Work Hard & Proud

SIM – 2 Agustus 2016.

Pukul 07.30 WIB.

Matahari terlihat kian merangkak menuju persinggahannya. Sinarnya yang begitu berkilau mengiringi perjalanan setiap individu menuju masing-masing tempat tujuannya. Pun begitu dengan para peserta kategori Individu di hari kedua event The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2016. Diiringi dengan teriknya pancaran sang surya, para peserta terlihat tetap semangat untuk bisa melakukan yang terbaik dalam presentasi kategori Individu di hari ini.

Lantai 7 Kalbis Institute, menjadi saksi bisu dalam suasana riuh ramai pada pagi hari ini. Para peserta dan juri terlihat hilir mudik dari meja registrasi, area ruang tunggu, hingga ruangan tempat dilangsungkannya penjurian. Terlihat para peserta yang berasal dari BNI Life Insurance meneriakkan yel-yel yang menjadi ciri khasnya guna memberikan semangat satu sama lainnya, sebelum akhirnya masing-masing dari mereka memasuki ruangan dan melakukan presentasi. Tidak kalah dengan BNI Life Insurance, peserta dari PT. Telekomunikasi Indonesia pun terlihat membawa banyak suporter serta atribut yang dapat mendukung dan memeriahkan suasana dan menyemangati tim mereka. Berbeda dengan hari pertama, kategori yang dilombakan pada hari kedua adalah BTB Team Leader, BTB Supervisor, Agent Premium, Manager Contact Center, Team Leader Inbound, BTB Agent, dan Supervisor.

Mengikuti ajang The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2016 yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA) merupakan suatu bentuk kebanggaan yang dapat dirasakan oleh masing-masing pesertanya. Seperti yang dirasakan oleh Darius, peserta Agent Premium dari BCA. Berikut merupakan perbincangan kami dengan Darius:

Halo mas boleh bincang-bincang sebentar?

Hai, boleh..

Dengan mas siapa? Dari perusahaan mana? Udah maju presentasi atau lagi nunggu giliran?

Saya Darius dari BCA. Tadi kebetulan udah maju giliran ketiga di jam 08.40, sekarang lagi nunggu giliran teman presentasi nih.

Ini pertama kali ikut TBCCI atau udah pernah ikut sebelumnya?

Untuk event TBCCI ini sih iya pertama kali, tapi sebelumnya udah pernah ikut di event serupa dengan penyelenggara yang berbeda.

Kalo boleh tau Agent Premium itu keseharian aktivitasnya gimana ya?

Sebenarnya sama-sama agent biasa, tapi dalam kesehariannya kami menangani nasabah yang premium. Jadi nasabah yang premium di BCA itu ada 2, yang solitaire dan yang prioritas. Solitaire itu nasabah yang punya dana 2,5M, kalau prioritas itu yang punya dana 500 juta.

Perbedaan mendasar Agent Premium dan Agent biasa?

Kalau Agent Premium itu demandnya lebih tinggi. Karena nasabah punya nominal tabungan yang lebih banyak, sehingga permintaannya pun akan lebih banyak. Makanya kita zero mistake. Kalau untuk nasabah yang biasa saat menelepon akan menunggu IVR, tekan 1, tekan 2. Tapi kalau untuk  nasabah prioritas dan solitaire langsung diangkat dan nomor yang digunakan pun berbeda.

Persiapan apa saja yang dilakukan untuk  tampil presentasi hari ini?

Persiapannya yang pasti slide, materi dan latihan-latihan sih yang paling penting. Kita juga direview langsung sama leader kita sih. Semua peserta yang ikut di event TBCCI direview dulu oleh leader kita.

Selain itu, persiapan yang dilakukan di internal perusahaan dalam menyambut event TBCCI ini apa saja mas?

Kalau di BCA, event TBCCI ini merupakan bagian dari event tahunan. Jadi pasti setiap tahunnya kami berpartisipasi dan mengirimkan peserta untuk setiap kategori. Persiapannya bisa dilakukan satu hingga dua bulan sebelum acara dilakukan sih. Selain itu kita juga ada seleksi internal yang namanya “The Best Presenter” yang diikuti oleh semua agent. Dari pemenang  “The Best Presenter” ini lah yang akan dikirim untuk mengikuti event TBCCI.

Apakah mengikuti event ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi anda?

Yaa pastinya saya bangga, karena bisa menjadi wakil dari perusahaan, semoga saya bisa memberikan yang terbaik

Oke deh thanks yaa sharingnya, semoga sukses.

Sama-sama.

Darius - Agent Premium
Darius – Agent Premium

Selain itu, kami juga sempat berbincang dengan salah seorang peserta Agent Best of The Best Supervisor. Hadi, panggilan akrabnya, mengungkapkan bahwa ini merupakan kali keduanya mengikuti event The Best Contact Center Indonesia. Tahun lalu, ia mengikuti event TBCCI untuk kategori Agent, namun pada tahun ini ia mengikuti kategori Best of The Best Supervisor. Berbeda dengan keikutsertaannya di tahun lalu saat masih menjadi Agent, ia merasa nothing to lose dan tidak merasa terbebani. Beda halnya dengan event kali ini, Hadi mengungkapkan bahwa ia merasa cukup cemas dan dag dig dug sesaat sebelum masuk ruang presentasi. Hal ini dikarenakan ia merasa kategori Best of The Best merupakan kategori yang mengadu peserta-peserta yang pernah menjadi pemenang di tahun sebelumnya, sehingga ia merasa kompetisi yang ada begitu kuat di antara peserta-peserta lainnya.

Hadi pun sempat menceritakan sekilas tentang pekerjaan sehari-harinya sebagai supervisor, dimana dia harus kreatif dalam mengelola teamnya. Hadi memiliki beberapa kegiatan kreatif yang diterapkan kepada teamnya. Misalnya, setiap tanggal 1 mengadakan program Hari Susu, kemudian ditanggal 15 mengadakan program Hari Buah. Tidak hanya itu, Hadi pun menyediakan kue jajanan pasar untuk menghibur teamnya yang harus bekerja di malam minggu dan tidak sempat merasakan manisnya malam mingguan. Wah sungguh ide yang kreatif ya! (red).

Hadi yang juga hobi menulis mengungkapkan bahwa keikutsertaannya dalam event kali ini menjadi kebanggaan tersendiri untuk dirinya dan pastinya juga bagi team yang dikelolanya saat ini. Ia pun bersyukur bahwa penampilannya kali ini mendapatkan dukungan yang sangat luar biasa baik dari rekan-rekannya maupun dari keluarganya.

Hadi - Doa dan Dukungan Sebelum Presentasi

Hadi – Doa dan Dukungan Sebelum Presentasi

Demikian suasana perlombaan di hari ke-2 event The Best Contact Center Indonesia 2016. Pastinya seluruh peserta dengan penuh semangat telah berusaha menampilkan yang terbaik, dukungan dan harapan menjadi suplemen ampuh bagi mereka dalam menghadapi perlombaan ini. Kami yakin mereka semua bangga telah menjadi wakil dari perusahaan dan bangga menjadi bagian dari Contact Center Indonesia. So, work hard and be proud of what you achieve, guys! (SJA-MKU)