Pengalaman Baru Menjadi Haru Ketika Tahu Kemenangan Itu Adalah Milikmu

Kegiatan Winner Sharing yang rutin diadakan di Graha Seti setiap hari Jumat, umumnya menghadirkan dua orang pembicara dari berbeda perusahaan. Dan pada kegiatan Winner Sharing Jumat tanggal 13 Desember 2019, selain menghadirkan pembicara dari PT PLN (Persero) kali ini ICCA menghadirkan juga pembicara dari PT Pertamina (Persero). Eliesa Liestiani Suganda yang juga diundang untuk membagikan pengalamannya dalam mengikuti kompetisi TBCCI 2019 dan berbagi pengetahuan mengenai operasional kerja di Contact Pertamina 1500 000. Wanita kelahiran Sukabumi 4 Oktober 1992 ini, telah bergabung dengan Contact Pertamina sejak dua tahun lalu, bermula sebagai Agent Voice hingga saat ini sebagai Agent Digital sesuai dengan kategori yang diikutinya pada kompetisi TBCCI 2019 yang juga berhasil memenangkan penghargaan Silver dalam kategori The Best Agent Digital.

Dalam mengikuti kompetisi TBCCI 2019, merupakan tantangan baru bagi Eliesa. Menurutnya dunia Contact Center ini merupakan dunia yang baru bagi Eliesa, karena Eliesa merasa tidak ada basic sama sekali di contact center maupun ilmu komunikasi. Dalam hal ini Eliesa merasa tertantang dan harus mampu untuk mengikuti ajang The Best Contact Center Indonesia ini, dan ia mampu membuktikannya menjadi seorang pemenang. Selama persiapan mengikuti kompetisi TBCCI ini, Eliesa setiap hari terus belajar untuk menguasai materi mengenai contact center. Untuk menguasai materi dalam lomba presentasi, Eliesa membuat script demi memudahkan dalam pembawaan materi, dan mencoba mempresentasikan dihadapan rekan-rekannya untuk meminta masukan dimana letak kekurangan dalam presentasi yang akan dibawakannya agar dapat membawakan presentasi semaksimal mungkin pada saat lomba berlangsung.

Kebahagiaan pada malam penghargaan The Best Contact Center Indonesia 2019, sangat dirasakan sekali oleh Eliesa ketika ia mengetahui nama dirinya muncul dilayar besar yang berada diatas panggung. Dirinya merasa sangat lega ketika kemenangan diraih olehnya, sehingga Eliesa semakin terpacu dan mampu membuktikannya, juga memberikan yang terbaik bagi perusahaan walaupun ini merupakan dunia baru baginya. Dari kemenangannya ini Eliesa mendapatkan kesempatan pergi ke Thailand, selain jalan-jalan Eliesa lagi-lagi belajar mengenai contact center pada saat site visit ke contact center DHL di Thailand.

Dari sharing yang disampaikan oleh Eliesa, memacu banyak sekali pertanyaan dari para peserta dari mulai operasional hingga pertanyaan mengenai lomba yang ditanyakan oleh peserta yang juga baru sekali bergabung dan belum tahu bagaimana lomba TBCCI “ Kalau tes yang di  lombakan ini apa saja sih tahapan-tahapannya?”

“Kalau tahapan tesnya itu ada tes tertulis dulu, lalu ada tes presentasi. Karena memang aku pertama kali ikut ICCA, jadi bener-bener belajar aja gitu dan itu bener-bener baru buat aku dan aku bener-bener gak tau awalnya istilah-istilah yang ada di contact center. Sampai aku bener-bener belajar sama temen-temen dan bener-bener diskusi aja gitu”

Dunia Contact Center memang dunia baru bagi Eliesa, dan mengikuti kompetisi TBCCI juga merupakan hal baru baginya. Tapi dari hal baru tersebut, Eliesa sangat memiliki keberanian untuk mencoba bagaimana berkomunikasi dan berlatih untuk membawakan presentasi yang baik. Maka hal ini dapat dijadikan sebuah motivasi, bahwa dengan mecoba kita bisa tahu dan mengukur dimana tingkat keberanian kita untuk tampil dan membuktikan bahwa kita bisa melakukan hal yang terbaik untuk mendapatkan suatu pencapaian dalam hidup. (TN)

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.