Published on 27 September 2022

PRESS RELEASE: #GoForPlatinum The Best Contact Center Indonesia 2022

Words by:
avatar

Andi Anugrah

Seluruh rangkaian perlombaan The Best Contact Center Indonesia 2022 telah selesai dilaksanakan. Sebanyak 50 perusahaan dari berbagai industri di Indonesia turut ikut serta dalam ajang perlombaan bergengsi ini. Perlombaan diawali dengan acara Launching TBCCI 2022 pada 2 Februari 2022, yang dibawakan oleh para pengurus ICCA serta membahas terkait update program kerja hingga penjelasan mengenai perlombaan kategori Individual, Teamwork, dan Korporat Program.

Registrasi atau pendaftaran untuk perlombaan TBCCI 2022 ini mulai dibuka dari 2 Februari – 31 Mei 2022. Selain perlombaan, rangkaian kegiatan TBCCI 2022, di antaranya ada Pembekalan dan Tryout untuk kategori Individual yang dilaksanakan pada 24 – 25 Juni & 1 – 2 Juli 2022. Lalu, dilanjutkan dengan Pembekalan dan Tryout untuk kategori Teamwork pada 22 Juli 2022.  

Selain itu, kegiatan perlombaan The Best Contact Center Indonesia 2022 dimulai dengan Kategori Individual Tahap 1, yaitu ujian online pada 18 Juli 2022, yang diikuti oleh 484 peserta. Ujian online ini terdiri dari 52 kategori dan dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom. Setiap peserta mengerjakan ujian online menggunakan aplikasi quiz bernama Scorecard yang didukung oleh Telexindo Bizmart.

Lalu, dilanjutkan dengan lomba kategori Teamwork yang berlangsung selama dua hari, yakni pada 8 – 9 Agustus 2022. Dengan menggunakan aplikasi quiz yang sama seperti ujian online Individual, yaitu Scorecard Telexindo, kategori Teamwork dilaksanakan secara virtual dan diikuti oleh 76 tim dengan masing-masing dua peserta di dalam satu tim.

Perlombaan dilanjutkan kembali dengan kategori Invidual Tahap 2, yakni video presentasi dan sesi wawancara. Periode pengumpulan video presentasi dimulai pada 1 – 5 Agustus 2022, lalu lanjut ke sesi tanya jawab yang dilakukan secara online pada 22 – 31 Agustus 2022. Penilaian sesi tanya jawab online ini dilakukan oleh Dewan Juri Vote Lock, yang terdiri dari para praktisi contact center serta pengurus dari ICCA. Dalam sesi ini, terdapat 134 juri yang bertugas pada 5 ruangan Zoom selama 6 hari.

Kategori yang diperlombakan berikutnya, yaitu Kategori Korporat Program. Kategori ini diselenggarakan pada 5 – 14 September 2022, yang terdiri dari 7 sub kategori yang diperlombakan. Pada pelombaan ini, ICCA menghadirkan 16 Juri yang berasal dari berbagai negara Asia Pasifik. Juri Intenasional pada kategori Korporat Program, di antaranya Deepak Selvaratnam (Snapshotz) dari New Zealand, Chapman Lam (HKCCA) Hong Kong, Aritoshi Hanakawa (CRTM) Jepang, Sarun Vejsupaporn (TCCTA) Thailand, Steven Khor (Cognizant) Malaysia, Jolene Chew (Republic Polytechnic) Singapura, Joyce Poon (HKCCA) Singapura, Prof. Buston CHU (Hong Kong Polytechnic University) Hong Kong, Chris Thomas (Singapore Republic Polytechnic) Singapura, Kenneth Chong (CCAS) Singapura, Bill Yang (TCCDA) Taiwan, Steve Pels (Contact Centre Action) Australia, Manoj Menon (Twimbit) Singapura, Vinod Srinivasan (Tetherfi) Singapura, Juliet Lee (Avaya) Singapura, dan Lily L Shen (HSBC) dari China.

Seluruh Juri Internasional menilai video presentasi serta sesi wawancara peserta Korporat Program secara online melalui aplikasi Zoom. Perusahaan yang mengikuti lomba ini mendapatkan penghargaan sesuai dengan akumulasi nilai yang diraih, di antaranya Bronze dengan skor 60 – 69, Silver 70 – 79, Gold 80 – 89, dan Platinum dengan skor 90 – 100.

Sebelum menuju acara puncak TBCCI 2022, ICCA juga turut menyelenggarakan Contact Center Digital Exhibition & Conference yang bertajuk, “Contact Center: Recover Together, Recover Stronger.” Acara conference ini menghadirkan para pembicara profesional dari berbagai industri dan juga negara di Asia Pasifik. Contact Center Digital Exhibition & Conference diselenggarakan di Birawa Hall, Hotel Bidakara Jakarta pada 21 September 2022, yang dihadiri oleh ratusan para insan praktisi contact center di Indonesia.  

The Best Contact Center Indonesia 2022 kembali mencetak sejarah di dunia contact center Indonesia dengan melahirkan para pemenang baru dengan segala inovasi dan ide luar biasa yang mereka ciptakan. Jumlah pemenang untuk kategori Individual, yakni 208 peserta dari 52 sub kategori, kategori Teamwork sebanyak 32 pemenang dari 8 sub kategori, serta pemenang Korporat Program sebanyak 101 pemenang dari 7 sub kategori.

Peraih penghargaan terbanyak telah ditetapkan sebagai TOP 10 dalam ajang ini, yaitu 9th Runner Up diraih oleh PT Indonesia Comnets Plus, 8th Runner Up diraih oleh PT Bank BTPN Tbk, 7th Runner Up diraih oleh PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, 6th Runner Up diraih oleh PT Link Net Tbk, 5th Runner Up diraih oleh PT Kereta Api Indonesia, 4th Runner Up BLIBLI, 3rd Runner Up Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan DJP, 2nd Runner Up diraih oleh Bank Indonesia, 1st Runner Up diraih oleh PT PLN (Persero), serta Grand Champion kembali dinobatkan kepada juara bertahan, yakni PT Bank Central Asia Tbk.

Pengumuman penghargaan sekaligus penyerahan hadiah, yaitu Awards Ceremony 2022 diadakan secara offline di Birawa Hall, Hotel Bidakara Jakarta, pada 22 September 2022. Selain itu, acara Awards Ceremony ini juga disiarkan secara langsung (LIVE) pada channel Youtube ICCA.

Para pemenang kategori Individual, Teamwork, dan Korporat Program akan mendapatkan hadiah berupa medali Platinum, Gold, Silver, dan Bronze, serta sertifikat dari ICCA untuk masing-masing sub kategori. Tak hanya itu, seluruh pemenang dalam ajang TBCCI 2022 ini juga mendapatkan hadiah berupa benchmarking dan wisata dalam negeri, dengan destinasi tujuan di antaranya, kategori Individual Platinum:  Jakarta – Semarang – Malang, Gold: Jakarta – Semarang – Yogyakarta – Solo, Silver: Jakarta – Solo– Yogyakarta – Semarang, Bronze: Jakarta – Semarang. Sedangkan untuk pemenang Teamwork, Platinum dan Gold: Jakarta – Semarang – Yogyakarta, Silver dan Bronze: Jakarta – Semarang.

Pemenang lomba telah diumumkan, serta penghargaan sudah diserahkan seluruhnya. Bapak Andi Anugrah, selaku Ketua Indonesia Contact Center Association (ICCA) mengatakan bahwa dengan ini, selesai sudah kompetisi The Best Contact Center Indonesia 2022. Ajang ini berhasil melahirkan para pemenang dengan wajah-wajah baru, serta pemenang bertahan dengan segala prestasi dan inovasi mereka, yang tentunya membanggakan bagi perusahaan maupun negeri.

Terima kasih kepada seluruh sponsor, di antaranya Avaya, Telexindo Bizmart, Tetherfi, Genesys, Bank Mandiri, Indonesia Comnets Plus, Talkdesk, Mastersystem Cisco Gold Partner, NICE, Verint, Aruwa, Bank BTPN, JD.ID, Prosa.ai, Poly, Vads Indonesia, Phintraco Group, Snapshotz, Twimbit, dan Exotel, atas dukungan penuh selama berlangsungnya kegiatan TBCCI 2022 ini. Bersama ICCA, mari kita tingkatkan kualitas sumber daya manusia dan kualitas pelayanan contact center di Indonesia. Selamat dan sukses menyertai kita semua #GoForPlatinum! (ANF)

Informasi lebih lanjut hubungi Helpdesk ICCA

Whatsapp:       0811 807 5599

Email:              info@icca.co.id