Yesica Dyah Oktavia
Rangkaian lomba The Best Contact Center Indonesia 2020 telah dilaksanakan. Dimulai dengan Lomba Kategori Individual Tahap 1 yaitu Online Test pada 23 September 2020, yang diikuti oleh lebih dari 265 peserta. Online Test ini dilaksanakan secara virtual dan menggunakan aplikasi online. Dilanjutkan dengan lomba presentasi kreativitas individu dalam bentuk video presentasi dan Tanya Jawab Online pada 5-14 Oktober 2020, diikuti oleh 255 peserta. Lomba ini dinilai oleh dewan juri vote lock, yang terdiri dari praktisi contact center dan pengurus ICCA. Kurang lebih 90 juri bertugas pada sesi tanya Jawab Online yang terbagi dalam 3 ruangan virtual (zoom meeting) selama 7 hari. Ada 31 kategori yang dilombakan yang terbagi dalam level Agent sampai Manager.
Peserta individu dibagi dalam peserta non pemenang (regular) dan peserta yang pernah menang (best of the best). Setiap kategori ada 4 pemenang yaitu Platinum, Gold, Silver dan Bronze. Pemenang individu akan mendapatkan hadiah berupa Medali, 3 gram emas bagi pemenang Paltinum, 2 gram emas bagi pemenang Gold, 1 gram emas bagi pemenang Silver & Bronze serta sertifikat dari ICCA.
Selanjutnya selama 2 hari telah berlangsung lomba Teamwork , yaitu 26 & 27 Oktober yang dilaksanakan secara virtual (online) dengan 5 kategori lomba yaitu The Best Quality Team, The Best Smart Team, The Best Reporting Team, The Best Scheduling Team dan The Best Telesales Team. Lomba ini diikuti oleh 25 Tim dengan 2 orang peserta dalam setiap tim.
Hadiah bagi pemenang Lomba Teamwork adalah Plakat Penghargaan, 2 gram emas masing-masing 1 gram untuk pemenang Platinum, 1 gram emas masing-masing 0.5 gram untuk pemenang Silver & Bronze serta Sertifikat dari ICCA.
Kategori berikutnya yang dilombakan adalah Program Korporat pada 2-11 November 2020, dengan format virtual assessment yang diikuti oleh 60 kategori. Lomba ini menghadirkan 12 juri dari anggota CC APAC dan praktisi contact center dari Asia Pasific. Juri Korporat terdiri dari Andrew Chong (Brandt International), Sean Mather (Auscontact), Fiona Keough (Auscontact), Kenneth Chong- Contact Centre Association of Singapore (CCAS), Dave Giblin (Genesys), Byron Fernandez – Contact Centre Association of Malaysia (CCAM), Bill Yang -Taiwan Contact Center Development Association (TCCDA), Augustin du Payrat (Avaya), Jeannie Quek- SELLBYTEL Services Malaysia Sdn. Bhd., Sarun Vejsupaporn-Thai Contact Center Trade Association (TCCTA), Joyce Poon – China Call Center & CRM Association (CNCCA) dan Lily L. Shen – China Call Center & CRM Association (CNCCA).
Kategori Korporat yang dilombakan terdiri dari The Best Contact Center Operations, The Best Business Contribution, The Best Customer Experience, The Best Digital Media Innovation, The Best Technology Innovation, The Best People Development, dan The Best Employee Engagement. Perusahaan yang telah mengikuti virtual assessment ini mendapatkan penghargaan sesuai dengan hasil score yang diraih. Penghargaan Bronze dengan score 60-69, Silver dengan score 70-79, Gold dengan score 80-89 dan Platinum dengan score 90-100. Pemenang mendapatkan Plakat Penghargaan dari ICCA untuk setiap kategori.
Tahun ini The Best Contact Center Indonesia 2020 telah mencetak sejarah baru dengan lahirnya inovasi-inovasi baru dan para pemenang baru dari industri contact center yang bertanding di ajang ini. Sepuluh peraih penghargaan terbanyak telah ditetapkan sebagai Peraih Peringkat TOP 10 yaitu Runner Up 9 diraih oleh OVO dengan 1 Platinum, 3 Gold, 1 Silver, 2 Bronze. Runner Up 8 diraih oleh Link Net dengan 1 Platinum, 5 Gold, 1 Silver. Runner Up 7 diraih oleh Perusahaan Gas Negara dengan 2 Platinum, 1 Gold, 2 Silver, Bronze. Runer Up 6 diraih oleh Bank Negara Indonesia dengan 2 Platinum, 3 Gold dan Bronze. Runner Up 5 diraih oleh Bank BTPN dengan Platinum, 2 Gold, 4 Silver dan 1 Bronze. Runner Up 4 diraih oleh Coca-Cola Amatil Indonesia dengan 5 Platinum, 2 Gold, 2 Silver. Runner Up 3 diraih oleh Blibli dengan 5 Platinum, 5 Gold, 1 Silver dan 1 Bronze. Runner Up 2 diraih oleh Bank Indonesia dengan 5 Platinum, 10 Gold, 4 Silver, 7 Bronze. Runner Up 1 diraih oleh Perusahaan Listrik Negara dengan 7 Platinum, 2 Gold, 7 Silver dan 2 Bronze. Dan sebagai peraih penghargaan dan medali terbanyak adalah Bank Central Asia dengan 20 Platinum, 15 Gold, 6 Silver dan 5 Bronze. Sekaligus ICCA menobatkan Bank Central Asia sebagai Pemenang Grand Champion The Best Contact Center Indonesia 2020.
Acara Pengumuman Penghargaan (Awards Ceremony) dilaksanakan pada 20 November yang disiarkan secara virtual dan live pada channel Youtube ICCA. Sedangkan prosesi penyerahan penghargaan dan hadiah dilaksanakan di DoubleTree by Hilton Hotel Room Makara 3. Setiap perusahaan pemenang menerima penghargaan secara langsung yang diserahkan oleh Ketua ICCA beserta Pengurus.
Seluruh pemenang telah diumumkan dan penghargaan telah diserahkan, sehingga tuntas sudah kompetisi tahun ini The Best Contact Center Indonesia 2020 yang telah melahirkan para pemenang baru dan pemenang yang tetap bertahan dengan prestasi yang membanggakan.
Selamat dan sukses menyertai kita semua. Bersama ICCA mari kita tingkatkan kualitas sumberdaya manusia dan kualitas pelayanan contact center di Indonesia.
(Jakarta, 20 November 2020 – AR).