Published on 17 September 2024

Press Release: Awards Ceremony The Best Contact Center Indonesia 2024

Words by:
avatar

Rizka Endah Agustin

Rabu, 11 September 2024 – Setiap tahun lomba The Best Contact Center Indonesia dipersiapkan berdasarkan umpan balik dari anggota. Hal ini menjadikan kompetisi The Best Contact Center Indonesia sebagai barometer operasional contact center dan menjadi contoh bagi negara lain. Panitia berupaya mempersiapkan berbagai hal dalam kerangka yang sistematis.

Rangkaian perlombaan The Best Contact Center Indonesia 2024 resmi ditutup dengan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah dalam acara Awards Ceremony. Acara ini berlangsung di Birawa Hall, Hotel Bidakara Jakarta, dalam dua sesi. Sesi pagi khusus pengumuman pemenang kategori Individual, sesi siang untuk kategori Teamwork dan Korporat Program, serta pengumuman Top 10 The Best Contact Center Indonesia 2024.

Acara ini menjadi puncak apresiasi bagi seluruh peserta yang telah berkompetisi dalam berbagai kategori, serta menjadi wadah inspiratif bagi industri contact center Indonesia untuk terus berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Dengan dukungan semua pihak, sehingga 68 perusahaan bergabung dalam kompetisi ini. Terdaftar 612 peserta individual mengikuti 65 kategori lomba individual, 143 team mengikuti 7 kategori lomba program inovasi, dan 107 team mengikuti 12 kategori lomba teamwork. Sehingga total peserta mencapai 1114 peserta.

Rangkaian perlombaan diawali dengan acara Seminar Contact Center pada 31 Januari 2024, sekaligus Launching TBCCI 2024. Dalam acara tersebut, para pengurus ICCA membahas terkait update program kerja hingga penjelasan mengenai perlombaan kategori Individual, Teamwork, dan Korporat Program.

Untuk membekali peserta, panitia melakukan pembekalan peserta korporat, individual, dan teamwork secara virtual pada bulan Mei 2024. Pembekalan tersebut diikuti oleh lebih dari 1000 peserta. Kemudian peserta mengumpulkan materi presentasi, dilanjutkan dengan sesi perlombaan secara tatap muka. Kegiatan perlombaan Individual The Best Contact Center Indonesia 2024 dilaksanakan pada 19 – 24 Agustus 2024 dengan 7 ruangan meeting di Hotel Bidakara Jakarta dan melibatkan 175 juri. Tahap presentasi dilaksanakan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan Ujian Tulis berbasis komputer yang dilaksanakan sehari setelah presentasi. Hasil lomba menunjukkan peningkatan pada nilai presentasi dan peningkatan pada nilai ujian. Lebih dari 395 peserta atau 64% peserta yang lulus ujian.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan lomba Kategori Program Korporat. Kategori ini diselenggarakan pada 2 – 5 September 2024 di Hotel Bidakara Jakarta, yang terdiri dari 7 sub kategori yang diperlombakan. Pada perlombaan ini, ICCA menghadirkan 22 Juri yang berasal dari berbagai negara. Juri Internasional pada kategori Program Korporat di antaranya Fran Southward, Chapman Lam, Chan Fook Yee, Celine Chan, Robin Chen, Tommy Ng, Joyce Poon, Steffi H JE, Sarun Vejsupaporn, Boyd Satit, Noorhimli Ali, Malcolm Angell, Augustin du Payrat, Justin Loh, Ash Ramsammy, Juliet Lee, Amit Sirohi, Vineeth Nayak, Faiz Baharudin, Sudibyo, Rosaline Oh, dan Andy Gozali.

Para Juri Internasional menilai presentasi dan wawancara peserta Korporat Program secara tatap muka, hanya dua juri yang melakukan penilaian melalui Zoom. Perusahaan yang mengikuti lomba ini mendapatkan penghargaan sesuai dengan akumulasi nilai yang diraih, di antaranya Bronze dengan skor 60 – 69, Silver 70 – 79, Gold 80 – 89, dan Platinum dengan skor 90 – 100.

