Published on 28 July 2020

Tahap Presentasi & Tanya Jawab Online Lomba Individual The Best Contact Center Indonesia 2020

Words by:
avatar

ICCA Indonesia

Rangkaian Lomba The Best Contact Center Indonesia 2020 Kategori Individual adalah Tahap pertama Ujian Online dan Tahap kedua Presentasi & Tanya Jawab Online. Sesuai dengan ketentuan, peserta yang telah lolos pada tahap pertama dapat melanjutkan seleksi pada tahap kedua ini. Jumlah yang ditetapkan adalah maksimal 2 peserta untuk setiap kategori per perusahaan.

Tahap presentasi dan tanya jawab online akan diselenggarakan pada tanggal 5 – 8 dan 12 – 15 Oktober 2020.

pada tahap ini peserta akan melakukan tanya jawab secara online dari video presentasi yang mereka bawakan. Video presentasi berupa rekaman pemaparan dari materi presentasi yang mereka susun dalam bentuk Microsoft Powerpoint 2013 atau setara dengan ukuran slide standar 4:3. Peserta wajib mengikuti ketentuan template yang tersedia dalam ketentuan lomba yang dapat diakses di sini. Penjelasan detail format video dan teknis pelaksanaan akan di berikan kepada peserta pada saat Technical Meeting yang dijadwalkan pada tanggal 7 September 2020 mendatang.

Beberapa diantara ketentuan yang dijabarkan adalah ukuran maksimal video yang diunggah ke site yang tersedia maksimal 15 MB dengan format MP4 atau Mov [kategori][namaperusahaan][namapeserta].mp4. Peserta juga diwajibkan menyerahkan materi presentasi dibawakan dalam video presentasi berukuran maksimal 10 MB kepada panitia atau site yang ditentukan juga, dengan format Powerpoint atau Adobe PDF dengan format nama [kategori] [nama perusahaan] [nama peserta].pptx.

Bagi level Agent atau Staff, materi presentasi yang dibawakan ke dalam video terdiri dari Profil, Tugas dan Tanggung Jawab, Kompetensi, Pengalaman Pelayanan, Kebutuhan Pelayanan, Kreativitas dalam Pelayanan, Pengalaman Pelanggan, Pengembangan Kemampuan, Pencapaian Kinerja dalam kurun waktu 6 (enam) bulan terakhir, dan Motivasi Pengembangan.

Kemudian Materi Presentasi bagi Level Leader dan Support terdiri dari Profil, Tugas dan Tanggung Jawab, Kompetensi, Latar Belakang Program Kerja, Data Pendukung, Kreativitas Dalam Program Kerja, Hasil atau Manfaat dari Program Kerja, Pengembangan Kemampuan, Pencapaian Kinerja dalam kurun waktu 6 (enam) bulan terakhir dan Motivasi Pengembangan.

Materi yang disampaikan oleh peserta di tahun ini tidak jauh berbeda dengan materi yang disampaikan di tahun-tahun sebelumnya. Namun di tahun ini peserta harus menyerahkan video presentasinya beserta materi yang presentasi yang digunakan di dalam video tersebut kepada panitia dengan rentan waktu yang diberikan yang dimulai pada tanggal 28 September hingga 2 Oktober 2020.

Penilaian pada tahap kedua ini adalah kesesuaian video presentasi peserta dengan template materi presentasi yang telah disiapkan dan kemampuan menjawab pertanyaan dari moderator yang harus memperhatikan aspek isi materi presentasi yang sesuai dengan ketentuan pada template materi presentasi, kemampuan presentasi dan kemampuan meyakinkan. Juga kemampuan peserta untuk menjawab pertanyaan dari moderator atau fasilitator.

Peserta juga memiliki batasan waktu yang disediakan dalam rekaman video berdasarkan levelnya. Untuk sub kategori Agent Inbound, Agent Digital, Agent Premium, Back Office, Agent Disabilitas, Telesales, Telemarketing, Collection dan Customer Service diberikan batasan waktu selama maksimal 15 menit. Juga sub kategori lainnya selama maksimal 20 menit.

Usai melakukan presentasi, peserta akan diberikan waktu untuk menjawab pertanyaan dari moderator secara live selama 10 menit untuk sub kategori Agent Inbound, Agent Digital, Agent Premium, Back Office, Agent Disabilitas, Telesales, Telemarketing, Collection dan Customer Service. Sedangkan sub kategori lainnya selama maksimal 15 menit.

Di dalam video presentasi tersebut peserta hanya diperkenankan menggunakan busana branding perusahaan atau busana bisnis formal dan dilarang menggunakan perlengkapan tambahan yang melekat pada tubuh kecuali alat bantu yang sesuai dengan kegiatan pekerjaan. Dari situ dewan Juri akan menilai menggunakan formulir penilaian yang tersedia dengan nilai terendah 0 (nol) dan nilai tertinggi 7 (tujuh). Semua peserta akan mendapatkan nilai dengan skala 0 – 100, sesuai dengan model penilaian dan pembobotan yang ditentukan panitia dan/atau dewan juri. Hasil penilaian peserta individual dari tahap pertama dan kedua kemudian dijumlahkan dengan bobot 90% untuk Presentasi dan 10% untuk Ujian Online.

Peserta yang melakukan presentasi di dalam video tersebut wajib membawakan materi menggunakan Bahasa Indonesia, terkecuali untuk kategori Agent English. Mereka juga akan melakukan tanya jawab online melalui fasilitas video conference yang akan dibawakan langsung oleh moderator yang telah ditunjuk oleh panitia. Moderator tersebut juga yang akan memberikan beberapa pertanyaan kepada peserta sesuai dengan waktu yang tersedia. Sesi ini dinilai secara langsung oleh Dewan Juri Votelock. Siapkan strategimu dan tetap semangat untuk meraih prestasi terbaik! #GoForPlatinum (WH)

%d bloggers like this: