Sayonaraaa.. TBCCI 2015

Taukah kawan… Bila air mengalir dari permukaan yang lebih tinggi itu karena berat jenis dan sifat air yang akan selalu berubah sesuai dengan bentuk di mana air itu berada. Sama halnya seperti kami para praktisi contact center yang harus selalu smart dan dapat menyesuaikan diri dalam kondisi dan keadaan apapun. Tapi tunggu dulu kawan… dilihat dari sifat air itu, bukan berarti kami harus berkepribadian ganda namun di contact center inilah kami belajar ke mana arah dan tujuan kami bermuara. Sehingga apabila air mengalir dari tempat yang lebih tinggi, kami akan memilih agar aliran itu mengalir ke laut melalui muara dan tidak mengalir ke parit kecil yang sempit dan kotor. Seperti halnya hari yang cerah ini 17 Mei 2015 di Jambore BUPERTA Cibubur, kami merumput kembali bersama para peserta Jambore The Best Contact Center Indonesia 2015. Kerja sama team diuji, ketangkasan dan kejujuran dipertaruhkan untuk mencapai tujuan dan cita – cita bersama.

Semangatnya Para Jamborers

Hari ini… hari kedua di Jambore sekaligus akan mengakhiri ajang perlombaan bergengsi The Best Contact Center Indonesia di tahun ini. Hijaunya rumput dan cerahnya mentari seakan mempersilahkan para pejuang contact center untuk dapat memperlihatkan kebolehanya demi nama baik perusahaan tercintanya. Dimulai dengan perlombaan memasak yang dimulai pukul 07.30 WIB setelah seluruh peserta melakukan sarapan pagi, sementara para supporter telah siap memberikan dukungan untuk teamnya masing – masing. Tepatnya disudut pendopo kempi 2, supporter dari Bank Central Asia telah bersiap dengan balon tepuknya memberikan semangat saat para peserta teamnya tengah beraksi.

Saat perlombaan memasak telah usai dan menunggu para juri dalam menilai hasil kreativitas masakan dari para peserta, lomba berikutnya pun dipersiapkan. Kali ini akan menguji kerja sama team, ketangkasan, ketelitian, kecepatan dan ketepatan setiap anggota team. Oh iyaa.. kejujuran pun disini akan diuji, dengan tidak membantu teamnya yang tengah mempunyai tugas dalam mencari kata dari sebuah buku yang diberikan panitia. Nama perlombaan ini adalah “Kata sandi buku” dimana masing – masing team akan dibagi menjadi dua kelompok yaitu dua orang yang bertugas sebagai pencari kata dibuku, mencatat kata yang telah didapat dan menyusun kata sandi pada buku yang diberikan panitia, sedangkan sisanya akan bertugas mencatat soal yang berupa “Kata” “baris” dan “Halaman”. Soal akan dimunculkan setiap 5 detik dan diberikan waktu 10 detik untuk dapat mencatat soal tersebut. Perlombaan ini menarik.. karena tantangannya adalah kelompok yang bertugas mencatat soal tersebut harus memberikan hasil catatan dengan berlari kencang kepada teamnya yang berada jauh dan bertugas mencari kata dan kebetulan juga mereka duduk membelakangi layar soal. Kecepatan, ketangkasan dan ketelitian sangat dipertaruhkan bukan..? begitu juga kerja sama.

PhotoGrid_1431847740796Kala perlombaan dimulai terdengar sorak sorai dari sesama team dan supporter yang datang mendukungnya di tepi lapangan. Hilir mudik saling mengadu kecepatan dalam menulis dan berlari memberikan soal kepada team yang bertugas mencari dan menyusun kata sandi tersebut. Sementara itu, terdengar konsekuenesi yang disampaikan oleh Pak Andi Anugrah melalui microphone dengan mengurangi nilai 10% apabila ditemukan team yang bertugas mencari kata sandi dibantu oleh temannya yang bertugas menulis soal. Perlombaan kembali berjalan dengan baik dan menegangkan setelah beberapa rule disampaikan kepada para peserta.

Di ujung perlombaan “Kata Sandi Buku” diumumkanlah jawaban tepat dari soal kata sandi tersebut, selamat ya… “Team Merah” yang mewakili Bank Central Asia telah menemukan jawaban yang sesuai. Nilai – nilai yang telah diperlombakan terus akan diakumulasikan sampai pengumuman pemenang yang akan disampaikan siang ini dalam penutupan Jambore pukul 14.00 WIB. Keseruan tidak hanya sampai perlombaan “Kata Sandi Buku” saja, masih ada lagi perlombaan yang menguji ketangkasan para pesertanya yang diaplikasikan dalam lomba “Labirin” dan “Water estafet”.

Intip – Intip Hasil Tenda

Ohh iya.. setelah kemarin sedikit kami ceritakan mengenai bagaimana upaya kerja sama para peserta Jambore dalam membangun tenda, kini kami akan memperlihatkan hasil yang telah mereka dapatkan. Hmmm seluruh team menghasilkan tenda yang bagus, unik dan tentunya masing – masing tenda memiliki tema.

Okey, kita mulai saja yah dari tenda buatan PT. Kereta Api Indonesia. Tenda buatan PT. Kereta Api Indonesia tahun ini mengusung tema “Carnaval Station”. Terlihat di depan tenda berdiri satu gapura besar berwarna merah kuning dan di lengkapi lampu yang selalu menyala secara bergantian.

Selanjutnya kita tengok tenda dari ASSA. Tenda buatan ASSA ini terlihat begitu sederhana dengan dihiasi beberapa property seperti gedung – gedung bertingkat. Hmmm mungkin maksudnya teman – teman ASSA ini ingin menunjukkan gadung tempat mereka bekerja yaa hehehe..

PhotoGrid_1431847094814

Berikutnya kita beralih ke tenda dengan gapura unik berbentuk headset bertuliskan “Welcome”. Dibagian dalam terdapat sebuah mobil dengan dilengkapi Mesin ATM dan customer service yang sedang duduk dan tersenyum ramah. Yahh tenda itu adalah tenda milik Bank Central Asia 1.

Ada 1 tenda yang menarik perhatian karena didesain sangat manis dengan dominasi warna merah. Terlihat lampion menggantung di gapura yang bertuliskan “Panin Town” dan terdapat bunga sakura yang ditempatkan di beberapa titik halaman, membuat tampilan dari seluruh desain tenda terlihat cantik.

Tenda milik Bank Mandiri 1 pun tidak kalah cantik dan unik. Tema yang di usung pada tenda milik Bank Mandiri ini adalah “Jungle”. Terlihat banyak sekali tanaman hidup yang sengaja di bawa oleh team Mandiri dan itulah yang membuat kesan seperti benar – benar berada di hutan.

PhotoGrid_1431847538140

Sebenarnya masih ada beberapa tenda dari team – team lainnya yang pastinya tidak kalah menarik dan unik. Seperti tenda milik Bank Mandiri 2, Bank Central Asia 2, Bank Indonesia, Astra World 1 dan 2, Bea Cukai, Telkom dan Pajak.

Kami percaya masing – masing dari tenda yang telah kalian buat memiliki keunggulan masing – masing dan pastinya bukan hanya seberapa bagus, unik dan lengkap yang dinilai dari dewan juri. Namun kekompakan kalian dalam membangun tenda menjadi sebuah tempat yang nyaman didatangi dan ditempati. Yahh seperti itu lah seharusnya Contact Center, bisa membuat nyaman para pelangggan yang datang dan menghubungi.

Mohon Like, Comment dan Share

3Nahh setelah teman – teman tadi disuguhkan pemandangan indahnya tenda yang telah di buat, kini kami berharap dukungannya. Caranya dengan me-like fanpage Indonesia Contact Center Assosiation, lalu cari artikel dengan judul “Goes To TBCCI 2015” “Si Cantik dan Pak Penghulu Terbang ke Macau” “One Two Threemusketer Action” “Luluhkan Hati Para Likers” “Merumput Bersama di BUPERTA” dan artikel terakhir “Sayonara TBCCI 2015”. Keseluruhan artikel dapat di share, like dan comment.

Dengan berakhirnya artikel ini berarti lomba TBCCI 2015 juga akan berakhir dan para pejuang TBCCI selamat ber dag dig dug ria yah menunggu hasil perjuangan kalian. Sampai bertemu lagi di lomba TBCCI tahun berikutnya.. Sayonara TBCCI 2015.