Kategori terakhir yang diperlombakan berikutnya, yaitu kategori Teamwork yang berlangsung selama tiga hari, yakni pada 3 – 5 September 2024. Lomba teamwork menguji berbagai kompetensi yang dibutuhkan di contact center seperti reporting, scheduling, telesales, quality assurance, data analytics, dan pengujian pengetahuan. Lomba yang dilaksanakan secara tatap muka ini memberikan semangat baru dan peserta mampu melewati berbagai tantangan dengan menyelesaikan dengan baik.

Sebelum menuju acara puncak TBCCI 2024, ICCA juga menyelenggarakan Indonesia Contact Center Conference & Exhibition yang bertajuk, “Innovative Customer Service: Building AI-Powered Contact Center.” Acara conference ini menghadirkan para pembicara profesional dan terkemuka dari industri contact center dan teknologi. Indonesia Contact Center Conference & Exhibition ini diselenggarakan di Birawa Hall, Hotel Bidakara Jakarta, pada 9 – 10 September 2024, yang dihadiri oleh ratusan insan praktisi contact center di Indonesia.

Jumlah pemenang untuk kategori Individual, yakni 268 pemenang dari 65 sub kategori, kategori Teamwork sebanyak 48 pemenang dari 12 sub kategori, serta pemenang Korporat Program sebanyak 143 pemenang dari 7 sub kategori. Peraih penghargaan terbanyak telah ditetapkan sebagai TOP 10 dalam ajang ini, yaitu:

9th Runner Up diraih oleh Otoritas Jasa Keuangan

8th Runner Up diraih oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

7th Runner Up diraih oleh Blibli

6th Runner Up diraih oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk

5th Runner Up diraih oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) 

4th Runner Up diraih oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

3rd Runner Up diraih oleh Bank Indonesia

2nd Runner Up diraih oleh PT PLN (Persero)

1st Runner Up diraih oleh KEMENKEU – KLIP Ditjen Pajak, serta 

Grand Champion dinobatkan kepada PT Bank Central Asia Tbk

Para pemenang kategori Individual, Teamwork, dan Korporat Program akan mendapatkan hadiah berupa medali Platinum, Gold, Silver, dan Bronze, serta sertifikat dari ICCA untuk masing-masing sub kategori. Tak hanya itu, seluruh pemenang dalam ajang TBCCI 2024 ini juga mendapatkan hadiah berupa benchmarking. 

Kategori Individual untuk pemenang Platinum akan benchmarking ke Korea Selatan, Gold akan benchmarking ke Thailand, Silver akan benchmarking ke Singapura dan Malaysia, dan Bronze akan benchmarking ke Malaysia. Sedangkan untuk pemenang Teamwork Platinum dan Gold akan benchmarking ke Yogyakarta dan Semarang, serta pemenang Silver dan Bronze akan benchmarking ke Semarang. 

Hadiah bagi perusahaan peraih predikat Platinum pada program korporat adalah 1 paket Site Visit CC APAC Singapura, dan berhak untuk ikut serta dalam perlombaan CC APAC Awards 2024 mewakili Indonesia.

Terima kasih kepada seluruh sponsor, di antaranya AVAYA | ACA Pacific, ESIgo | ZOOM, NICE | Mastersystem, Tetherfi, Kore.ai, Telexindo, Salesforce | Telcowin Indonesia, KPSG, Aruwa, Exotel, Phintraco Group, Selindo Alpha, Abdi Jaya Integra, Radikari, Ecentrix, Orlig, Jabra, Nubitel, Vonage, HP | Poly, dan Tel-Access. 

Tetaplah kreatif untuk berinovasi. Mari melayani pelanggan dan tunjukkan kontribusi contact center. (REA)


Panitia Pelaksana

The Best Contact Center Indonesia 2024, Indonesia Contact Center Association (ICCA)

Contact: info@icca.co.id atau Whatsapp: 08118075599