Sense of Belonging

Toyota 16
Quality Assurance (QA) Teamwork

Toyota – (9 Agustus 2016). Waktunya untuk menunjukkan siapa yang paling tepat dan cepat, mungkin itulah kalimat paling tepat untuk Selasa pagi ini. Suasana tenang tanpa ada banyak suara dan kegaduhan menggambarkan TBCCI 2016 sekarang dan ruangan tanpa suara seperti Gelanggang Remaja Otista saat ini sedang ada ujian tertulis. Bagaimana tidak? Akan ada 1 dari 11 Perusahaan yang akan membuktikan Teamnya lah yang terbukti paling kompak dan smart diantara yang lain.

Start to Fight

Toyota 15
Fokusnya Mereka

Perlombaan dimulai dan peraturan pun dimulai. Jika hari sebelumnya para photographer lalu lalang, hari ini sedikit berbeda. Reporter hanya diberi kesempatan 5 menit untuk mengabadikan suasana saat ini. Semua Team diminta mendengarkan 10 Voice Recorder (VR). Setelah itu bagaimana caranya mereka bisa membagi tugas agar mampu menyelesaikan 100 soal yang diberikan oleh panitia dengan tepat dan cepat. Membagi tugas dari 3 kepala memang tidaklah mudah. Harus penuh konsentrasi pastinya.

Pukul 09:25 WIB dan sudah 16 menit berlalu, akan tetapi semua Team masih harus berjuang keras untuk menyelesaikan 100 soal tersebut. Seperti yang kita ketahui Team adalah sekelompok orang yang mempunyai bakat atau kemampuan berbeda-beda dalam menyelesaikan sebuah masalah dan tujuannya adalah masalah terselesaikan tepat waktu. Untuk itu sebelum membentuk Team, kita harus konsentrasi pada proses dan hasil sehingga mampu merumuskan visi dan misi untuk mengatur strategi Team sehingga dapat tepat mengenai sasaran. Di dalam Team, dituntut penuh untuk berkorban dan saling mendukung. Dukungan berupa ide, gagasan, dan saran membangun. Sedangkan pengorbanan adalah saat kita harus rela meluangkan waktu untuk belajar penuh dalam memerankan tugas masing-masing. Misalnya ada salah satu dari Team yang ditugaskan sebagai pengamat. Ibarat tangan yang terdiri dari 5 jari dan tiap jari mempunyai fungsinya masing-masing.

Akhirnya selesai sudah Quality Assurance (QA) Team menyelesaikan pertanyaan – pertanyaan menarik selama 3 jam 10 menit 10 detik. Memang tampak nyata wajah lelah dari para peserta Teamwork. Bagaimana tidak? Selama 3 jam lebih mereka harus detail untuk mendengarkan banyak VR yang bermacam – macam menitnya. Mulai dari 2 sampai 5 menitan. Konsentrasi dan kecepatan dalam mencatat percakapan pelanggan dengan agent sangat dibutuhkan tampaknya.

Mulai Lagi

Sekarang saatnya untuk Smart Team beraksi. Tepat pukul 13:00 WIB, Pak Andi Anugrah selaku ketua TBCCI 2016 memberikan pengarahan kepada para peserta sebelum memulai pertandingan. 200 soal Teka Teki Silang (TTS) selama 2 jam. Peserta tidak boleh membawa Handphone ataupun alat bantu lainnya. Yang boleh dibawa peserta hanyalah air putih ataupun kopi.

Aksinya Smart Team

Peserta Smart Team yang terdiri dari 16 peserta siap untuk bertanding. Tepat pukul 13:20 WIB pertandingan dimulai. Keseruan dan ketegangan kembali tercipta dari Smart Team ini. Kemampuan untuk mengetahui dengan tepat tentang banyak hal seperti pengetahuan akan Negara, Olah Raga, Musik, bahkan pengetahuan umum lainnya.

Berusaha untuk menjadi yang terbaik diantara yang baik. Berusaha untuk menjadi yang terpintar diantara yang pintar. Berusaha untuk lakukan yang terbaik bersama. Suasana kembali hening dan sesekali tampak beberapa peserta kebingungan mencari jawaban dari banyak pertanyaan. Panitia yang selalu sigap mengawasi para peserta menambah warna – warni Smart Team Competition ini.

Dari pengalaman TBCCI 2016 hari ini, kita mampu melihat jika sejatinya Perusahaan hebat adalah perusahaan yang memiliki karyawan yang mampu bekerja tidak hanya secara individu akan tetapi bagaimana caranya secara Team mereka mampu bekerja bersama untuk kebaikan bersama pula. Karena Sense of Belonging (SOB) sejatinya pasti selalu ada dalam diri seorang karyawan yang memiliki rasa kebersamaan satu sama lain.