Published on 15 December 2022

Run Further, Faster, serta Platinum dengan Cara Luar Biasa, Emang Harus?

Words by:
avatar

Annisa Nur Fauzi

15 Desember 2022 – Menutup akhir tahun 2022, ICCA mengundang dua pemenang Platinum Best of The Best TBCCI 2022 dalam acara Expert Class pagi ini. Pembicara pertama dibuka oleh Qurrata A’yun, pemenang Best of Best Agent CS/Outbound dari Ditjen Perbendaharaan Kemenkeu.

Wanita yang akrab disapa Aan ini mengawali kariernya sejak tahun 2021 sebagai seorang agent email di HAI DJPb. Pada awal tahun 2022 lalu, ia pun akhirnya ditugaskan sebagai Customer Service di tempat kelahirannya, tepatnya di KPPN Bima, Nusa Tenggara Barat.

Dalam pemaparannya, Aan membagikan pengalaman serta berbagai perbedaan yang ia rasakan saat menjadi Agent Email dan Customer Service. Sebelumnya, ia berkata bahwa Aan hanya berhadapan dengan komputer dan tidak terlalu mementingkan penampilan. Tak hanya itu, waktu kerjanya pun cenderung sudah pasti.

Tentu hal ini sangat berbeda dengan pekerjaannya saat ini, yang mana Aan lebih sering bertemu dengan orang langsung dan tentunya penampilan menjadi sangat penting baginya. Selain itu, jam kerjanya pun tidak menentu, terkadang ia juga harus melayani lebih pagi dan selesai pada malam hari.

Selanjutnya, Aan juga membagikan beberapa tips untuk sobat ICCA yang mungkin akan mengikuti ajang TBCCI di tahun 2023. Tips yang dibagikan oleh Aan cukup lengkap, mulai dari tes tertulis, pemilihan tema presentasi, hingga wawancara dengan dewan juri.

Pembicara pada sesi berikutnya, yaitu Yogi Prabowo dari Bank Central Asia. Yogi merupakan pemenang Platinum Best of Best Quality Development pada ajang TBCCI 2022.

Bergabung sejak tahun 2019, Yogi diberikan kesempatan untuk menjadi seorang Trainer di Halo BCA dengan berbagai tugas dan tanggung jawab, di antaranya developing modul atau kurikulum, teaching, evaluating & reporting, serta motivating dan coaching. Dalam menjalankan tugasnya tersebut, Yogi pun memiliki beberapa kompetensi yang mumpuni, seperti training needs analysis, conceptual thinking, delivery skill, serta kemampuan dalam memotivasi dan coaching.

Karena kebutuhan headcount di Halo BCA site Semarang cukup tinggi dan cepat, maka kegiatan training pun tidak pernah berhenti. Untuk itu, Yogi mencoba untuk terus beradaptasi dan berkreasi dengan menciptakan program kerja yang ia namakan, “Training Akselerasi.”

Tidak hanya itu saja, dalam kesempatan ini, Yogi juga menjelaskan kreativitas yang ia miliki untuk menjalankan program kerja tersebut serta do’s and don’ts dalam mengikuti ajang perlombaan The Best Contact Center Indoenesia.

Terima kasih kepada seluruh partisipan yang telah hadir pagi ini. Semoga pemaparan yang disampaikan oleh pembicara dapat bermanfaat, serta dapat diimplementasikan dalam pekerjaan masing-masing ataupun pada perlombaan TBCCI di tahun berikutnya!💃🙌 (ANF)

%d bloggers like this: