Tips Ujian Online TBCCI 2021

Pada kategori lomba Individual TBCCI 2021, tahap seleksi pertama yang akan dilalui oleh para peserta adalah ujian online. Peserta akan mengerjakan 50 soal yang terdiri dari 40 soal pilihan ganda dan 10 soal sebab akibat. Panitia TBCCI 2021 akan menyediakan aplikasi ujian dengan sistem pengerjaan soal secara berurutan dari nomor 1 hingga nomor 50.

Perlu diketahui bahwa tingkat kesulitan soal ujian TBCCI cukup rumit bagi sebagian peserta TBCCI sebelumnya. Oleh karena itu, ICCA menyajikan beberapa tips dan trik persiapan ujian online yang berasal dari para pemenang Bronze kategori Individual TBCCI 2020.

Pemenang tersebut antara lain Aldyo Reinaldhi dari Bank Indonesia, Aditha Puspo Wijayanti dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, Walinnisa dari PT PLN (Persero), dan Wahyu Adi Raharjo dari PT Bank Central Asia Tbk.

Tips 1: Belajar dan Berlatih

Jika mendengar kata ujian, pasti yang harus dilakukan adalah belajar dan berlatih. Sama halnya dengan 3 pemenang Bronze TBCCI 2020 yang akan memberikan tips belajar untuk ujian TBCCI.

Pertama tips dari Wahyu yaitu pahami tipe soal dan cara menjawabnya. Pada soal hitungan, Wahyu menyarankan untuk tidak menghafalkan rumus, namun cari tahu bagaimana cara menghitungnya. Pada ujian kategori Leader yang diikuti oleh Wahyu, penting untuk memahami fungsi-fungsi Microsoft Excel untuk menghemat waktu perhitungan pada saat menjalankan ujian. Sedangkan untuk soal sebab akibat, pelajari materi yang dapat diperoleh dari buku yang ditulis oleh Bapak Andi Anugrah, Chairman ICCA.

Intensitas latihan soal bisa disesuaikan sesuai kebutuhan, semakin sering latihan dan semakin banyak variasi soal yang dapat dikuasai, maka akan membuat Anda semakin percaya diri dalam mengerjakan ujian online TBCCI.

Tips lainya juga datang dari Walinnisa. Dalam proses persiapan, perlu adanya tekad kuat untuk mencari dan mengumpulkan bahan atau materi yang akan dipelajari. Pahami bentuk soal beserta variasi yang akan muncul saat ujian. Banyak lakukan latihan hingga bisa mengerjakan dengan cepat dan tepat.

Seperti yang dikatakan Wahyu, Aditha juga membaca buku karya Bapak Andi Anugrah yang berjudul Sukses Mengelola Contact Center. Buku tersebut dapat dijadikan sebagai bahan belajar utama dan panduan untuk mempersiapkan ujian online. Materi yang telah dibaca akan dituliskan kembali ke dalam catatan kecil.

Selain itu, Aditha juga memiliki sumber belajar lainnya. Pertama, melalui belajar kelompok dengan rekan lain yang juga ikut berkompetisi untuk saling bertukar pikiran dan menyemangati satu sama lain. Kedua adalah mengikuti try out online yang diselenggarakan oleh panitia. Pada agenda try out tersebut juga akan dipaparkan kisi-kisi materi ujian online yang sangat membantu dalam mengerjakan soal ujian saat lomba.

Try out ujian TBCCI 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 09 hingga 13 Agustus 2021, secara virtual, sesuai dengan kategori lomba yang diikuti.

Tips 2: Menjaga Kesehatan dan Pikiran

Selain persiapan akan pemahaman materi, para pemenang juga menyarankan peserta untuk melakukan persiapan fisik, yakni kesehatan tubuh, ketenangan pikiran, dan menjaga fokus.

