Semangat Tanpa Surut

Persiapan perserta TBCCI 2016 hari kedua.
Persiapan perserta TBCCI 2016 hari kedua.

Selasa 2 Agustus 2016, pagi yang cerah mewarnai Gedung Kalbis Institutte Jakarta Timur. Hari ini adalah hari kedua para pejuang TBCCI 2016 berkompetisi, masih dengan euforia yang tak kalah seru dari hari pertama kompetisi The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2016. Di beberapa sudut ruang lantai 7 terlihat para peserta yang mendapatkan jadwal tampil lebih dahulu tengah sibuk menghafal materi presentasi, beberapa ada yang dibantu rekan mereka dengan tanya jawab. Pada hari kedua kompetisi ini ada 7 kategori, yaitu : kategori Team Leader Inbound, Best of the Best Team Leader, Supervisor, Best of the Best Supervisor,  Manager Contact Center, Best of the Best Agent dan Agent Premium.

Team Leader Inbound dan Best of the Best Team Leader

Supporter dari Telkom Indonesia hari ini pun masih ikut meramaikan acara dengan membawa “balon tepuk” dan semangat yang tak surut untuk memberikan dukungan. Mba Ade Novalti Sihombing dengan memakai atribut “batak” menyampaikan bahwa dia optimis tahun ini bisa ke Korea setelah menampilkan presentasi terbaiknya tadi. “Atribut ini hanya slogan untuk menunjukkan bahwa saya mewakili orang batak sekaligus untuk memeriahkan acara ini, Horas… semangat… I’m coming Korea!” ungkapnya dengan semangat. “Menjadi Team Leader Inbound merupakan anugerah yang saat ini saya rasakan dengan pekerjaan ini saya bisa berdiri di acara ini mewakili perusahaan ternama Telkom Indonesia, dengan kita mencintai pekerjaan yang kita kerjakan seiring dengan berjalan waktu penghargaan pasti kita akan dapatkan.” tambah Mba Ade di akhir wawancara kami.

Mba Windy Pasongli salah satu perwakilan dari BNI Life Insurance yang hari ini mewakili kategori Best of the Best Team Leader keluar ruangan dengan penuh senyuman dan dengan memakai mahkota bunga ala peri yang cantik jelita berjalan ke arah supporter-nya yang menyambut dengan riang. “LUAR BIASA …. senang, capek, dengan bercucuran keringat padahal di dalam ruangan AC tapi saya sampai keringetan, tapi sudah merasa lega karena sudah memberikan presentasi yang terbaik, tahun lalu saya sudah mengikuti acara ini dan berhasil menang ke Bangkok, untuk tahun ini harus yakin bisa meraih kemenangan itu lagi dan Go to Korea…” ungkapnya bangga. Karena tahun ini tidak diperbolehkan menggunakan kostum, maka ia memakai atribut ala peri untuk membuatnya merasa percaya diri saat tampil di depan juri.

Peserta perwakilan dari PT Bank MAndiri (Persero) Tbk
Peserta perwakilan dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Supervisor dan Best of the Best Supervisor

Perwakilan untuk kategori Supervisor dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. yaitu Ahmad ZamZam terlihat duduk santai di lantai usai presentasi. Kelegaan sudah pasti yang dirasakan setelah seluruh perjuangan dan kerja keras yang selama ini dipersiapkan, Mas Zamzam telah memberikan yang terbaik. Tentang hasil, beliau serahkan kepada Allah.

Berbeda dengan perwakilan untuk kategori Best of the Best Supervisor dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. yaitu Mas Ronald Putera Hutapea telah mempersiapkan diri untuk presentasi dengan matang. Menurut beliau ada satu hal yang ditekankan dalam menjadi supervisor, yaitu Happy. Beliau menginginkan bahwa setiap agent harus happy dalam melayani nasabah, dengan bahagia dan optimis maka bekerja akan menjadi semangat dan bisa membuat kinerja menjadi maksimal.

Manager Contact Center

Perwakilan dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. yaitu Mba Ike Yulindawati untuk kategori Manager Contact Center hari ini terlihat anggun dengan batik yang ia kenakan. Usai dari presentasi, beliau keluar ruangan dengan kelegaan dan senyum mengembang. Perempuan yang lebih sering disapa dengan nama Mba Ike ini menyampaikan bahwa sebenarnya persiapan yang dilakukan kurang maksimal karena sebelumnya beliau juga mewakili kategori coorporate dan beliau juga harus memberikan dukungan penuh kepada rekan-rekan agent binaannya yang tampil lebih dahulu.

