Tahap Sesi Wawancara Individual The Best Contact Center Indonesia 2021 Dimulai!

Indonesia Contact Center Association (ICCA) merupakan wadah perkumpulan atau asosiasi para pelaku bisnis contact center di Indonesia yang secara konsisten mengadakan acara pemberian penghargaan tahunan bagi praktisi contact center terbaik indonesia, yakni The Best Contact Center Indonesia Award 2021.

Ajang penghargaan tahunan ini diharapkan dapat mendorong pengembangan dan inovasi industri contact center di Indonesia. Khususnya dalam meningkatkan peran serta karyawan dalam mengembangkan kemampuan, kreativitas, dan kinerja dalam mengelola contact center.

Salah satu kategori perlombaan yang dilombakan adalah kategori Individual. Pada ajang tahun ini terdapat 48 sub-kategori dengan total 347 peserta Individual. Seluruh peserta telah mengikuti tahap ujian online dan melakukan pengumpulan video presentasi pada bulan Agustus lalu.

Tahap lomba selanjutnya dan menjadi rangkaian lomba terakhir yang akan diikuti peserta Individual adalah sesi wawancara atau tanya jawab. Pada tahap ini, para peserta akan melakukan tanya jawab dengan moderator selama maksimal 15 menit. Moderator mengajukan maksimal empat pertanyaan terkait dengan materi presentasi yang sudah disusun peserta. Selama sesi wawancara berlangsung, peserta akan dinilai oleh kurang lebih 25 Juri Vote Lock melalui aplikasi Scorecard.

Senin, 6 September 2021 adalah hari pertama sesi wawancara peserta Individual The Best Contact Center Indonesia 2021. Sesi wawancara dimulai pada pukul 08:00 WIB dan berakhir sekitar pukul 15:00 WIB. Total terdapat 45 peserta yang hadir pada sesi wawancara hari pertama.

Pelaksanaan lomba terbagi ke dalam tiga ruang Zoom. Ruang 1 berisi 16 peserta yang terdiri dari 5 peserta sub-kategori BTB Agent Inbound, 5 peserta sub-kategori BTB Agent Inbound Specialist, dan 6 peserta sub-kategori BTB Team Leader Digital. Ruang 2 berisi 14 peserta antara lain 8 peserta Best of Best Supervisor dan 6 peserta Best of Best Trainer. Pada ruang 3 terdapat 15 peserta yang terdiri dari 8 peserta Best of Best Manager dan 7 peserta Best of Best Team Leader Inbound.

Untuk mengetahui motivasi dan kesan para peserta dalam mengikuti ajang perlombaan ini, ICCA telah melakukan wawancara kepada beberapa peserta Individual yang telah mengikuti sesi wawancara di hari pertama.

Riska Hamidah dari BLIBLI.COM, BTB Agent Inbound Specialist

Riska Hamidah, peserta BTB Agent Inbound Specialist

Riska mengatakan, “Saya merasa tertantang untuk bisa memberikan yang terbaik di tahun ini. Mengingat di tahun lalu mendapat peraih medali Platinum, menjadikan saya tidak mau berhenti sampai disana. Saya mau jadi yg terbaik lagi di tahun ini membawa nama BLIBLI tercinta.”

Hal-hal positif yang saya dapatkan oleh Riska dari keikutsertaannya pada ajang TBCCI 2021 sangat beragam. Ia bisa menjadi lebih baik dalam mengatur waktu karena proses latihan untuk ajang TBCCI ini bersamaan dengan pekerjaan sehari-hari. Kemudian, Riska juga belajar public speaking, melatih keuletan dalam membaca materi untuk ujian online.

Hal yang paling menantang adalah ketika ujian tertulis diberikan waktu per soal, di sini ia merasa benar-benar dilatih kecermatannya dalam memahami pertanyaan. Lalu pada saat pembuatan video presentasi, ia juga harus mengemas isi materi yang menarik sehingga penonton tidak bosan. Sedangkan pada tahap wawancara, tantangannya tentu pada spontanitas dan cara menjawab pertanyaan.

Jadi Utomo dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero), BTB Team Leader Digital

Jadi Utomo, peserta BTB Team Leader Digital

Motivasi saya mengikuti acara ini, saya ingin menunjukkan kualitas dan kompetensi diri bahwa saya mampu bersaing dengan sesama leader terbaik dari perusahaan masing masing. Saya juga ingin mengembangkan potensi diri agar menjadi pribadi lebih unggul dan berkualitas dan mengharumkan nama baik Bank BRI, terutama divisi contact center.

