Annisa Nur Fauzi
Selasa, 26 September 2023 bertempat di Birawa Hall Bidakara Hotel, Jakarta. Seluruh rangkaian perlombaan The Best Contact Center Indonesia 2023 telah selesai dilaksanakan. Sebanyak 66 perusahaan dari berbagai industri di Indonesia turut ikut serta dalam ajang perlombaan bergengsi ini. Perlombaan diawali pada 25 Januari 2023 dengan acara Launching TBCCI 2023 yang dibawakan oleh para pengurus ICCA, yang membahas terkait update program kerja hingga penjelasan mengenai perlombaan kategori Individual, Teamwork, dan Korporat Program.
Registrasi atau pendaftaran untuk perlombaan TBCCI 2023 ini mulai dibuka dari 25 Januari– 31 Mei 2023. Selain perlombaan, ada beberapa rangkaian kegiatan TBCCI 2023, di antaranya Pembekalan dan Tryout untuk kategori Individual yang dilaksanakan pada 16 – 17 Juni dan 23 – 24 Juni 2023. Lalu, dilanjutkan dengan Pembekalan dan Tryout Korporat Program pada 3 Juli 2023, serta kategori Teamwork pada 13 – 14 Juli 2023.
Selain itu, kegiatan perlombaan The Best Contact Center Indonesia 2023 dimulai dengan Kategori Individual Tahap 1, yaitu ujian online pada 18 Juli 2023, yang diikuti oleh 538 peserta. Ujian online ini terdiri dari 60 kategori dan dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom. Setiap peserta mengerjakan ujian online menggunakan aplikasi quiz bernama Scorecard yang didukung oleh Telexindo Bizmart.
Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan lomba kategori Teamwork yang berlangsung selama dua hari, yakni pada 1 – 2 Agustus 2023. Kategori ini dilaksanakan secara tatap muka yang bertempat di Direktorat Jenderal Bea & Cukai diikuti oleh 143 tim dengan masing-masing dua peserta di dalam satu tim.
Perlombaan dilanjutkan kembali dengan kategori Individual Tahap 2, yakni presentasi dan sesi wawancara. Periode pengumpulan slide presentasi dimulai pada 24 – 31 Juli 2023, lalu lanjut ke sesi tanya jawab yang dilakukan secara offline di Hotel Bidakara Jakarta pada 7 – 10 Agustus dan 21 – 23 Agustus 2023. Penilaian sesi tanya jawab tatap muka ini dilakukan oleh Dewan Juri Vote Lock, yang terdiri dari para praktisi contact center serta pengurus dari ICCA. Dalam sesi ini, terdapat 153 juri yang bertugas pada 5 ruangan selama 7 hari.
Kategori terakhir yang diperlombakan berikutnya, yaitu Kategori Program Korporat. Kategori ini diselenggarakan pada 11 – 13 September dan 18 – 21 September 2023 di Hotel Bidakara Jakarta, yang terdiri dari 7 sub kategori yang diperlombakan. Pada perlombaan ini, ICCA menghadirkan 22 Juri yang berasal dari berbagai negara. Juri Internasional pada kategori Program Korporat, di antaranya Gratiano Yeung (Roojai) dari Thailand, Joyce Poon (HKCCA) Hong Kong, Sarun Vejsupaporn (TCCTA) Thailand, Jeannie Quek (Webhelp) Malaysia, Andrew Chong (Brandt Business) Malaysia, Jolene Chew (Republic Polytechnic) Singapura, Chris Thomas (School of Hospitality Republic Polytechnic) Singapura, Malcolm Angell (Consultant) Australia, Chutima Tnawitkitikorn (BoonRawd) Thailand, Steve Pels (Contact Centre Action) Australia, Sudibyo Susanto Indonesia, Justin Loh (NICE) Singapura, Endang Rachmawati (Cisco) Indonesia, Juliet Lee (AVAYA) Singapura, Fook Yee Chan (Eunoia CX) Malaysia, Steven Khor (Cognizant) Malaysia, Chiew Sin Kwang (Daythree) Malaysia, Andy Gozali (Revcomm) Indonesia, Noorhilmi Ali Singapura, Depi Rahayu (HP/POLY) Indonesia, Deepak Selvaratnam (Snapshotz) New Zealand, dan Andrew Leo (CCAS) Singapura.
Sebagian besar Juri Internasional menilai presentasi serta sesi wawancara peserta Korporat Program secara tatap muka, dan sebagian melalui Zoom. Perusahaan yang mengikuti lomba ini mendapatkan penghargaan sesuai dengan akumulasi nilai yang diraih, di antaranya Bronze dengan skor 60 – 69, Silver 70 – 79, Gold 80 – 89, dan Platinum dengan skor 90 – 100.
Sebelum menuju acara puncak TBCCI 2023, ICCA juga turut menyelenggarakan Contact Center Conference & Exhibition yang bertajuk, “Elaborate, Engage, Empower.” Acara conference ini menghadirkan para pembicara profesional dan terkemuka dari berbagai industri dan juga negara di Asia Pasifik. Contact Center Conference & Exhibition kembali diselenggarakan di Birawa Hall, Hotel Bidakara Jakarta pada 25 September 2023, yang dihadiri oleh ratusan insan praktisi contact center di Indonesia.
Selain itu, The Best Contact Center Indonesia 2023 telah mencatat sejarah dengan memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) dengan tajuk rekor “Kompetisi Layanan Pelanggan oleh Praktisi Terbanyak.” Prestasi luar biasa ini tentunya menegaskan komitmen ICCA yang tak kenal lelah terhadap inovasi dan keunggulan dalam industri contact center. Bukan hanya sebuah pengakuan atas pencapaian ICCA dalam menyelenggarakan ajang ini, penghargaan rekor MURI ini juga mencerminkan pertumbuhan, komitmen, dan pengembangan individu yang berdedikasi dalam industri contact center di Indonesia.
Jumlah pemenang untuk kategori Individual, yakni 210 peserta dari 60 sub kategori, kategori Teamwork sebanyak 48 pemenang dari 12 sub kategori, serta pemenang Korporat Program sebanyak 137 pemenang dari 7 sub kategori. Peraih penghargaan terbanyak telah ditetapkan sebagai TOP 10 dalam ajang ini, yaitu 9th Runner Up diraih oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk, 8th Runner Up diraih oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, 7th Runner Up diraih oleh PT PLN ICON Plus, 6th Runner Up diraih oleh PT Global Tiket Network, 5th Runner Up diraih oleh BLIBLI, 4th Runner Up PT Kereta Api Indonesia (Persero), 3rd Runner Up Bank Indonesia, 2nd Runner Up diraih oleh KEMENKEU – KLIP Ditjen Pajak, 1st Runner Up diraih oleh PT PLN (Persero), serta Grand Champion kembali dinobatkan kepada juara bertahan, yakni PT Bank Central Asia Tbk.
Pengumuman penghargaan sekaligus penyerahan hadiah, yaitu Awards Ceremony 2023 diadakan secara offline di Birawa Hall, Hotel Bidakara Jakarta, pada 26 September 2023. Selain itu, acara Awards Ceremony ini juga disiarkan secara langsung (LIVE) pada channel Youtube ICCA.
Para pemenang kategori Individual, Teamwork, dan Korporat Program akan mendapatkan hadiah berupa medali Platinum, Gold, Silver, dan Bronze, serta sertifikat dari ICCA untuk masing-masing sub kategori. Tak hanya itu, seluruh pemenang dalam ajang TBCCI 2023 ini juga mendapatkan hadiah berupa benchmarking. Kategori Individual untuk pemenang Platinum akan Benchmarking ke Thailand, Gold akan Benchmarking ke Yogyakarta dan Semarang, Silver akan Benchmarking ke Yogyakarta, dan Bronze akan Benchmarking ke Semarang. Sedangkan untuk pemenang Teamwork Platinum dan Gold akan benchmarking ke Yogyakarta dan Semarang, serta pemenang Silver dan Bronze akan benchmarking ke Semarang.
Hadiah bagi para pemenang platinum program korporat adalah 1 paket conference CC APAC Malaysia atau 1 tiket Lomba CC APAC bagi pemenang platinum peraih TOP 10 TBCCI 2023. Kompetisi akan melahirkan praktisi-praktisi yang berprestasi, sejalan dengan misi ICCA untuk terus membangun SDM unggul untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi pelanggan.
Terima kasih kepada seluruh sponsor, di antaranya Revcomm – Miitel, Avaya, HP – Poly, Mastersystem – Cisco CBA, NICE, Genesys, Intelix – eCentrix, Tetherfi, Kayreach Zoom, Jabra, Telexindo Bizmart, PLN ICON+, Aruwa, Phintraco Group, Selindo Alpha, dan Abdi Jaya Integra atas dukungan yang diberikan sepanjang penyelenggaraan TBCCI 2023. ICCA akan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan pelayanan contact center di Indonesia. (ANF)
Panitia Pelaksana
The Best Contact Center Indonesia 2023 Indonesia Contact Center Association (ICCA)
Contact : Info@icca.co.id atau Whatsapp : 08118075599
You must be logged in to post a comment.