Pengalaman Pertama Mengikuti Lomba, Bukan Sebuah Penghalang Bagi Blibli.com Untuk Meraih Penghargaan Di TBCCI 2019.

Shanty Cantya selaku VP Customer Experience Blibli.com

Blibli.com adalah pelopor toko online di Indonesia hasil karya anak bangsa yang berkomitmen menyediakan pengalaman berbelanja yang aman, nyaman, mudah, menyenangkan dan bisa dilakukan dimana saja, juga kapan saja. Pada ajang kompetisi The Best Contact Center Indonesia 2019, Blibli.com berpartisipasi dalam mengikuti kompetisi ini yang juga merupakan pengalaman pertama bagi Blibli.com dalam mengikuti kompetisi ini. Pada tanggal 5 November 2019, ICCA mendapat kesempatan berkunjung ke customer care Blibli.com yang berada di Mangga Dua, Jakarta untuk bertemu dengan VP Customer Experience yaitu Shanty Cantya yang memberikan pengalaman Blibli.com dalam mengikuti ajang The Best Contact Center Indonesia 2019. 

Pengalaman pertama kali dalam mengikuti kompetisi TBCCI ini, Blibli.com melakukan persiapan selama 2 bulan dengan melakukan beberapa persiapan seperti seleksi talent atau peserta yang akan ikut lomba, melakukan elaborasi ide yang dimiliki dan mengatur strategi yang baik. Dari beberapa persiapan tersebut dengan waktu 2 bulan tak menutup kemungkinan Blibli.com untuk mendapatkan penghargaan, dan pada kompetisi TBCCI 2019 ini Blibli.com berhasil menyabet 8 penghargaan dari masing-masing kategori lomba yang diikuti. 

Dengan mengikuti ajang yang bergengsi ini, Blibli.com juga sangat merasakan manfaat dan juga kesan yang dirasakan seperti networking dengan memiliki teman-teman baru yang bisa sharing informasi satu sama lain dalam service industry dan semakin mengukuhkan eksistensi dalam dunia contact center di Indonesia. Pada peranan contact center dalam dunia e-commerce, each and every step dari customer journey sangatlah critical bagi Blibli.com, yang dimana setiap fase ada satu kegagalan service saja, bisa sangat berpengaruh dan sangat bergantung pada kepercayaan customer. Untuk itu peranan contact center sangatlah dibutuhkan untuk dapat mengakomodir perbedaan ekspektasi dari customer. 

Pergerakan dan perubahan yang sangat dinamis dalam dunia e-commerce seperti perubahan yang cukup pesat pada produk yang disediakan. Hal ini perlunya untuk meningkatkan kualitas knowledge management dan people development  seperti halnya Blibli.com dalam mensupport agent dengan memberikan training setiap kalinya agar betul-betul terupdate sehingga dapat memberikan informasi yang tepat kepada customer. Dalam hal ini meningkatan kualitas knowledge pada agent sangatlah penting selain sebagai pusat informasi bagi customer, agent juga harus memberikan pelayanan terbaik bagi customer. 

Dengan persiapan 2 bulan dan mendapatkan penghargaan pada kompetisi TBCCI 2019, dirasakan belum cukup bagi Blibli.com untuk fokus dalam mengikuti kompetisi ini. Pada kompetisi mendatang Blibli.com siap untuk kembali bersaing dalam kompetisi para insan contact center ini dengan betul-betul fokus dan meraih penghargaan yang lebih baik lagi. Blibli.com juga mengharapkan dalam ajang TBCCI kedepannya untuk memberikan ruang kepada peserta yang mengikuti kompetisi ini dalam mengembangkan kreativitasnya, meyesuaikan tahapan tes dengan masing-masing function dan dapat memberikan penilaian kepada peserta sebagai service champion. (TN)