Hal positif yang saya peroleh dari mengikuti ajang ICCA 2021, menumbuhkan semangat bersaing untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik, menambah ilmu dan pengalaman hidup, dan mendapatkan teman dan kenalan baru.

Hal yang paling menantang adalah Ketika test wawancara karena dihadapkan dengan pertanyaan langsung yang harus dijawab saat itu juga dan di saksikan oleh juri juri hebat dari berbagai perwakilan perusahaan.

Ida Mariana Damanik dari PT Bank BTPN Tbk, Best of Best Supervisor

Ida Mariana Damanik, peserta Best of Best Supervisor

“Motivasi saya mengikuti event ini adalah saya bisa meningkatkan kualitas diri agar memiliki nilai lebih” ujar Ida Mariana Damanik.

Hal positif yang ia peroleh selama mengikuti acara ini pun cukup banyak, seperti kepercayaan diri yang meningkat, kemampuan persentasi yang juga meningkat, semakin mengasah analytical thinking, dan membuat wawasannya terkait dunia contact center yang semakin luas.

Menurutnya persiapan untuk sesi wawancara adalah hal yang paling menantang karena ia tidak bisa menebak pertanyaan yang akan diajukan. Setiap jawaban yang ingin disampaikan harus selesai secara otomatis saat sesi tersebut.

Arief Kendy Nasution dari PT PLN (Persero), Best of Best Trainer

Arief Kendy Nasution, peserta Best of Best Trainer

Arief Kendy Nasution mengungkapkan bahwa motivasinya dalam mengikuti acara TBCCI 2021 adalah pembuktian diri setelah rehat 2 tahun setelah kemenangannya pada ajang TBCCI 2014 dan 2018 pada ajang yang sama.

Hal positif yang dirasakan oleh Arief Kendy N. di lomba TBCCI 2021 adalah walaupun pandemi Covid-19 masih terjadi dan jarak harus terpisah, ia dan seluruh peserta masih bisa bahagia dengan berkompetisi yang penuh sportivitas dengan dibungkus silahturrahmi antar perusahaan yang tidak kalah hangat.

Arief Kendy mengatakan, “Hal menantang yang saya dapatkan di ajang TBCCI 2021 adalah saya bisa melawan rasa takut dengan kamera karena lomba di tahun ini menggunakan metode online.”

Mohamad Irvan dari Coca Cola Europacific Partners Indonesia, Best of Best Manager

Mohamad Irvan, peserta Best of Best Manager

Tahun 2021 menjadi kali kedua ajang TBCCI dilakukan dengan format virtual, namun ini menjadi pengalaman pertama kali bagi Mohamad Irvan. Ia mengatakan terakhir kali mengikuti ajang ini, yakni di tahun 2017 dimana perlombaan diselenggarakan secara offline. Meskipun dalam keadaan yang masih terbatas seluruh sesi produksi video dan tanya jawab dapat dilalui Irvan dengan baik.

Ajang TBCCI ini sudah terbukti sebagai ajang yang sangat bergengsi dan terus dapat terlaksana meskipun pandemi masih melanda. ICCA dapat beradaptasi dengan cepat untuk menyesuaikan formatnya dan tetap dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Hal ini yang memotivasi dirinya untuk ikut ambil bagian dalam catatan sejarah yang nantinya akan dikenang dan memberikan manfaat bagi industri contact center secara organisasi maupun pelakunya.

Keikutsertaannya dalam ajang ini memberikan banyak manfaat positif. Salah satu yang paling menarik adalah sebagai refleksi diri terhadap apa yang sudah dirinya berikan serta menjadi dorongan bagi dirinya untuk terus berkreasi dan berkontribusi.

Mohamad Irvan memberikan masukan untuk ICCA agar terus konsisten dan terbuka terhadap masukan positif akan semakin menjadi penyempurna untuk pelaksanaan diwaktu-waktu yang akan datang. “Semoga apa yang sudah disajikan dapat memberikan inspirasi bagi semua yang menyaksikan” ujar Mohamad Irvan.

Lomba sesi wawancara akan berlangsung selama dua pekan. Kategori yang berlomba pada hari Selasa, 7 September 2021 antara lain Best of Best Agent Outbound, BTB Team Leader Outbound, Team Leader Outbound, Best of Best Agent Digital, Best of Best Back Office, Team Leader Digital – Above 500, Team Leader Digital – Below 500. Terus semangat dan persiapkan diri Anda dengan maksimal. #GoForPlatinum ! (MAF)