Tryout dan Pembekalan Hari Kedua, Sub Kategori The Best Reporting Team TBCCI 2021

Kamis, 5 Agustus 2021 – Memasuki hari kedua, tryout dan pembekalan sesi pertama telah selesai diselenggarakan oleh ICCA untuk sub-kategori The Best Reporting Team. Perlombaan The Best Reporting Team akan diselenggarakan pada 27 September 2021.

Pada pembekalan kali ini, peserta mendapat penjelasan terkait teknis perlombaan dan cara penggunaan aplikasi lomba. Setiap peserta dalam perlombaan ini akan menggunakan aplikasi Scorecard yang disediakan oleh panitia. Selain itu, peserta juga harus masuk ke dalam aplikasi Zoom dan wajib untuk menyalakan kamera selama kegiatan lomba berlangsung. Panitia akan membuat breakout room untuk setiap tim dan salah satu anggota harus melakukan Share Screen.

Dalam perlombaan sub-kategori The Best Reporting Team, setiap peserta akan mendapatkan data dalam bentuk Google Sheet atau dokumen Microsoft Office. Data kinerja agent dan aktivitas contact center akan dibagikan ketika peserta sudah masuk (log-in) ke dalam aplikasi Scorecard. Setiap peserta dapat mengolah data tersebut menggunakan aplikasi apa pun yang mereka miliki. Peserta The Best Reporting Ream memiliki tugas untuk membuat dua laporan bulanan, yakni laporan agent dan laporan operasional contact center.

Tugas pertama adalah membuat laporan agent. Setiap tim peserta akan menghitung kinerja agent berdasarkan parameter KPI yang sudah tersedia dan selanjutnya akan ditentukan 10 agent terbaik (Agent Top 10).

Hasil perhitungan data selanjutnya harus di-input ke dalam aplikasi Scorecard. Pada bagian Agent TOP 10, setiap peserta harus berhati-hati ketika menuliskan nama agent. Hal ini dikarenakan kesalahan penulisan nama mengakibatkan jawaban peserta dianggap salah. Setelah menuliskan nama agent, peserta harus memasukkan skor yang telah selesai dihitung dalam bentuk persentase. Standar penulisan persentase skor agent menggunakan format 2 angka di belakang koma.

Tugas kedua adalah membuat laporan operasional contact center yang terdiri dari 20 parameter KPI. Satuan skor untuk setiap parameter dapat berbeda sehingga peserta hanya perlu mengisi skor dalam bentuk angka desimal dengan format 2 angka di belakang koma.

Penilaian pada perlombaan ini dilakukan berdasarkan kesesuaian jawaban atas pencapaian target pada laporan kerja. Bobot penilaian dalam perhitungan KPI agent terbaik adalah 20%. Jika penulisan nama agent benar, maka peserta akan mendapatkan bobot nilai 1%. Skor persentase KPI agent yang benar juga memiliki bobot nilai 1%. Jika keduanya benar, peserta akan mendapat nilai 2% untuk setiap agent. Sedangkan bobot nilai untuk perhitungan 20 KPI contact center, yaitu 80%. Setiap parameter akan bernilai 4%.

Durasi perlombaan untuk sub-kategori The Best Reporting Team adalah 2 jam. Jika sudah selesai mengerjakan semua tugas, peserta bisa langsung menekan tombol “Submit” dan skor akhir akan langsung muncul pada aplikasi Scorecard. Jika di tengah pengerjaan koneksi internet peserta terputus, maka data yang sudah dimasukkan ke dalam aplikasi akan tersimpan dan peserta dapat melanjutkan proses pengerjaan laporan.

Diharapkan setiap peserta dapat memaksimalkan persiapannya untuk perlombaan setelah mengikuti tryout dan pembekalan The Best Reporting Team kali ini. Dengan begitu, peserta bisa lebih percaya diri dan berkesempatan menjadi seorang pemenang Platinum. #GoForPlatinum (ANF)