TERIMA KASIH UNTUK SPORTIF

DSC_2833


Daniel.Panin, Buperta 17 Mei 2015 – Perlombaan Jambore hari ke 2 sekaligus hari ke 6 untuk peserta writing contest tetap dilakukan di Buperta, Cibubur yang diikuti 14 team untuk memperebutkan Juara team Jambore tahun ini. Semua peserta telah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk merebut gelar platinum yang bergengsi juga berhak untuk tiket perjalanan ke Hong Kong. Empat kategori lomba telah dipersiapkan untuk membuktikan team paling tangkas, cerdas dan kompak.

DSC_2614
Joget senam pagi-pagi

Pagi hari di bumi perkemahan Cibubur, matahari cerah menyapa setiap peserta jambore hari ini. Dedaunan dipenuhi embun pagi membuat suasana segar menyelimuti peserta. Berbagai aktivitas pagi hari sudah terlihat sejak pukul 06.00 dari seluruh team yang hadir. Persiapan dari Mandi, sarapan pagi, membersihkan tenda, bahkan selfie mulai terlihat. Seperti biasa masing-masing regu wajib mendaftarkan ulang nama –nama setiap anggotanya sebelum perlombaan dimulai. Panitia juga sudah memasang musik dari 4 buah speakernya untuk menghibur pagi para peserta. Awalnya, tidak ada kegiatan apapun di area lapangan lomba, namun sekitar pukul 07.00 terlihat team BCA I dan BCA II dengan kostum mereka yang berwarna biru hitam dan merah hitam juga beberapa supporter mereka mulai membuat barisan di lapangan. Mereka pun mulai mengayunkan tubuh mereka mengikuti alunan lagu dangdut remix. Tidak perlu menunggu lama, beberapa team lain juga mulai berdatangan dan membentuk barisan masing –masing untuk senam pagi bersama. Satu lagu diputar panitia untuk senam ini. Merasa kurang puas saat lagu selesai, seluruh team yang ikut senam berteriak “Lagiii, Lagiiii …” namun panitia tidak melanjutkan, dan barisan senam pun mulai bubar. Tepat pada saat barisan kembali ke base camp masing –masing, lagu andalan goyang dumang.mp3 pun dimulai, dan peserta yang bubar tadi berlarian kembali ke lapangan untuk melanjutkan joget senam kembali. Seluruh peserta dan panitia tertawa lepas.

Sekitar 20 menit senam, panitia mengumumkan kepada seluruh peserta untuk mempersiapkan diri karena lomba pertama dimulai pukul 07.30. Seluruh peserta kembali ke kemah mereka untuk melanjutkan aktivitas mereka.

Fight !

DSC_2643
Chef memberi pengarahan

Perlombaan pertama yaitu lomba ketangkasan dan kreativitas dimulai pukul 07.30. Panitia secara serentak membagikan peralatan, telur, minyak goreng dan piring yang terbuat dari styrofoam pada seluruh peserta. Lomba kali ini mengharuskan perwakilan dari masing –masing team untuk berkreasi dengan telur tersebut. Pilihannya adalah membuat telur rebus dan telur goreng. Untuk telur rebus, penilaian sempurna adalah 40 point untuk setiap telur yang matang sempurna dan pengupasan kulit telur yang baik. Untuk telur goreng, penilaian sempurna adalah 60 point meliputi kematangan putih dan kuning telur, posisi kuning telur harus di tengah, dan penampilan telur yang sudah matang. Penilaian ini dilakukan oleh seorang chef Ibnu dari Hotel Grand Hyat yang didatangkan oleh panitia. Telur yang sudah matang harus dikirimkan ke panitia di pendopo utama oleh salah satu perwakilan team.

DSC_2655
masak? Tiup balon? siapa tatutttttt

Bersamaan dengan itu, lomba kreativitas juga dilangsungkan. Panitia sudah mempersiapkan satu sack balon, tali dan gunting. Peserta dipersilakan untuk menghias area kamp dengan balon tersebut sebanyak mungkin dan seindah mungkin dengan syarat balon harus tergantung. Terlihat beberapa anggota regu saling beradu kecepatan dalam meniup balon hingga ukuran yang sudah ditetapkan, sedang yang lain bertugas untuk menggantung balon itu di sekitar kemah mereka. Pola hias balon dari masing –masing team juga bervariasi, ada yang menggantung di pagar, menggantung menyilang di atas kemah, menggantung di sekitar gapura, bahkan ada yang menggantung seluruh balon di jemuran.

