The Best Contact Center Indonesia 2021: Metode Sequence pada Ujian Online Kategori Individual

Ajang The Best Contact Center Indonesia 2021 kian mendekati hari pelaksanaan. Meskipun terhalang oleh kondisi pandemi COVID-19, baik para peserta maupun perusahan tetap berantusias untuk mengikuti ajang perlombaan yang diadakan ICCA ini.

Masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, TBCCI 2021 menyelenggarakan perlombaan dengan tiga kategori, salah satunya, ialah kategori Individual. Peserta pada kategori ini akan melewati dua tahapan seleksi, yaitu tahap pertama ujian online, lalu tahap kedua ada video presentasi dan wawancara.

Di tahun ini, ujian onlinenya cukup berbeda dan unik karena ujiannya bersifat sequence. Dengan metode sequence ini, para peserta hanya bisa menjawab soal dengan berurutan sehingga dapat mengurangi terjadinya kecurangan, seperti bekerja sama atau diskusi dengan peserta lainnya.  Tidak hanya itu, aplikasi yang digunakan untuk mengerjakan soal pun tidak bisa login atau masuk di dua perangkat/komputer yang berbeda dalam satu waktu.

Durasi waktu pengerjaan ujian online untuk level staff adalah 60 menit, sedangkan untuk level leader dan support diberikan waktu 120 menit. Total pertanyaan dalam ujian ini, yaitu 50 soal dengan bobot penilaian 15%. Komposisi soal terdiri dari 45 soal pilihan ganda dan 5 soal sebab-akibat. Agar ujian online tetap berjalan lancar dan terhindar dari kecurangan, panita pun akan mengawasi para peserta melalui aplikasi Zoom atau video conference.

Materi ujian yang akan muncul pada tahap ujian online kategori Individual ini berbeda-beda sesuai sub kategorinya. Materi ujian level agent akan dibedakan sesuai dengan pembagian yang sudah ditentukan, yaitu Inbound, Outbound, Customer Service, dan Digital. Secara umum terdapat kesamaan materi ujian dari empat kategori tersebut, yakni terkait pengetahuan contact center, tugas dan tanggung jawab, kompetensi, indikator kinerja, dan kemampuan analisis. Materi lainnya akan disesuaikan dengan sub-kategori perlombaan.

Lalu materi ujian untuk level leader dan support terbagi menjadi Team Leader, Supervisor & Manajer, Trainer & QA, Desk Control & IT Support. Kesamaan materi ujian dari semua kategori tersebut, yaitu terkait tugas dan tanggung jawab, kemampuan analisis, manajemen pelayanan, dan manajemen kinerja. Tentu akan ada materi lain yang akan didapatkan peserta sesuai sub-kategori lomba yang diikuti. Detail materi ujian untuk setiap kategori dapat dipelajari pada Ketentuan Lomba The Best Contact Center Indonesia 2021.

Kendala dari para peserta semenjak perlombaan ini diadakan secara online tidak lain tidak bukan, yaitu kendala koneksi. Terkadang saat ujian online, koneksi internet beberapa peserta ada yang tidak stabil bahkan terputus. Oleh karena itu, para peserta diimbau untuk menyiapkan cadangan internet lainnya dan yang paling penting adalah tidak panik.

Namun, tidak perlu khawatir, jika memang koneksi internet terputus saat mengerjakan soal, para peserta akan kembali pada soal yang terakhir dikerjakan dan soal-soal yang sudah dijawab sebelumnya akan tersimpan. Bagi peserta yang dinyatakan lolos pada tahap ujian online, maka bisa mengikuti tahap kedua, yaitu video presentasi dan wawancara.

Lomba ujian online untuk kategori Individual akan diselenggarakan pada 19 Agustus 2021. Maka dari itu, sebelum perlombaan dimulai para peserta diharapkan bisa mengikuti kegiatan Tryout Online Individual yang akan diadakan pada 9-13 Agustus 2021. Tryout online ini akan memberikan gambaran terkait soal dan aplikasi yang akan digunakan pada setiap sub kategori perlombaaan Individual TBCCI 2021. (ANF)