Pelaksanaan Tryout Individual Online TBCCI 2020

Setelah Tryout Teamwork Online dilaksanakan pada 8 – 10 September 2020, rangkaian ajang The Best Contact Center Indonesia 2020 dilanjutkan dengan Tryout Individual Online. Diselenggarakan selama 4 hari berturut-turut pada 14 – 17 September 2020, Tryout Individual Online ini dipandu langsung oleh Andi Anugrah selaku ketua ICCA didampingi oleh Anita Rizqiana sebagai salah satu pengurus ICCA.

Dalam pelaksanaannya, Tryout Individual Online ini dibedakan durasi waktunya berdasarkan kategori yang diikuti dan jadwal yang telah ditetapkan. Untuk kategori Leader seperti Team Leader Inbound, Supervisor, Manager, BTB Leader dan BTB Manager peserta diberikan durasi waktu 120 menit. Sama halnya dengan kategori Support dengan sub kategori Quality Assurance, IT Support, Desk Control & Trainer, serta BTB Support yang diberikan durasi waktu selama 120 menit.

Tentu durasi tersebut berbeda dengan kategori Inbound dan Digital serta Customer Service dan Outbound yang diberikan waktu 60 menit. Kegiatan Tryout Individual Online ini dilaksanakan secara Virtual melalui Aplikasi Zoom Meeting. Peserta dapat menyelesaikan materi Tryout dalam sebuah aplikasi yang telah disediakan oleh panitia. Dengan waktu pengerjaan Tryout yang cukup, peserta menjawab pertanyaan yang terdiri dari 50 soal berdasarkan materi dari kategori yang mereka ikuti.

Selama Tryout berlangsung, peserta diwajibkan untuk membuka tampilan video dari aplikasi zoom masing-masing. Dengan begitu panitia yang bertugas dapat dengan mudah memantau peserta agar tidak ada tindak kecurangan yang dilakukan. Selama kegiatan berlangsung juga banyak peserta yang berusaha menyesuaikan diri dalam mengerjakan soal-soal Tryout dengan menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh panitia.

Ada beberapa kendala yang dihadapi peserta seperti kendala jaringan, cara mengoperasikan aplikasi ujian dan Zoom, hingga materi ujian yang tidak familiar. Kendala materi ujian mendorong peserta untuk belajar dan mempersiapkan dirinya lebih baik. Kendala yang dihadapi peserta juga menjadi perhatian bagi panitia untuk terus berupaya meminimalisir kendala tersebut pada saat ujian Test Individual Online yang akan diselenggarakan pada 23 September mendatang.

Setelah kegiatan Tryout selesai, peserta melakukan pembahasan soal bersama-sama. Hal tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan peserta dan memaksimalkan pengetahuan mereka untuk hasil yang lebih baik. Dalam kegiatan pembahasan ini peserta diperbolehkan mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang mereka anggap sulit kepada Andi Anugrah secara langsung.

Sama seperti sesi Tryout Individual Online, sesi pembahasan ini dilakukan secara Virtual namun disiarkan secara langsung melalui Youtube Channel Andi Anugrah. Pembahasan demi pembahasan terasa semakin menarik, khususnya setelah masuk pada materi berhitung pada kategori Leader dan Support. Melalui Youtube Channel Andi Anugrah, tayangan pembahasan disimpan untuk para peserta. Hal tersebut bertujuan agar peserta masih dapat mengaksesnya berulang kali hingga sebelum ujian demi memudahkan mereka dalam proses belajar.

Banyak hal yang dapat dipelajari oleh peserta juga panitia dalam penyelenggaraan Tryout Individual Online ini. Semoga dengan kegiatan yang telah berjalan ini, peserta akan semakin siap dan matang menghadapi Test Online Individual yang menjadi salah satu indikator penentu dalam meraih medali Platinum di ajang The Best Contact Center Indonesia. #GoForPlatinum #TheBestCCI2020  (WH)