Tryout dan Pembekalan Kategori Teamwork The Best Telesales Team TBCCI 2021

Jumat, 6 Agustus 2021 – Pelaksanaan tryout dan pembekalan untuk perlombaan sub-kategori The Best Telesales Team kategori Teamwork sudah selesai diselenggarakan dan dihadiri oleh delapan tim dari berbagai perusahaan dan institusi di Indonesia.

Pembahasan pertama pada tryout dan pembekalan sub-kategori The Best Telesales Team, yaitu terkait ketentuan perlombaan. Pertama, setiap peserta diwajibkan untuk menyalakan kamera melalui aplikasi Zoom pada saat perlombaan berlangsung. Setiap tim akan difasilitasi dengan breakout room agar bisa berdiskusi satu sama lain. Selain itu dalam pengerjaan soal, setiap peserta akan menggunakan aplikasi Scorecard yang telah dibuat oleh panitia.

Selanjutnya membahas terkait proses kegiatan dalam perlombaan The Best Telesales Team. Dalam perlombaan ini, setiap peserta akan melakukan penjualan sesuai dengan produk yang dimiliki oleh peserta. Panitia akan membebaskan setiap peserta menjual jenis produk apa pun, asalkan produk yang dijual sejenis dan konsisten selama perlombaan berlangsung. Setiap peserta juga diperbolehkan menjual atau menyebutkan merek apa pun yang ada di pasaran. Selain itu, peserta diizinkan untuk menjual produk tambahan dengan syarat produk tersebut harganya tidak lebih mahal dari produk utamanya.  

Setelah menentukan produk yang ingin dijual, setiap peserta bisa langsung melakukan penjualan kepada prospek yang dituju. Nomor telepon prospek sudah tersedia di aplikasi Scorecard dan setiap peserta dapat mengubungi prospek tersebut melalui Whatsapp atau pun telepon berbayar.  Sebelum menelepon prospek, peserta harus menekan tombol “Create Sales” untuk memperoleh kode prospek yang nantinya harus diberitahukan kepada prospek yang dituju.

Setiap prospek yang dihubungi akan melakukan 4 jenis penolakan dan memiliki nilai maksimal untuk membeli produk yang dijual oleh para peserta. Penolakan dan nilai rupiah yang dimiliki oleh setiap prospek sudah tertera pada Cue Card yang diacak oleh sistem. Nilai Rupiah pada Cue Card berkisar antara Rp500.000 – Rp2.500.000. Jika harga yang tertera pada Cue Card lebih kecil dari harga produk yang dijual oleh peserta, maka prospek akan menolak produk tersebut karena nilai yang tertera tidak cukup untuk membeli produk tersebut.

Sedangkan, jika peserta menawarkan produk yang harganya lebih rendah dibandingkan nilai Rupiah pada Cue Card, maka prospek tetap harus melakukan penolakan hingga semua jenis penolakan sudah tersampaikan. Setelah semua penolakan selesai, prospek baru bisa menyetujui pembelian produk tersebut. Proses penjualan ini akan dilakukan dalam dua ronde, yakni babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan akan terdiri dari dua kelompok dimana masing-masing terdiri 4 perusahaan. Dari seluruh 8 perusahaan akan dipilih 4 tim terbaik berdasarkan nilai Rupiah yang dicapai atas penjualan yang di-input ke aplikasi. Waktu yang disediakan untuk melakukan penjualan adalah 30 menit.

Jika peserta menjual produk secara kredit, maka nilai atau hasil penjualan yang di-input adalah harga cicilan per bulan, bukan harga keseluruhan total produknya. Misalnya, peserta menjual motor secara kredit dengan total harga Rp20.000.000 dan angsuran setiap bulannya sebesar Rp1.000.000, maka hasil penjualan yang di-input, yakni Rp1.000.000. 

Tidak sampai di sana, hasil dari penjualan yang di-input ke dalam aplikasi akan diperiksa kembali oleh prospek. Jika prospek belum menyetujui penjualan tersebut, maka statusnya masih tertulis “Draft”. Prospek akan memeriksa apakah data yang di-input oleh peserta sesuai atau tidak dengan kesepakatan yang telah disetujui saat proses penjualan sebelumnya.

Jika harga yang disepakati dengan hasil yang tertera dalam aplikasi sesuai, maka status penjualan tersebut akan berganti menjadi “Approved”. Jika tidak sesuai, maka prospek berhak menolak hasil penjualan tersebut dan statusnya akan tertulis “Rejected” disertai dengan alasan penolakan. Maka dari itu, setiap peserta harus berhati-hati dan lebih teliti untuk memasukkan hasil penjualannya ke aplikasi Scorecard.

Banyak hal yang dapat dipelajari oleh para peserta dengan diselenggarakannya tryout dan pembekalan sub-kategori The Best Telesales Team. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para peserta akan semakin siap dan matang dalam menghadapi perlombaan pada 29 September 2021 mendatang. (ANF)