugas dan tanggung jawab, 5 soal terkait kompetensi, 10 soal tentang keterampilan, 5 soal terkait teknologi, 10 soal KPI, dan 5 soal analisis data (sebab-akibat). Sedangkan untuk level leader terdiri dari 10 soal program/pelayanan, 5 soal tugas dan tanggung jawab, 5 soal kompetensi, 5 soal terkait keterampilan, 5 soal tentang teknologi, 5 soal terkait penilaian kualitas terhadap kegiatan Outbound Call, 10 soal tentang penilaian KPI, dan 5 soal analisis data (sebab-akibat).

Pada perlombaan TBCCI tahun ini, ICCA memberlakukan metode sequence dalam pengerjaan soal ujian. Nantinya peserta akan mengerjakan soal secara urut dari nomor 1 hingga 50 dan tidak bisa kembali ke soal sebelumnya.

Selama perlombaan berlangsung, peserta juga harus masuk ke dalam ruang Zoom yang sudah disediakan oleh panitia. Kamera harus dinyalakan agar panitia dapat mengawasi dengan baik dan sebagai bentuk transparansi.

Panitia juga telah menyediakan aplikasi ujian, yakni quiz.icca.co.id. Peserta dapat mengakses aplikasi menggunakan e-mail yang sudah didaftarkan oleh PIC perusahaan pada website Si ICCA.

Setelah menjelaskan tekni lomba ujian online, Bapak Andi Anugrah melakukan demo aplikasi dan memberikan pembahasan soal. Demo aplikasi dilakukan agar peserta bisa familiar dengan tampilan dan penggunaannya. Soal yang dibahas berkaitan dengan pekerjaan dan pelayanan Outbound sesuai dengan materi ujian yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Peserta juga berkesempatan untuk mencoba langsung aplikasi lomba dan mengerjakan soal latihan sebanyak 50 soal. Panitia memberikan 10 kali akses soal latihan agar peserta dapat terus berlatih dan mengasah kemampuan serta wawasannya terkait contact center.

Selamat mempersiapkan diri untuk seluruh peserta dalam mengikuti ajang The Best Contact Center Indonesia 2021. Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Go For Platinum! (FA)