The Power of Exercise

Yogi Wira Utama dan Imla Amelia dari Ditjen Pajak-Kemenkeu (Pemenang Platinum Lomba Teamwork Keterampilan Kategori Smart Team)

Seseorang harus menapaki setiap anak tangga untuk sampai ke titik puncak. Indonesia Contact Center Association (ICCA) memberikan media berupa lomba The Best Contact Center Indonesia untuk para pemimpi dari berbagai lembaga praktisi Contact Center yang akan menapaki setiap anak tangga tersebut. Dengan menyelenggarakan berbagai kategori lomba di ajang The Best Contact Center Indonesia, ICCA berharap dapat berkontribusi pada kemajuan perkembangan pusat kontak di Indonesia dengan membentuk kualitas sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing.

Dalam ajang The Best Contact Center Indonesia tahun 2019 ini banyak daya dan upaya yang dikontribusikan baik oleh pihak penyelenggara ataupun peserta. Dalam proses mencari bibit unggul, ICCA memberikan pelatihan dan pembekalan yang diselenggarakan pada bulan Juni hingga Juli, baik untuk kategori Individual maupun Teamwork untuk peserta agar mereka memiliki gambaran bagaimana desain konsep dan teknik yang akan dilombakan oleh ICCA dalam kategori lomba Individual dan Teamwork yang diselenggarakan pada bulan Agustus.

Banyak cerita dan manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan pembekalan dan pelatihan lomba. Ada sebagian peserta yang belum memahami materi yang akan dilombakan, ada sebagian peserta lagi yang justru sudah memahami materi dan siap untuk berlomba. Bagi peserta yang masih belum mengerti mengenai materi yang dijelaskan, mereka dapat bertanya langsung kepada pemateri yaitu Andi Anugrah. Selain melaksanakan pelatihan dan pembekalan, ICCA juga melakukan sosialisasi kepada para peserta agar persiapan yang peserta lakukan semakin matang.

Peserta Lomba Teamwork Kategori IT Support Team siap untuk berlomba

Terbukti pada saat lomba Individual dan Teamwork dilaksanakan, dengan pembekalan yang diberikan seluruh peserta terlihat siap untuk meraih kemenangannya. Berbagai materi telah siap mereka presentasikan untuk lomba kategori Individual dan Berbagai macam latihan telah mereka kerahkan untuk lomba kategori Teamwork. Raut muka peserta yang menegangkan, semangat yang membara, dan persiapan yang matang dapat mengartikan bahwa seluruh peserta dengan sungguh-sungguh mempersiapkan dirinya untuk datang dan berlomba menunjukkan kemampuan yang mereka miliki.

Peserta Lomba Teamwork Keterampilan

Seluruh peserta ajang lomba The Best Contact Center Indonesia adalah peserta terbaik yang dipercaya untuk mewakili perusahaannya. Mereka berlatih dengan giat untuk menaklukan semua materi di perlombaan. Usai melewati kompetisi lomba TBCCI yang menegangkan ini, terlahirlah para pemenang yang dengan senang hati membagikan segala cerita usahanya dalam menaklukan lomba ini. Seperti pasangan pemenang Platinum lomba Teamwork Keterampilan kategori Smart Team yaitu Yogi Wira Utama dan Imla Amelia dari Ditjen Pajak-Kemenkeu mengatakan “Persiapan lomba yang kami siapkan untuk mengikuti lomba Smart Team ini dimulai sejak bulan Februari yaitu dengan melaksanakan seleksi internal perusahaan, kemudian kami berhasil lolos dan saat itu juga kami melakukan latihan yang intens. Pada awalnya kami latihan seminggu 2 kali, hingga pada saat mendekati perlombaan latihan kami buat lebih intens dari yang sebelumnya” ujar mereka.

Benar saja seperti yang dikatakan oleh seorang pelatih dan penulis motivasi dari Amerika, David J. Schwartz “Setiap pemenang penuh dengan bekas luka, hidup berarti perjuangan selalu ada rintangan dan saingan, setiap sukses harus diperjuangkan”. Sebuah kompetisi adalah perjuangan, meraih kemenangan adalah sebuah pilihan. Upaya latihan yang terus menerus dilakukan seluruh peserta dapat meningkatkan skill (keterampilan) dan melatih mental juara. Seperti yang dilakukan oleh Adri dan Muti pemenang Platinum Lomba Teamwork Keterampilan kategori Scheduling Team dari Bank Indonesia, mereka menyampaikan “Tidak ada trik tertentu yang sangat spesifik yang kami lakukan, kami hanya melakukan cara yang sangat sederhana yakni terus berlatih walaupun waktu yang digunakan untuk latihan sangat singkat, setidaknya dalam sehari kita harus tetap latihan dan juga harus bersedia untuk tidak tidur, sangat sederhana”. Ujar Adri dan Muti.

Adri dan Muti dari Bank Indonesia (Pemenang Platinum Lomba Teamwork Keterampilan Kategori Scheduling Team)

Serentak, para pemenang lomba mengatakan hal yang sama mengenai persiapan dan trik yang mereka lakukan. Dua orang peserta yaitu Alvin Hukma dan Christopher yang merupakan pasangan pemenang Platinum Lomba Teamwork Keterampilan kategori Reporting Team dari Assarent dengan senang hati membagikan tips dan evaluasi yang mereka lakukan, yaitu pada saat pengerjaan soal lomba peserta harus tenang, jangan tergesa-gesa untuk mengejar waktu, usahakan untuk selalu fokus dan teliti.

Alvin Hukma dan Christopher dari Assarent (Pemenang Platinum Lomba Teamwork Keterampilan Kategori Reporting Team)

Saat ditanyakan tentang persiapannya mengikuti lomba Teamwork, Alvin Hukma dan Christopher juga mengatakan bahwa “Persiapannya adalah perbanyak latihan, bahkan sekitar satu bulan sebelum lomba Teamwork dimulai, kami sudah berlatih secara intens untuk lomba Reporting Team ini”.

Setiap usaha yang dilakukan dengan niat yang sungguh-sungguh pasti akan menuai hasil yang baik. Latihan yang terus menerus mereka lakukan akhirnya membuahkan Platinum. Suatu kebanggaan bagi para peserta mewakili perusahaan dengan menyandang gelar juara sepadan dengan usaha yang mereka lalui. Kini tugas yang mereka emban adalah bagaimana cara mempertahankan Platinum yang mereka raih di tahun mendatang. (WH)