Silver Winner of the Teamwork Category Goes to Singapore

Kegiatan Benchmarking ke negara Singapore yang diberikan oleh ICCA diperuntukkan bagi para peserta peraih medali silver perlombaan Teamwork, baik kategori accurate maupun kategori reliable dalam ajang The Best Contact Center Indonesia 2019. Sungguh tidak terasa segala jerih payah peserta dalam berlomba kini telah menampakkan hasilnya. Ya! Benchmarking to Singapore untuk para peraih Silver kategori teamwork sebuah penantian yang sangat panjang dan perjuangan yang bukan cuma-cuma bagi para pasangan peserta peraih medali silver ini. Latihan selama berbulan-bulan selalu menjadi kebiasaan mereka, kini tiba saatnya bagi para peraih silver ini untuk menikmati reward dari Indonesia Contact Center Association (ICCA) dengan melakukan kegiatan Benchmarking.

Para peraih medali silver kategori Teamwork The Best Contact Center Indonesia 2019 melaksanakan kegiatan Benchmarking ke Singapore pada tanggal 8 sampai 10 Oktober 2019.  Kegiatan Benchmarking ini diikuti oleh 27 peserta yang menang mewakili berbagai perusahaan yang ikut dalam ajang The Best Contact Center Indonesia 2019.

Di hari pertama seluruh peserta kegiatan Benchmarking ini berkumpul di Bandara International Soekarno Hatta pada Selasa, 8 Oktober 2019 pukul 07:00 am dan dilanjutkan dengan proses check-in beserta imigrasi. Penerbangan menuju Bandara International Changi di Singapore dilaksanakan pada pukul 09:25 am. Paras penuh semangat mendampingi para peserta Benchmarking terbang menuju kota Singapore atau yang biasa disebut dengan kota Singa.

Keberangkatan peserta pada 8 Oktober 2019

Peserta tiba di Changi International Airport, Singapore pukul 12:15 pm dilanjutkan dengan proses imigrasi dan makan siang bersama di Bandara. Setelah mendapat asupan bekal yang mengembalikan energi, peserta melanjutkan perjalanan Benchmarking dengan kegiatan site visit menuju AVAYA EBC dengan durasi waktu perjalanan selama 45 menit dan tiba pada pukul 14:15 pm. Dalam kegiatan site visit ini peserta mengisi kegiatan dengan diskusi bersama yang diselenggarakan oleh pihak AVAYA EBC dan dimulai dengan sambutan pembuka dari Andi Anugrah selaku ketua ICCA di dalam ruang pertemuan yang telah disediakan oleh pihak AVAYA.

Pihak AVAYA memaparkan profil perusahaannya dan melakukan technology sharing kepada para peserta kegiatan benchmarking ICCA dengan materi The Intelligent Customer Experience oleh Meng Teck dan AVAYA team. Selama kegiatan sharing antusiasme menyelimuti benak para peraih silver ini, beberapa dari mereka terus menggali informasi mengenai materi yang disampaikan oleh pihak AVAYA dengan membuka diskusi dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada pihak AVAYA.

Selajutnya pada pukul 15:15 pm peserta menyudahi kegiatan site visit di AVAYA dengan penyerahan plakat keada pihak AVAYA EBC dan melakukan sesi foto bersama. Kembali melanjutkan kegiatan selanjutnya yaitu site visit menuju Singtel Contact Center semangat peserta ternyata belum padam. Dalam kegiatan site visit di Singtel Contact Center, peserta mendengarkan materi diskusi technology sharing yang dibawakan oleh Candy Chua seorang Vice President Consumer Operators. Dalam diskusi bersama yang dibawanya, Candy memberikan satu moto yang selalu diterapkan di Singtel Contact Center. Berikut moto tersebut, “We always believe that we should consider each ustomer as a family member who deserves nothing but the best service!” -Chandy Chua.

