THE BEST TEAMWORK COMPETITION 2019

Lomba Teamwork Keterampilan The Best Contact Center Indonesia 2019

Dalam suasana peringatan HUT ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia, ICCA menyelenggarakan Lomba Teamwork The Best Contact Center Indonesia 2019. Semangat kemerdekaan yang membara mengiringi suasana perlombaan yang dilaksanakan pada 19 Agustus 2019 di Aula Merauke Direktorat Jenderal  Bea dan Cukai – Kementerian Keuangan RI yang berlokasi di kawasan Jakarta Timur.

Lomba Teamwork kali ini khusus memperlombakan kategori keterampilan yang terdiri dari Quality Assurance team, Reporting team, Business Process team, Scheduling team, Smart team, Talesales team, IT Support team, dan Writing team. Total tim yang bertanding dalam lomba ini sebanyak 88 tim atau 176 peserta dari 27 perusahaan. Pukul 07:00 WIB tim yang hadir dari perwakilan berbagai perusahaan melakukan registrasi peserta. Andi Anugrah memberikan arahan dan ketentuan perlombaan baik kepada panitia maupun peserta agar perlombaan berjalan sesuai dengan konsep yang ditetapkan.

Andi Anugrah memberikan arahan kepada panitia sebelum lomba teamwork dimulai

Kegiatan lomba diawali dengan upacara pembukaan yang dipandu oleh Anita Rizqiana selaku ketua bidang penghargaan ICCA. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Aqmarina dan diikuti oleh seluruh peserta lomba, pendamping dan pendukung dari berbagai perusahaan.

Upacara pembukaan lomba teamwork The Best Contact Center Indonesia 2019

Hadir dalam upacara pembukaan ini Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementrian Keuangan RI, R. Syarif Hidayat yang memberikan kata sambutan dan ucapan selamat datang kepada peserta lomba. Syarif menyampaikan pesan kepada para peserta bahwa peserta harus memberikan kemampuan yang maksimal dan apabila tidak menjadi juara bukan berarti tidak memberikan yang terbaik namun bisa dijadikan acuan untuk menjadikan yang lebih baik lagi.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementrian Keuangan RI, R. Syarif Hidayat memberikan kata sambutan

Syarif juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada ICCA yang telah memberikan kepercayaan kepada Bea Cukai sebagai tempat penyelenggaraan lomba Teamwork tahun ini. Ia juga memberikan semangat dan motivasi kepada peserta yang bertanding untuk melakukan yang terbaik. Sambutan kedua di sampaikan oleh Andi Anugrah selaku Ketua Indonesia Contact Center Indonesia (ICCA). Andi menyampaikan bahwa dengan lomba teamwork yang diselenggarakan ini mampu mengasah kompetensi-kompetensi sdm contact center yang unggul agar Indonesia maju seperti slogan Kemerdekaan Indonesia di tahun ke 74 ini yaitu “SDM unggul, Indonesia maju”.

Andi juga menyampaikan harapannya bahwa lomba yang sudah disiapkan secara baik agar dapat diikuti dengan sportivitas yang tinggi oleh peserta. Dan tidak lupa Andi memberikan ucapan terima kasih kepada Direktorat Bea dan Cukai serta partisipasi dari seluruh peserta lomba. Upacara pembukaan di tutup dengan pembubaran pasukan oleh pemimpin upacara, Robby Saputra yang merupakan pengurus ICCA.

Andi Anugrah selaku Ketua Indonesia Contact Center Association (ICCA) memberikan kata sambutan

Usai upacara pembukaan, panitia dan peserta bergegas bersiap untuk perlombaan sesi pertama yaitu lomba teamwork kategori Quality Assurance team dan Reporting team yang dimulai pukul 08:00 WIB dengan durasi 2 jam yang diikuti oleh 16 tim untuk kategori Quality Assurance dan 12 tim untuk kategori Reporting team.

Peserta lomba teamwork kategori Quality Asuance team

Sebelum lomba dimulai, peserta diberikan arahan dan ketentuan oleh panitia. Ada beberapa ketentuan perlombaan mengenai perlengkapan lomba seperti notebook dan alat tulis telah disediakan oleh panitia kecuali untuk beberapa kategori yaitu kategori Writing team dan IT support team. Panitia juga telah menyediakan timer acuan untuk beberapa kategori. Sebelum memulai lomba peserta diwajibkan menitipkan semua barang-barangnya kepada panitia. Peserta hanya diperbolehkan membawa keyboard dan heaset untuk keperluan lomba.