Tepat 60 menit lomba pertama dimulai, seluruh peserta wajib mengosongkan area kemah untuk dinilai kerapihan dan jumlah balon yang sudah berhasil dipasang. Sembari panitia melakukan penilaian, peserta dipersilakan beristirahat sejenak sambil mempersiapkan diri untuk lomba selanjutnya yaitu tebak bumbu.

DSC_2680
tambah nasi pasti enak nih…

Lomba selanjutnya adalah lomba kecerdasan tebak bumbu, yang mana setiap peserta harus menebak bumbu yang diberikan panitia dengan kondisi mata tertutup. Masing –masing team mempersiapkan 10 orang perwakilan dalam lomba ini. Setiap perwakilan akan diberikan 2macam bumbu yang harus ditebak baik dengan penciuman maupun mencicipi. Setelah selesai memberikan jawaban, secara serentak peserta lomba berganti perwakilan. Hal ini dilakukan karena seluruh peserta yang maju bersamaan akan mendapatkan bumbu yang sama, Terlihat ekspresi ragu tiap peserta yang mencicipi bumbu, bahkan ada yang berulang kali mencicipi bumbu untuk meyakinkan jawabannya benar. Lomba tebak bumbu ini berlangsung sekitar 30menit. Setelah peserta terakhir menjawab di selembar kertas pada lomba kecerdasan ini, panitia memberikan waktu bersiap 10menit untuk lomba selanjutnya.

DSC_2756
pusingnya sandi bukuuuu,,,

Waktu menunjukkan pukul 09.00, matahari mulai memancarkan teriknya dan lomba kecerdasan kata sandi buku dimulai. Seluruh peserta berkumpul di lapangan. Lomba kali ini hampir sama seperti kata sandi pramuka, yang mana team terbagi menjadi 2 bagian. Sejumlah 10 anggota regu berada di area pendopo sebagai pembawa soal, sedangkan 2 orang lainnya berada di seberang lapangan dengan kertas karton, kertas kecil dan buku sebagai penjawab. Anggota akan diberikan clue oleh panitia berupa huruf dan angka yang nantinya diterjemahkan oleh team penjawab dari buku yang telah disiapkan. Lomba ini sangat menguras tenaga karena setiap peserta harus berlari secepatnya untuk memberikan clue yang sudah dicatat dari layar slide ke rekan mereka di seberang lapangan dengan kondisi suhu yang kurang bersahabat. Cuaca siang ini cukup terik, namun seluruh peserta tampak terlalu bersemangat demi mendapat gelar juara 1 di lomba kecerdasan tahun ini.

Suasana memanas !

Setelah 60 menit berlalu pada lomba kecerdasan kata sandi buku, dan team penjawab menyerahkan hasil jawaban ke panitia di pendopo utama, suasana sedikit memanas. Beberapa perusahaan merasa dicurangi oleh team lain, dalam hal ini BCA I dan BCA II. Mereka beranggapan jika beberapa perlombaan sebelumnya juga merasa dicurangi dikarenakan perolehan nilai yang diperoleh team Bank Central Asia “terlalu sempurna”. Komplain mulai dilontarkan oleh mayoritas team yang terdaftar. Perlombaan sempat terhenti karena kisruh ini, hingga bp. Andi Anugrah sendiri turun tangan untuk menangani kejadian ini. Untuk meredam suasana yang semakin memanas, panitia berinisiatif memanggil masing –masing perwakilan team untuk dilakukan kesepakatan kelanjutan perlombaan ini.

Kejadian ini cukup memakan waktu. Hampir 1jam berlalu untuk menunggu kesepakatan akhir panitia serta masing –masing perwakilan. Sentilan –sentilan cukup terdengar, namun suasana keakraban masih cukup terlihat dari riuhnya mereka saat foto bersama di saat kesepakatan belum tercapai.

