The Best Competition Accuracy and Reliable Team

Peserta Lomba Teamwork Accuracy sedang melakukan pemainan Golf Marker

Masih dalam balutan momen Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke 74 Indonesia Contact Center Association (ICCA) kembali menyelenggarakan lomba teamwork ketangkasan pada 21 Agustus 2019 di Lapangan Tenis Bea dan Cukai wilayah Jakarta Timur. Lomba teamwork ketangkasan The Best Contact Center Indonesia yang dilaksanakan adalah kategori Accuracy team dan Reliable team. Untuk kategori lomba teamwork Accuracy, ICCA memperlombakan 6 set permainan diantaranya adalah permainan Ball Thread, Golf Marker, Cup Separation, The Nut Stacker, Til a Cup dan Fluotacious. Sedangkan untuk lomba teamwork Reliable ICCA juga memperlombakan 6 set permainan juga yaitu Ready Spaghetti, Get a Goal, Glass Road Trucker, Drop Zone, Pick a Golf dan Cup Cake Bluster. Jumlah tim yang bertanding dalam lomba teamwork ketangkasan ini 44 tim yang berasal dari 14 perusahaan.

Perlombaan teamwork ketangkasan ini dimulai pukul 08:00 WIB dan diawali dengan kegiatan registrasi peserta untuk kategori Accuracy team yang dimulai pada sesi pertama. Sebelum mulai berlomba, seluruh peserta, tim pendukung, pendamping dari berbagai perusahaan beserta panitia melaksanakan upacara pembukaan di lapangan tenis Bea Cukai yang dipandu oleh Anita Rizqiana, ketua bidang penghargaan ICCA dan dipimpin oleh Robby Saputra selaku pengurus ICCA. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh peserta upacara dan pemberian kata sambutan dari Andi Anugrah yang merupakan ketua Indonesia Contact Center Association (ICCA).

Upacara Pembukaan Lomba Teamwork Ketangkasan The Best Contact Center Indonesia 2019

Dalam sambutannya Andi mengucapkan rasa syukur dapat berkumpul kembali dalam pelaksanaan lomba the best teamwork untuk kategori Accurate dan Reliable team. Dengan melakukan berbagai macam uji coba Andi berharap seluruh peserta melaksanakan kegiatan perlombaan dengan sebaik-baiknya dan mematuhi berbagai aturan perlombaan yang dilaksanakan. Andi juga mengharapkan bahwa dengan diselenggarakannya lomba ini dapat memupuk rasa berkompetisi dan bersaing dengan sportif. Ucapan terima kasih juga disampaikan untuk pihak Bea Cukai yang telah menyediakan fasilitas yang diperlukan, dan juga ucapan terimakasih kepada seluruh pengurus, panitia, dan peserta yang telah mendukung seluruh kegiatan ini.

Pemberian kata sambutan oleh Andi Anugrah

Setelah sambutan selesai disampaikan oleh Andi Anugrah, sebagai pemandu upacara Anita Rizqiana memberikan seluruh alih peserta kepada Robby Saputra untuk melakukan pemanasan sebelum lomba Accuracy team dimulai. Pemanasan ditujukan untuk seluruh peserta yang akan berlomba dan seluruh panitia yang berjaga dengan tujuan meningkatkan performa dan mencegah terjadinya cidera pada saat berlomba. Setalah melakukan pemanasan selama kurang lebih 15 menit, Robby Saputra menginstruksikan pembubaran barisan kepada peserta dan panitia.

Sesi pertama perlombaan Accuracy team dilaksanakan pukul 08:30 WIB. Jumlah tim yang mengikuti lomba Accuracy sebanyak 20 tim yang terdiri dari 10 tim Ganda Putra dan 10 tim Ganda Putri. Sebelum lomba dimulai, seluruh peserta Accuracy team diberikan arahan oleh Andi Anugrah mengenai seluruh teknis permainan dan ketentuan-ketentuan dalam perlombaan. Lomba kategori Accuracy team ini dilaksanakan di lapangan tenis satu dan dua Bea Cukai. Lapangan satu telah disediakan untuk 3 set permainan yaitu Til a Cup, The Nut Stacker, Ball Thread. Di lapangan dua untuk 3 set permainan diantaranya Cup Curling, Golf Marker dan Fluotacious. Setiap satu set permainan disediakan timer untuk mengukur kecepatan peserta lomba dan alat perekam untuk menimalisir terjadinya kecurangan. Dalam perlombaan Accuracy team yang diukur adalah kecepatan dan ketepatan dalam berlomba. Apabila telah terjadi kecurangan maka total waktu yang diperoleh peserta akan ditambah 5 detik per satu kecurangan.

Peserta Lomba Teamwork Accuracy sedang melakukan pemainan The Nut Stacker

Perlombaan Accuracy team berlangsung selama durasi waktu kurang lebih 3 jam. Pengumuman pemenang lomba Accuracy team baik pemenang ganda putra dan putri secara langsung diberitahukan kepada peserta lomba setelah mereka selesai bertanding. Berikut para pemenang untuk lomba Accuracy team Ganda Putra adalah peraih juara Platinum dimenangkan oleh Bank Central Asia (tim 1) dengan perolehan waktu 7 menit 42 detik, dan untuk juara Gold diraih oleh KLIP Ditjen Pajak-Kemenkeu (tim 1) dengan perolehan waktu 8 menit 1 detik, kemudian untuk juara Silver diraih oleh Bank Central Asia (tim 2) dengan perolehan waktu 10 menit 20 detik, dan untuk juara Bronze diraih oleh Kereta Api Indonesiia (tim 2) dengan perolehan waktu 14 menit 44 detik.

Sedangkan untuk pemenang lomba Accuracy team Ganda Putri diantaranya juara Platinum dimenangkan oleh KLIP Ditjen Pajak-Kemenkeu (tim 1) dengan perolehan waktu 9 menit 4 detik, kemudian untuk juara Gold diraih ole hank Central Asa (tim 2) dengan perolehan waktu 9 menit 56 detik. Juara silver diraih oleh Pertamina (tim 1) dengan perolehan waktu 11 menit 29 detik, dan yang terakhir untuk juara Bronze diraih oleh Bank Central Asia (tim 1) dengan perolehan waktu 12 menit 1 detik.

Setelah perlombaan Accuracy team selesai seluruh peserta dan panitia diberikan waktu untuk beristirahat sejenak. Sambil beristirahat, meja registrasi telah dibuka kembali pukul 12:00 WIB untuk lomba teamwork kategori Reliable team. Jumlah tim untuk kategori Reliable sebanyak 24 tim yang terdiri dari 15 tim Ganda Putra dan 9 tim Ganda Putri. Sebelum berlomba seluruh panitia melakukan briefing terlebih dahulu, dilanjutkan dengan pemberian arahan dan penjelasan teknis serta ketentuan lomba oleh Andi Anugrah untuk seluruh peserta lomba Reliable team.

Sama seperti lomba Accuracy team, lapangan tenis yang digunakan untuk lomba Reliable team terdiri dari lapangan tenis satu dan lapangan tenis dua. Untuk lapangan tenis satu disediakan 3 set permainan yaitu Cup Cake Bluster, Glass Road Trucker, dan Pick a Golf kemudian untuk lapangan tenis dua disediakan 3 set permainan juga yang terdiri dari Drop Zone, Get a Goal, dan Ready Spaghetti. Dalam 6 set permainan tersebut yang dinilai adalah banyaknya score yang terkumpul dalam waktu yang telah ditentukan yaitu 2 menit dari setiap permainan.

Peserta Lomba Teamwork Reliable sedang melakukan pemainan Ready Spaghetti

Sama seperti kategori Accuracy team, pemenang lomba Reliable team diumumkan secara langsung oleh Andi Anugrah setelah para peserta selesai bertanding di babak final. Berikut para pemenang untuk lomba Reliable team Ganda Putra diantaranya adalah untuk peraih juara Platinum dimenangkan oleh Bank Central Asia (tim 1) dengan perolehan score terbanyak yaitu 67. Juara Gold diraih oleh Kereta Api Indonesia (tim1) dengan perolehan score terbanyak kedua yaitu 63. Untuk juara Silver diraih oleh Kereta Api Indonesia (tim 2) dengan perolehan score 58, kemudian untuk juara Bronze diraih oleh KLIP Ditjen Pajak-Kemenkeu (tim 1) dengan perolehan score 56.

Dilanjutkan oleh Andi Anugrah mengumumkan para pemenang dari lomba teamwork Reliable tim Ganda Putri. Peraih score tertinggi untuk juara Platinum Tim Ganda Putri dimenangkan oleh KLIP Ditjen Pajak-Kemenkeu (tim 1) dengan jumlah score 58, peraih posisi juara Gold dengan jumlah score 50 diraih oleh PAM LYONNAISE JAYA. Untuk juara Silver dengan jumlah score 41 diraih oleh Bank Central Asia. Dan yang terakhir yaitu juara Bronze dengan perolehan jumlah score 36 diraih oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Setelah pengumuman pemenang, lomba teamwork kategori ketangkasan ditutup dengan sorakan kemeriahan peserta dan tim pendukungnya. Seperti yang telah dikatakan Andi Anugrah bahwa lomba The Best Teamwork yang dilaksanakan ini diharapkan dapat menumbuhkan dan menjalin rasa persahabatan dan kekerabatan yang tinggi, menang dan kalah adalah hal yang biasa namun kemampuan berevaluasi untuk terus maju adalah hal yang luar biasa. Sampai bertemu di acara Gala Dinner pada September nanti dan Selamat untuk para pemenang lomba!. (WH)

This entry was posted in Artikel and tagged , , , . Bookmark the permalink.