“Mudahkan urusan orang lain maka urusanmu akan dimudahkan, dan alhamdulillah di waktu yang tidak banyak semua tanggung jawab saya dapat terselesaikan dengan baik dengan usaha terbaik saya tentunya. Masalah hasil itu adalah bonus menurut saya.” ungkap beliau dengan senyum yang begitu tulus. Di sisi lain kami temui Mba Rena yang juga menjadi perwakilan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk kategori yang sama. Wanita cantik berbusana serba hitam dan kerudung warna putih coklat ini mendapat jadwal tampil setelah jam makan siang, tapi begitu terasa kegelisahannya sehingga masih berlatih presentasi dibantu oleh rekannya.

Best of The Best Agent dan Agent Premium

Di ruang lain terlihat supporter dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. yang mendukung Deice Sefanya Setty dan Tiara Mahastuti untuk kategori Agent Premium. Mereka mewakili perusahaan berdiri disini mengikuti acara ini tidak lain adalah bentuk dedikasi kepada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk dan kedua menjadi salah satu perwakilan dari kategori Agent Premium. Tahun lalu mereka juga mengikuti acara ini. Mereka berharap dengan usaha yang maksimal mereka juga akan mendapatkan hasil maksimal.

Berbeda dengan Mas Rahadi Astono perwakilan PT DHL kategori Agent Premium, kelegaan jelas terpancar dari wajahnya yang terukir senyum saat keluar dari Ruang Tujuh dengan kamera di tangannya. Saat ditanya perihal kamera, beliau menyampaikan bahwa tema yang diambil dalam presentasinya adalah fotografi sesuai dengan hobby beliau. Dan ternyata  beliau adalah fotografer profesional loh! Wow… luar biasa yaa? Beliau juga menambahkan bahwa dengan mengambil tema yang sesuai dengan hobby, beliau berharap akan menambahkan nilai positif pada materi yang dibawakannya serta mendapatkan hasil sesuai dengan yang diharapkan.

Semangat para peserta TBCCI.
Semangat para peserta TBCCI.

Sisi lain yang tak tersentuh

Terlepas dari para peserta yang tampil membawakan presentasi dengan tema yang bermacam-macam, ada peserta lain yang tanpa kita sadari berjuang diam-diam. Mereka adalah Team Multimedia dan Team Writing Contest. Mereka yang berkeliaran memburu foto-foto terbaik dan cerita-cerita menarik. Mereka yang tak kenal lelah menyusuri setiap jengkal koridor lantai 7 dengan kamera menggantung dileher atau tangan terampil yang dengan posesif beradu pada tombol-tombol kamera serta tak tertinggal para penulis dengan perekam digenggaman. Mereka beredar dengan gencar, lalu tekun berkumpul dan terpaku di depan kotak hitam tipis beraliran listrik.

Seperti yang terlihat dari keakraban para peserta dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. Menurut salah satu dari mereka, Mas Windra peserta Talent Multimedia menyampaikan bahwa cukup melelahkan tapi happy. Happy ketika bisa memberikan yang terbaik untuk perusahaan, bekerjasama yang baik dengan rekan, bertemu dengan orang baru, mendapat pengalaman baru dan pengetahuan baru. Selain mereka ada juga peserta Writing Contest dari Pusintek Keuangan yang baru pertama kali ikut andil dalam kompetisi ini. Mereka adalah Mba Anggun dan Mas Febri, dimana Mas Febri juga mewakili kategori Agent Reguler. Luar biasa bukan?

Mereka semua bekerja keras, mereka terus bersemangat, mereka mempersembahkan yang terbaik yang mereka mampu. Mereka adalah peserta kategori Team Leader Inbound, Best of the Best Team Leader, Supervisor, Best of the Best Supervisor,  Manager Contact Center, Best of the Best Agent, Agent Premium, Talent Multimedia, Talent Writing Contest dan team panitia yang bekerja jauh lebih keras dengan mempersiapkan segala hal bahkan sebelum kompetisi ini dimulai. Semangat mereka tanpa batas, semangat mereka tak pernah putus, semangat mereka tak pernah surut. Terus berjuang meraih kemenangan!