Siapa Takut Tampil Beda

Siapa Takut Tampil Beda

JAKARTA – Semarak The Best Contact Center Indonesia 2016 di hari keempat tengah bergulir. Sejumlah peserta unjuk kreatifitas menampilkan kemampuannya dengan maksimal. Siang itu suasana pun kian riuh di lantai 7, Gedung Kalbis Institute. Setiap peserta seolah tidak kehilangan gaya untuk menyemangati timnya. Mulai dari bernyanyi, berjoget, hingga cara berpakaian yang unik untuk menarik perhatian juri maupun kompetitornya. Hal tersebut tentu dilakukan untuk menunjukkan ciri khas atau identitas masing-masing peserta. Secara umum, identitas dibentuk ketika seseorang secara sosial ingin berinteraksi dengan orang lain. Sehingga muncul interaksi dan reaksi timbal balik dalam kelompok sosial.

 

Memecah Kejenuhan

Diantara kecemasan para peserta selalu muncul ide untuk mencairkan suasana. Menunggu giliran untuk presentasi di depan juri memang menjenuhkan sekaligus menegangkan. Namun pada kesempatan itu ada yang berbeda dengan tim dari PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Sekitar tujuh orang dari mereka tiba-tiba membentuk formasi. Sedikit demi sedikit volume musik Chicken Dance yang diciptakan oleh seorang akordion berkebangsaan Swiss, Werner Thomas, kian terdengar dan menggema di lantai 7, pada Kamis (4/8). Sontak ketujuh peserta itu segera melakukan tarian meniru gerakan ayam. Mengiringi irama ceria yang sama. Tak lama, penampilan mereka pun berhasil menarik perhatian juru foto dan peserta lainnya.

 

Situasi tersebut bisa muncul ketika setiap individu dalam suatu kelompok memiliki kesamaan emosi. Dalam hal ini rasa bosan ataupun cemas. Sehingga secara spontan timbul reaksi untuk menciptakan komunikasi secara atraktif dan menghibur.

 

Tidak hanya itu, seorang peserta wanita perwakilan PT Angkasa Pura II (Persero) tampil percaya diri. Penampilannya yang sporty sanggup mencuri perhatian peserta lain ketika ia mengenakan sepatu roda lengkap dengan atributnya. Seperti helm, pelindung siku (elbow guard), dan pelindung lutut (knee protector) disertai tas pinggang. Aktualisasi diri tersebut sebagai upaya menyatakan identitas individu meski tidak tersirat. Keunikan dan keragaman itu justru membawa warna baru kedalam situasi yang serius. Lebih tepatnya serius tapi santai. Kira-kira seperti itulah konsep yang diinginkan dalam ajang TBCCI 2016 kali ini. Bahkan hal tersebut dapat memicu peserta lainnya untuk bisa menunjukkan keunikan dan kreatifitas mereka.

 

Keunikan sebagai Identitas

Salah satu peserta, menggunakan sepatu roda lengkap dengan atributnya
Salah satu peserta, menggunakan sepatu roda lengkap dengan atributnya

Hal itu tentu sangat berhubungan dengan fungsi contact center dalam memberikan pelayanan yang baik. Dibutuhkan konsistensi dalam berinteraksi supaya bisa memberikan value kepada pelanggan. Meningkatkan kepuasan pelanggan agar timbul loyalitas kepada perusahaan. Kombinasi ini akhirnya yang mampu menstimuli kemampuan contact center untuk menjaga keseimbangan dalam pekerjaan mereka. Terutama hubungan dengan pelanggan yang menjadi aset penting bagi perusahaan.

 

Seiring berkembangnya teknologi tentu peran contact center semakin dibutuhkan. Apalagi jika perusahaan mempunyai jutaan pelanggan yang tersebar di setiap wilayah. Kemajuan teknologi internet yang semakin mudah diakses menjadi hal utama bagi contact center agar pelanggan punya pilihan lain untuk mendapatkan informasi perusahaan. Informasi tersebut dapat diperoleh melalui jenis panggilan. Umumnya dibagi menjadi dua jenis, yakni inbound dan outbound. Panggilan inbound merupakan panggilan yang dilakukan oleh pelanggan untuk mendapatkan informasi, melaporkan kejanggalan, atau bertanya untuk minta bantuan. Sedangkan panggilan outbound merupakan panggilan yang dilakukan oleh agen untuk memberdayakan pelanggan untuk suatu usaha penjualan atau layanan secara individual. Adalah sangat mungkin untuk mengkombinasi antara inbound dan outbound menjadi sebuah layanan terintegrasi.

 

Untuk itu, jika teknologi begitu dinamisnya maka sama halnya dengan peran peserta TBCCI 2016. Dewasa ini, kreatifitas adalah salah satu kunci utama dalam segala aspek. Dengan begitu perusahaan akan bisa terus sustain mengikuti zaman.

 

IMG-20160804-WA0022
Chicken Dance meramaikan suasana menunggu giliran presentasi