Published on 7 February 2020

Tips dan Trik 5W +1H Oleh Putri Kartika Hasanuddin

Words by:
avatar

Alyah Amalia

Pemberian penghargaan oleh Andi Anugrah selaku ketua ICCA kepada Putri Kartika Hasanuddin, pemenang Gold Best of The Best Agent Inbound

Sesi Winner Sharing kedua pada 6 Februari 2020 dilanjutkan oleh pembicara dari Bhinneka Life Indonesia, yaitu Putri Kartika Hasanuddin. Wanita kelahiran Watampone, 20 April 1992 ini berturut-turut memenangkan lomba Individual The Best Contact Center Indonesia. Di tahun pertama mengikuti lomba yaitu pada tahun 2018 Putri langsung berhasil meraih medali Platinum pada kategori Agent Inbound. Medali Platinum tersebutlah yang membawa Putri kembali mengikuti The Best Contact Center Indonesia pada 2019 dengan kategori yang berbeda yaitu Best of The Best Agent Inbound, yang mana di kategori ini Putri bersaing dengan sesama pemenang lomba di tahun sebelumnya.

Di tahun 2019 Putri kembali memenangkan lomba Individual dengan meraih medali Gold. Peserta Winner Sharing dibuat terheran dengan kemenangan berturut-turut yang dibuat oleh Putri. Berbagai pertanyaan dilontarkan oleh peserta kepada Putri. Salah satu pertanyaan yang diajukan peserta adalah, apa yang dilakukan oleh Putri sehingga dapat memenangkan lomba Presentasi Individual berturut-turut.

Putri Kartika Hasanuddin saat menyampaikan metode 5W + 1H pada saat mengikuti lomba Presentasi Individual The Best Contact Center Indonesia

Agaknya banyak cara yang Putri lakukan untuk meraih kemenangan.Salah satunya seperti yang dipaparkan Putri bahwa dirinya memiliki metode 5W+1H dalam mengikuti lomba Individual The Best Contact Center Indonesia. 5W+1H yang dimaksud oleh Putri adalah What, Why, Who, How, Where, dan How.

What yaitu Apa yang ingin dicapai dari lomba tersebut. Putri menjelaskan bahwa dirinya mengikuti lomba tersebut karena ingin memberikan yang tebaik untuk perusahaannya dan dirinya sendiri apapun hasilnya. Selanjutnya adalah Why Kenapa ingin mencapai hal tersebut? Pada pengakuannya, Putri mengikuti ajang tersebut agar seluruh orang termasuk juri ingat pada diri Putri termasuk identitasnya bahwa Putri adalah  seorang Agent yang berasal dari perusahaan Bhinneka Life Indonesia. Who yaitu kenali diri sendiri, kenali lawan dan kawan, beserta kenali para juri. Putri memaparkan, sebelum mengikuti lomba ia berusaha keras mengenali karakter dirinya. Apakah dirinya adalah typical yang menggunakan script atau tidak. Mengenal lawan dan kawan juga dibutuhkan, menurutnya jika kita benar-benar ingin menang kita harus melakukan benchmarking dengan lawan kita, berusaha mengetahui bagaimana typical mereka, sehingga kita tau posisi kita ada dimana. Tidak lupa juga untuk mengenali dewan Juri, apakah dewan juri yang menilai adalah dewan Juri dari suatu lembaga akademisi atau praktisi contact center.

Untuk dewan Juri akademisi Putri memiliki metode dan tujuan tersendiri dalam menyampaikan materinya, dirinya ingin mengenalkan kepada juri akademisi bagaimana tugas seorang Agent dan apa saja tantangan yang harus dihadapi. Tidak lupa juga dirinya menyematkan beberapa teori-teori yang menjadi sinergi antara akademisi dengan contact center agar menjadi penilaian lebih yang diberikan oleh dewan Juri. Selanjutnya adalah How yaitu bagaimana Putri menjalani dan mengikuti ajang tersebut. Tema nya seperti apa, harus memiliki daya tarik dan kreativitas yang tinggi, bagaimana cara penyampaiannya dan poin-poin yang harus disampaikan dengan jelas.

Yang terakhir adalah Where dan When yaitu dimana saja dan kapan saja kita dapat memikirkan tema, belajar dan berlatih dalam mempersiapkan lomba Presentasi tersebut. Seperti diri Putri yang tidak kenal tempat dalam belajar, entah itu saat di pusat keramaian kereta pada saat jam pulang kantor ataupun pada saat ia memiliki waktu lenggang.

Kembali lagi Putri memaparkan bahwa semua memiliki tujuan, apa tujuan yang hendak dicapai. Dengan demikian tujuan tersebut akan menuntun kita meraih keberhasilan asalkan kita dengan sungguh-sungguh mempersiapkan segalanya. (WH)