Semua server dan aplikasi yang sudah disediakan panitia diperuntukkan bagi peserta melakukan login ke website ICCA sebelum memulai perlombaan. Peserta diwajibkan login terlebih dahulu agar semua hasil pekerjaannya terekam dan tersimpan secara otomatis oleh sistem yang disediakan.Untuk peserta yang sudah selesai berlomba diperkenankan untuk keluar ruang Aula. Dan sebelum peserta keluar ruangan, mereka dipersilakan memberikan kertas hasil coretannya selama lomba berlangsung kepada panitia yang berjaga.

Untuk sesi selanjutnya yaitu lomba teamwork kategori IT Support team yang diikuti oleh 8 tim dan dimulai pukul 09:00 WIB dengan durasi waktu yang diberikan selama kurang lebih 7 jam. Khusus untuk lomba IT Support team peserta diberikan keleluasaan untuk menyesuaikan waktu istirahatnya. Dilanjutkan dengan perlombaan selanjutnya yaitu Scheduling team yang diikuti oleh 13 tim dan Business Process team yang diikuti oleh 12 tim dimulai pukul 11:00 WIB dengan durasi waktu yang diberikan selama 2 jam.

Peserta lomba teamwork kategori IT Support team

Suasana perlombaan teamwork keterampilan kali ini cukup tenang karena dalam lomba keterampilan ini dibutuhkan konsentrasi penuh untuk setiap pasang peserta mengerjakan soal-soal secara terperinci. Tim pendukung yang berada diluar ruang Aula Merauke diperkenankan menyemangati peserta hanya pada saat pergantian kategori lomba.

Pada saat jam makan siang dan beberapa kategori lomba masih berlangsung, Andi Anugrah keluar ruang Aula Merauke untuk menyapa peserta lomba kategori lain dan tim pendukungnya. Seringkali beliau memberikan semangat untuk peserta yang akan berlomba. Jam istirahat pada perlombaan kali ini tidak ditetapkan secara serentak, namun disesuaikan dengan keadaan perlombaan peserta mengingat penilaian yang dilakukan juga berdasarkan durasi waktu yang diberikan.

Setelah lomba teamwork kategori Scheduling dan Business Process team selesai, kategori lomba selanjutnya adalah lomba Smart team dan Talesales team yang masing-masing kategorinya diikuti oleh 17 tim untuk Smart team dan 8 tim untuk Talesales team. Dimulai dengan waktu yang bersamaan yaitu pukul 14:00 WIB namun dalam proses pelaksanaannya dilakukan di ruangan yang berbeda. Untuk Smart team dilaksanakan di ruang Aula Merauke dan untuk Talesales team dilaksanakan di ruang lain.

Seperti biasa sebelum memulai perlombaan peserta diberikan arahan oleh panitia. Khusus untuk kategori Talesales team panitia memberikan arahan mengenai waktu yang telah ditetapkan, beberapa penolakan yang harus dilalui dan beberapa line yang harus dihubungi peserta. Peserta juga diberikan beberapa angka penawaran yang boleh disepakati.

Peserta lomba teamwork kategori Talesales team

Selanjutnya untuk kategori terakhir yaitu Writing team yang diikuti oleh 12 tim dimulai pada pukul 14:30 WIB dan peserta diberikan durasi waktu hingga pukul 17:00 WIB. Untuk kategori ini peserta wajib menyiapkan segala perlengkapan perlombaan secara pribadi seperti notebook dan akses internet. Dengan durasi waktu yang cukup lama peserta juga diberikan batasan waktu untuk mengunggah tulisannya ke website ICCA sebagai syarat penilaian perlombaan.

Mengenai hasil pemenang lomba teamwork keterampilan The Best Contact Center Indonesia 2019 diumumkan secara langsung oleh Andi Anugrah setelah perlombaan per kategori selesai terlaksana. Pengumuman hasil pemenang masih diumumkan hingga malam hari pukul 20:00 WIB. Hingga tibalah di penghujung acara bahwa pengumuman hasil pemenang tersebut sekaligus menutup pelaksanaan lomba teamwork keterampilan The Best Contact Center Indonesia 2019. (WH)