Perhelatan TBCCI 2016 Telah Usai

IMG-20160810-WA0024
Suasana Perlombaan hadi terakhir

By Pertamina (10/8)

JAKARTA TIMUR – Perhelatan The Best Contact Center Indonesia telah selesai hari ini, Rabu (10/8), di Gelanggang Olahraga Pemuda Jakarta Timur di Jalan Otto Iskandar Dinata, Jakarta Timur. Para peserta terlihat puas dengan apa yang telah mereka usahakan selama ajang berlangsung. Acara sendiri, ditutup dengan Konferensi Pers yang diisi oleh ketua Indonesia Contact Center Association (ICCA) Andi Anugrah.

Di hari ke tujuh perhelatan TBCCI 2016 ini, perlombaan diakhiri dengan lomba Reporting dan Schedulling. Kedua perlombaan ini merupakan perlombaan talent teamwork yang berisi tim-tim yang beranggotakan tiga orang yang bekerjasama untuk menjawab soal dan tantangan yang diberikan dalam waktu yang telah ditentukan.

Diawali dengan lomba Reporting di pagi hari, para peserta tampak semangat menjalani lomba terakhir ICCA ini. Lomba Reporting ini mengharuskan ketiga anggota kelompok untuk berdiskusi dan bekerjasama dengan sebuah laptop yang disediakan di masing-masing meja tim untuk membuat laporan bulanan yang terdiri dari laporan agent terbaik, serta laporan operasional contact center perusahaan.

Adapun laporan atau Reporting yang dibuat tersebut harus disesuaikan dengan data kinerja agent dan aktivitas contact center selama satu bulan yang disediakan oleh panitia. Sementara waktu pengerjaannya sendiri selama maksimal tiga jam, para peserta harus sudah menyelesakan laporannya untuk segera di nilai oleh para dewan juri.

Peserta untuk lomba Reporting terdiri dari beberapa perusahaan seperti Astra Honda Motor, Astra International, Bank Central Asia, Bank DBS Indonesia, Bank Indonesia, Bank Mandiri, Dirjen Bea & Cukai, PT Kereta Api Indonesia, dan PT Telekomunikasi Indonesia. Sementara, Penilaian dari lomba Reporting sendiri meliputi kesesuaian jawaban atas pencapaian target pada laporan kinerja.

Setelah lomba Reporting selesai, acara dilanjutkan  dengan istirahat siang. Cukup menarik pada siang hari ini, perhelatan The Best CCI dihadiri oleh perwakilan Teleopti selaku salah satu sponsor lomba ICCA tahun ini. Pada saat itu, perwakilan Teleopti sempat membuka lomba Schedulling melalui aplikasi yang dikembangkan perusahaan tersebut kepada para agent contact center yang hadir dengan hadiah yang menarik bagi para peserta yang berhasil membuat penjadwalan terbaik.

Setelah jam makan siang usai, acara dilanjutkan dengan perlombaan Schedulling. Masih sama dengan peraturan sebelumnya, yakni per kelompok yang terdiri dari tiga orang bekerja sama dengan bantuan notebook dan dalam waktu maksimal tiga jam harus dapat menyelesaikan pembuatan jadwal agent contact center dua mingguan, yang harus terdiri dari forecasting dan juga jadwal shift para agent contact center.

Terlihat dalam lomba ini, para peserta cukup serius dan berfikir keras dibanding dengan lomba-lomba sebelumnya. Pasalnya pada lomba ini, peserta harus dapat menyesuaikan penjadwalan pada agent contact centernya sesuai dengan peramalan permintaan dan panggilan telepon masuk yang ada, dengan tetap memperhatikan waktu istirahat siang selama satu jam, dan istirahat rutin selama 15 menit setelah melaksanakan percakapan selama 60 menit. Tentu hal ini memerlukan strategi dan kerjasama yang baik sehingga schedule yang diciptakan dapat memenuhi expected service level sesuai dengan permintaan panggilan yang ada dan juga kualitas pelayanan yang tetap terjaga.

IMG-20160810-WA0022
Peserta tampak Serius menjalani lomba Schedulling

Para peserta dalam lomba Schedulling terdiri dari beberapa tim seperti Astra Honda Motor, Dirjen Bea & Cukai, Telkom, Bank Central Asia (BCA), Bank Mandiri, Klip Pajak, serta Astra Internasional.

Setelah Lomba Schedulling usai, acara akhirnya secara resmi ditutup. Para peserta kembali pulang dan terhitung mulai hari ini (10/8) para peserta sudah menyelesaikan tugas kantornya pada ajang ICCA 2016 dan mulai menunggu pada hari pengumuman, yakni pada malam penghargaan ICCA 2016 yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2016.

Sebagai Informasi, adapun The Best ICCA 2016 ini sendiri dilaksanakan dengan tujuan menetapkan standar penilaian yang terbaik  operasional Contact Center di Indonesia, sebagai forum benchmark manajemen operasional dan tingkat prestasi yang dibandingkan dengan perusahaan lain, kemudian sebagai bentuk penghargaan atas keberhasilan pengembangan Contact Center di Indonesia, dan juga penentuan pemenang yang akan dipromosikan menjadi wakil Indonesia di tingkat penghargaan regional Asia Tenggara.

IMG-20160810-WA0026
Salah satu Tim nampak sibuk