Akhirnya setelah hampir 1jam, kesepakatan telah dibuat dan perlombaan dapat dilanjutkan kembali. Panitia kembali disibukkan mengangkat ember berisi air ke tengah lapangan.

Lanjutkan!

Jam menunjukkan pukul 11.00. Terik matahari sangat menyengat, namun tidak menyurutkan semangat seluruh peserta lomba maupun supporter yang sudah berdatangan sejak lomba tebak bumbu. Riuh teriakan yel-yel supporter dan suara tepukan balon membahana untuk menyemangati team favorit mereka.

DSC_2837
hadooh tumpah broo..

Lomba kali ini adalah lomba ketangkasan water estafet. Masing – masing team dipersiapkan sebuah ember berisi air penuh dengan 2 buah sedotan. Lomba ini mewajibkan kekompakan dan kecepatan seluruh team untuk memindahkan isi air dalam ember ke sebuah galon yang berada di ujung berlawanan dengan menggunakan sedotan yang cukup lebar. Sebelum lomba dimulai, panitia menjelaskan aturan main dalam lomba ini. Seluruh anggota berbaris di antara ember dan galon, kecuali 1 orang ketua yang bertugas mengantarkan sedota yang sudah kosong di sisi galon ke orang pertama di ujung bagian ember.

Ketika lomba dimulai, secara cekatan sedotan berisi air berpindah-pindah tangan dengan berisi air di dalamnya. Tidak jarang juga isi sedotan itu tumpah di tengan perjalanan, sehingga harus mengulang kembali dari awal. Tugas ketua dalam lomba ini sangat melelahkan, karena harus mengantarkan sedotan yang sudah kosong ke tangan orang pertama. Setiap team terlihat beberapa kali berganti tugas untuk mengambil peran ketua tersebut.

DSC_2861Riuh sorakan penonton terdengar nyaring ketika panitia menyatakan lomba ketangkasan water estafet sudah berakhir. Wajah –wajah lelah peserta terlihat jelas. Seluruh lomba kecerdasan maupun ketangkasan sudah terlaksana. Kini saatnya panitia melakukan penjurian berat air yang berhasil dipindahkan masing –masing team, dan mempersilakan seluruh peserta beristirahat.DSC_2760

Waktu istirahat yang diberikan panitia ICCA Jambore justru dimanfaatkan foto bersama seluruh peserta. Keakraban terlihat jelas setelah persaingan ketat selama 2 hari. Ada saja cara mereka untuk bergabung mulai dari mendatangi, ataupun ikut nimbrung saja ketika berfoto bersama. “Lihat, harusnya seperti ini. Seperti inilah seharusnya call center. Kompak dan semangat. Jangan berantem lagi ya.” Ujar bp. Andi Anugrah.

DSC_2908
SELFie? ga jaman! mending RAMEie

Achtung! Attention! Perhatian!

Pukul 13.00, seluruh kegiatan lomba sudah berakhir. Tenda –tenda sudah dibongkar dan wajah tegang seluruh peserta terlihat jelas di bawah rindangnya pohon. Sesaat lagi, pengumuman sang jawara Jambore akan di umumkan.

Setelah memberi kata sambutan, panitia mengumumkan para pemenang dari seluruh kategori lomba kali ini. Dan hasilnya adalah :

Kategori Smart Team :
Juara I     : Kring pajak
Juara II    : Bea cukai
Juara III   : BCA I
Juara IV   : Mandiri I

Kategori Creative Team :
Juara I     : Astraworld I
Juara II    : BI
Juara III   : Mandiri I
Juara IV   : BCA II

Kategori Ketangkasan :
Juara I     : Kring pajak
Juara II    : ASSArent
Juara III   : Telkom indonesia
Juara IV   : BCA II

GRAND CHAMPION Jambore ICCA 2015 adalah Kring pajak, total nilai 925.96%

Seluruh team Kring pajak berlari ke tengah lapangan untuk merayakan kemenangan disambut dengan jabatan tangan dari seluruh peserta lomba. Selamat untuk Kring pajak atas keberhasilan menjadi juara Jambore ICCA tahun ini.

Terdapat kalimat yang cukup membekas dan terngiang sampai saat ini.

“Terima kasih untuk Sportif !!!”


Panin Writing Contest team
Panin Writing Contest team