Tryout dan Pembekalan The Best Quality Team Kategori Teamwork TBCCI 2021

Rabu, 4 Agustus 2021 – Setelah sub-kategori The Best Smart Team pada sesi pertama selesai, sesi selanjutnya dilanjutkan dengan pembekalan dan tryout untuk sub-kategori The Best Quality Team dalam perlombaan kategori Teamwork. Perlombaan sub-kategori ini akan diadakan pada 28 September 2021 dan pemenangnya akan diumumkan pada 21 Oktober 2021. 

Pembahasan pertama pada tryout dan pembekalan sub-kategori The Best Quality Team, yaitu terkait ketentuan perlombaan. Ketentuan pertama, yaitu setiap peserta wajib menggunakan aplikasi zoom dan menyalakan kamera selama perlombaan berlangsung. Setiap tim pun akan dimasukkan ke dalam ruangan menggunakan breakout room yang akan didampingi oleh satu panitia. Selama perlombaan berlangsung, setiap peserta akan diberikan akses untuk login ke dalam aplikasi bernama Scorecard. Hanya satu peserta yang dapat login pada aplikasi tersebut. 

Ketentuan lainnya, yakni setiap peserta yang mengikuti perlombaan kategori Teamwork hanya bisa mengikuti salah satu sub-kategori. Jika ada peserta yang teridentifikasi mengikuti dua sub-kategori dalam kategori Teamwork, maka akan didiskualifikasi oleh panitia. 

Terdapat 13 perusahaan yang mengikuti perlombaan kategori The Best Quality Assurance. Pada sub-kategori ini, 13 perusahaan tersebut dibagi menjadi dua kategori, yaitu small group dan large group. Untuk small group terdapat 5 perusahaan yang terdiri dari Bank Indonesia, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu, PT Nestle Indonesia, dan PT PAM Lyonnaise Jaya.

Sedangkan large group terdapat 8 perusahaan yang terdiri dari PT Bank Tabungan Negara Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT BFI Finance Indonesia Tbk, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, (Bukalapak), PT Cakra Radha Mustika (Kalbe Group), PT Infomedia Nusantara, dan PT PLN (Persero). 

Pada perlombaan sub-kategori The Best Quality Team, setiap tim akan mendengarkan 5 rekaman lalu rekaman tersebut akan diberikan penilaian sesuai dengan parameter atau standar yang sudah ditentukan oleh panitia. Setiap peserta pun bisa mengulang berkali-kali rekaman tersebut.

Saat proses mendengarkan rekaman, setiap tim harus bekerja sama untuk mencatat script sesuai dengan isi rekaman tersebut. Script tersebut akan dibutuhkan pada saat pengerjaan soal online. Soal online berbentuk pilihan ganda dan pertanyaannya seputar isi dari rekaman tersebut.  Maka dari itu, pastikan script yang dibuat harus detail karena ada kemungkinan pertanyaan muncul, seperti “Berapa kali agent menyebutkan nama pelanggan?” dan sebagainya. 

Sedangkan saat melakukan penilaian, setiap peserta diperbolehkan mengerjakan rekaman secara acak tanpa harus berurutan. Dalam rekaman tersebut juga terdapat deskripsi terkait ketentuan atau parameter yang harus dinilai.  Ketentuan skor nilai pada penilaian Quality Assurance dalam aplikasi, yaitu N/A tidak bisa dinilai, 0 salah atau tidak dilakukan, 1 kurang, 2 cukup, dan 3 baik.

Panduan parameter untuk penilaian rekaman sudah tercantum di dalam buku Quality Assurance yang telah dibagikan oleh panitia. Nilai akhir dari penilaian perlombaan tersebut merupakan titik kalibrasi atau skor dari panitia. Jika nilai peserta semakin mendekati nilai panitia, maka akan semakin tinggi nilainya. 

Setelah submit penilaian terhadap 5 rekaman tersebut, setiap peserta bisa lanjut untuk mengerjakan soal online. Setiap peserta diberikan waktu satu menit untuk menjawab satu soal. metode yang digunakan sama dengan kategori Individual, yaitu metode sequence, di mana peserta hanya bisa mengerjakan soal secara berurutan dan tidak bisa kembali pada soal sebelumnya. 

Pertanyaan yang muncul pun akan berurutan sesuai dengan rekamannya. Contohnya, seperti soal nomor 1-10 maka terkait rekaman ke-1, soal 10-20 pertanyaannya tentang rekaman ke-2, dan seterusnya sampai 50 soal. Skor yang didapatkan jika tidak menjawab soal, yaitu 0. Jika jawaban salah mendapatkan nilai -1, dan jawaban benar dapat +2. 

Banyak hal yang dapat dipelajari oleh para peserta dalam penyelenggaraan tryout dan pembekalan sub-kategori The Best Quality Team. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para peserta akan semakin siap dan matang dalam menghadapi perlombaan kategori Teamwork tersebut. (ANF)