Pemberian materi oleh Singtel Contact Center

Kegiatan site visit ini ditutup dengan makan malam bersama seluruh peserta. Menciptakan kehangatan dan kekeluargaan, seluruh peserta peraih silver dari berbagai perusahaan berbaur bersama, berbincang bersama saling tukar ilmu dan informasi yang dimiliki. Banyak tambahan pelajaran berharga yang didapatkan oleh peserta dalam kegiatan site visit yang baru saja mereka lalui.

Setelah melakukan kegiatan site visit bersama, di hari ke dua yaitu Rabu, 9 Oktober 2019 peserta melanjutkan benchmarking dengan melakukan kegiatan city tour bersama. Kegiatan city tour dilaksanakkan pada pukul 08:30 am dengan mengunjungi Merlion Park dimana peserta dibebaskan berfoto dengan menggunakan latar belakang Merlion Statue yang merupakan patung berkepala singa dan bertubuh ikan yang menjadi landmark dari kota Singapore, dan peserta juga dibebaskan berfoto dengan menggunakan latar belakang Esplanade.

Peserta Benchmarking bebas berfoto bersama dengan latar belakang Merlion Statue

Kegembiraan menyelimuti seluruh peserta, tidak kenal kata lelah mereka bergaya, terawa, dan bercanda bersama merayakan kemenangannya. Tidak ada keluh yang terdengar, peserta langsung melanjutkan kegiatan tour menuju Garden by the Bay yang merupakan taman kota terbesar di Singapore dengan 101 hektare lahan dan Flower Dome yang memiliki berbagai macam bunga yang mewakili setiap negara di Asia. Lagi-lagi peserta dibebaskan untuk berfoto dan merekam setiap momen yang ada dan menikmati indahnya negara Singapore hingga sampailah pada pukul 12:30 pm yang menandakan bahwa kegiatan tour di hari ke dua telah berakhir dan peserta dipersilakan kembali ke hotel untuk beristirahat.

Selanjutnya pada hari Kamis, 10 Oktober 2019 pukul 08:30 am peserta melakukan sarapan bersama. Pada kegiatan sarapan ini, peserta berbagi kesan dan pesannya selama mengikuti kegiatan Benchmarking di Singapore dengan mengisi form yang telah disediakan. Sebagian besar dari mereka berpendapat bahwa kegiatan Benchmarking to Singapore yang dimulai dari agenda, wisata yang dikunjungi, kegiatan site visit, fasilitas dan pelayanan yang diberikan sangat memuaskan.

Namun ada beberapa peserta memberikan saran dan masukan  untuk kegiatan Benchmarking selanjutnya seperti yang disarankan oleh Budhitya Besty Aviantommy bahwa, “Mungkin untuk selanjutnya, kegiatan site visit bisa dengan durasi yang lebih lama agar bisa lebih banyak sesi diskusi” wah Avian sangat-sangat menikmati sesi site visit rupanya. Berbeda dengan M. Rizky Panji Indra, dalam kegiatan Benchmarking ini Rizky Panji mengatakan, “Untuk overall ini sudah oke semua!”. Setiap saran dan masukan yang telah diberikan, diterima dengan baik oleh ICCA untuk mempertahankan dan memajukan kualitas Benchmarking selajutnya.

Setelah mengisi form, peserta melakukan perjalanan menuju Bandara International Changi, Sngapore pukul 09:30 am dan mendapatkan freetime sambil berfoto mengabadikan setiap momen yang ada bersama teman-teman seperjuangan di Jewel Changi sambil menunggu proses boarding. Kegiatan Benchmarking to Singapore yang diselenggarakan selama 3 hari 2 malam ini ditutup dengan foto bersama para peserta peraih silver. Selamat untuk para pemenang silver! Jadikan kemenanganmu di hari ini sebagai titik awal kemenangan selanjutnya! (WH)

This entry was posted in Artikel and tagged , , , . Bookmark the permalink.