Berolahraga secara teratur dan minum vitamin dapat menjadi rutinitas yang Anda lakukan selama masa persiapan lomba. Kondisi tubuh dan pikiran yang baik akan membuat pikiran mejadi fokus sehingga dapat menjawab soal dengan cepat dan akurat. Waktu istirahat, terutama sehari sebelum ujian, juga harus diperhatikan kecukupannya. Tetap tenang agar dapat memahami pertanyaan dengan baik dan memilih jawaban yang tepat.

Tips 3: Percaya Diri

Tips ketiga adalah miliki kepercayaan diri. Menurut Walinnisa dan Aditha, percaya diri adalah aspek penting dan mendasar yang harus dimiliki oleh para peserta. Yakinkan diri sendiri dan selalu tanamkan pikiran positif bahwa ‘saya bisa dan saya mampu’ sehingga Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan dalam mempersiapkan diri untuk ujian online.

Tips 4: Persiapan Lokasi Ujian

Ujian TBCCI 2021 akan dilaksanakan secara online sehingga peserta akan menjalankan ujian pada lokasi masing-masing, baik di kantor maupun di rumah. Oleh karena itu, perlu dipersiapkan tempat yang nyaman dan perlengkapan ujian yang lengkap.

Menurut Wahyu, pilihlah tempat yang jauh dari gangguan suara serta mendapat pencahayaan yang baik agar Anda bisa lebih fokus dan berkonsentrasi saat mengerjakan soal-soal ujian.

Selain itu, pastikan jaringan atau koneksi internet di tempat Anda stabil. Jika tidak menggunakan wifi, pastikan kuota internet mencukupi dan siapkan dua provider sebagai antisipasi jika terjadi gangguan pada salah satu jaringan.

Hal lain yang perlu dipersiapkan adalah kelengkapan perangkat seperti charger laptop, kertas atau buku, dan alat tulis. Siapkan semua peralatan tersebut di meja dekat Anda agar mudah ditemukan jika Anda ingin membutuhkannya.

Tips 5: Trik Pengerjaan Soal

Proses eliminasi dan penggunaan ilustrasi adalah trik yang Aldhyo miliki ketika sedang mengerjakan soal ujian. Proses eliminasi yang dimaksud adalah ketika dihadapkan beberapa pertanyaan yang cukup menjebak, eliminasi pilihan yang salah dapat membantu Anda dalam menemukan jawaban yang tepat. Jangan lupa bahwa dalam proses eliminasi ini diperlukan ketelitian dalam mengidentifikasi pertanyaan dan pilihan jawaban.

Berbeda dengan ketika menemukan soal yang sulit atau ada lebih dari satu pilihan jawaban yang dirasa benar, coba untuk melakukan ilustrasi yang sederhana menggunakan kegiatan yang biasa dilakukan di layanan contact center Anda. Langkah tersebut cukup efektif untuk menjawab soal sesuai dengan best practice.

Faktor ketelitian sangat ditekankan oleh Wahyu agar tidak salah ketika mengeklik jawaban. Sebelum mengumpulkan file jawaban ujian, cek kembali dan pastikan bahwa semua soal sudah terjawab dengan tepat.

Sistem pengerjaan soal pada ajang TBCCI tahun 2021 akan berbeda dengan periode sebelumnya. Peserta harus mengerjakan soal sesuai urutan, mulai dari nomor 1 hingga nomor 50. Oleh karena itu, peserta tidak bisa mengerjakan soal secara acak atau kembali ke soal-soal sebelumnya.

Pelajari berbagai ketentuan perlombaan lainnya yang dapat diakses melalui https://icca.co.id/the-best-cci-2021/

Anda juga dapat mengikuti uji coba aplikasi ujian online dengan mendaftarkan perwakilan Anda, maksimal 2 orang per perusahaan , melalui http://bit.ly/UjianTBCCI

Persiapkan diri Anda sebaik mungkin dan ikuti beberapa tips persiapan yang sudah diberikan oleh para pemenang Bronze TBCCI 2020. (FA)

This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.