Tryout Individual TBCCI 2021 Hari Ketiga: Kategori Supervisor, Manager, IT Support, Desk Control, BTB Supervisor, dan BTB Manager.

Rabu, 11 Agustus 2021 – Pelaksanaan Tryout Individual hari ketiga telah selesai diselenggarakan. Agenda tryout kali ini dikhususkan bagi para peserta dengan sub-kategori Supervisor, Manager, IT Support, Desk Control, Best of The Best Supervisor, dan Best of The Best Manager.

Bapak Andi Anugrah, selaku Ketua Umum ICCA memulai agenda kegiatan tryout pada pukul 08.30 WIB dengan membagi setiap peserta dalam beberapa breakout room. Kegiatan ini dilakukan agar para peserta yang berasal dari berbagai perusahaan bisa saling kenal dan berbagi pengalaman jika ada salah satunya yang pernah mengikuti ajang The Best Contact Center Indonesia di tahun sebelumnya.  

Penjelasan Materi Lomba: Video Presentasi & Wawancara

Kegiatan selanjutnya, yaitu setiap peserta akan mendapatkan pemaparan singkat terkait tiga tahapan lomba, yakni tahap video presentasi, wawancara, dan ujian online. Untuk penilaian, tahapan video presentasi memiliki bobot sebesar 40%. Penyerahan video presentasi dapat dilakukan mulai dari 26 Agustus hingga 31 Agustus 2021. Materi yang dibawakan oleh setiap peserta harus sesuai dengan ketentuan lomba TBCCI 2021 serta disusun secara berurutan sesuai dengan template presentasi yang tertera di website ICCA.

Setiap peserta diperbolehkan untuk menambahkan animasi dan gambar agar presentasi lebih menarik. Namun, desain atau animasi yang terdapat pada video presentasi tidak termasuk ke dalam penilaian. Hanya saja jika dibuat lebih bagus, maka video tersebut akan lebih menarik dan tidak membosankan saat ditonton oleh dewan juri.

Pada tahap wawancara, setiap peserta akan diberikan waktu selama 15 menit untuk menjawab pertanyaan yang akan diberikan oleh moderator. Setiap peserta akan mendapatkan maksimal 4 pertanyaan dari moderator, yang mana pertanyaan tersebut diambil dari materi video presentasi yang telah dibuat oleh peserta. Setiap peserta tidak diwajibkan untuk menjawab 4 pertanyaan tersebut, tetapi peserta bisa menjawab sesuai waktu yang disediakan. Poin penilaian juri berdasarkan pada kualitas dari jawaban peserta, bukan dari berapa banyak pertanyaan yang bisa dijawab.

Jika peserta mampu menjawab seluruh pertanyaan yang diberikan tetapi masih ada sisa waktu yang tersedia, maka moderator akan mempersilakan peserta untuk memberikan tambahan atau koreksi atas jawaban yang sudah dipaparkan oleh peserta.

Dalam sesi wawancara, yang boleh memberikan pertanyaan hanya moderator. Juri vote lock hanya bertugas untuk menilai jawaban dari peserta. Bobot penilaian yang akan diberikan untuk wawancara, yakni 45%. Juri akan memberikan penilaian sesuai dengan parameter yang sudah disediakan di formulir online. Parameter penilaiannya terdiri dari, perkenalan, kemampuan memahami pertanyaan moderator, kemampuan menjelaskan, pemilihan kata dan kalimat, kesesuaian jawaban dengan pertanyaan, jawaban disertai dengan contoh, dan kelengkapan jawaban.

Setelah moderator mengajukan pertanyaan, setiap peserta harus memperkenalkan diri dan branding perusahaannya. Setiap peserta tidak perlu melakukan perkenalan diri setiap ingin menjawab pertanyaan dari moderator, cukup sekali saat menjawab pertanyaan pertama. Lalu untuk branding perusahaan harus dilakukan di setiap jawaban. Untuk urutan wawancara akan ditentukan berdasarkan nilai dari ujian online yang telah dikerjakan oleh peserta. Setiap peserta yang mendapatkan nilai terendah akan mendapatkan giliran terlebih dahulu. Jika terdapat nilai yang sama antar peserta, maka akan diurutkan berdasarkan abjad.

Penjelasan & Uji Coba Aplikasi: Ujian Online

Pembahasan selanjutnya, yaitu mengenai ketentuan teknis ujian online. Setiap peserta akan mengerjakan soal melalui aplikasi yang telah disediakan oleh panitia dan dapat diakses melalui tautan https://quiz.icca.co.id/. Untuk masuk ke dalam aplikasi tersebut, peserta dapat menggunakan alamat email dan password yang sudah diberikan oleh panitia.

Pada saat perlombaan nanti, setiap peserta juga wajib membuka kamera Zoom. Durasi pengerjaan soal, yakni 120 menit atau 2 jam dengan total 50 soal ujian online. Setiap peserta diharapkan harus familiar dengan Microsoft Excel dan Google Sheet karena akan ada banyak soal hitungannya. Untuk materi ujian online, dipastikan pola dan templatenya akan sama dengan soal latihan yang dikerjakan peserta pada saat tryout.

Di tahun ini, ada sedikit perubahan dan inovasi dari panitia, yakni ujian online akan menggunakan metode sequence, di mana peserta harus mengerjakan soal yang telah disediakan secara urut dari nomor 1 hingga 50. Dengan metode ini, selain mengerjakan secara berurutan, setiap peserta juga tidak bisa kembali ke soal sebelumnya.

Untuk materi ujian online, soal akan berbeda dan disesuaikan dengan sub-kategori lomba. Untuk sub-kategori Supervisor, Manager, IT Support, Desk Control, BTB Supervisor, BTB Manager memiliki kesamaan materi ujian, yakni terkait tugas dan tanggung jawab, teknologi, service level, beban kerja/kapasitas, KPI contact center, biaya operasional, dan analisis data sebab-akibat.  Materi ujian yang berbeda untuk sub-kategori Supervisor dan Manager, yaitu pelayanan FCR. Sedangkan untuk sub-kategori IT Support dan Desk Control terdapat soal terkait penjadwalan.

Pada kegiatan tryout kali ini, peserta membahas berbagai tipe soal bersama Bapak Andi Anugrah, di mana tipe soal tersebut nantinya akan muncul dalam perlombaan. Secara detail, setiap peserta diberikan pemaparan terkait soal-soal, seperti perhitungan KPI, perhitungan FCR dan NPS, serta analisis sebab-akibat. Kegiatan yang terakhir, yakni setiap peserta juga mencoba aplikasi dan mengerjakan soal latihan sesuai sub-kategori masing-masing. 

Dengan adanya kegiatan tryout dan pembekalan kali ini, diharapkan setiap peserta bisa memiliki gambaran terkait ketiga tahapan yang akan diperlombakan nanti dan bisa menjadi pemenang platinum pada ajang The Best Contact Center Indonesia 2021. (ANF)