Pelaksanaan Tryout dan Pembekalan Sub-Kategori The Best Smart Team TBCCI 2021

Rabu, 4 Agustus 2021 – Sebelum memulai perlombaan The Best Contact Center Indonesia 2021, ICCA selaku panitia menyelenggarakan pembekalan dan tryout untuk peserta sub-kategori Teamwork, yaitu The Best Smart Team dan The Best Quality Team. Untuk sesi pertama, para peserta sub-kategori The Best Smart Team mengikuti tryout dan pembekalan yang dibawakan oleh Bapak Andi Anugrah selaku Ketua ICCA.

Pembahasan pertama dalam tryout dan pembekalan kali ini yaitu terkait ketentuan perlombaan. Pertama, setiap peserta diwajibkan untuk menyalakan kamera melalui aplikasi zoom pada saat perlombaan berlangsung. Selain itu dalam pengerjaan soal, setiap peserta akan menggunakan aplikasi Scorecard yang telah dibuat oleh panitia. Aplikasi tersebut hanya bisa diakses atau login oleh satu orang untuk setiap tim. 

Bagi para pemenang kategori Teamwork di perlombaan periode sebelumnya, tidak diperbolehkan bertanding kembali dengan formasi tim yang sama. Pada tahun ini, terdapat 13 perusahaan yang mengikuti perlombaan The Best Smart Team dan akan terbagi  menjadi dua grup, yaitu small group dan large group. 

Terdapat 7 perusahaan yang masuk pada small group, yaitu PT Adi Sarana Armada Tbk, PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia, Bank Indonesia, Badan POM, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia, PT Perusahaan Gas Negara Tbk, dan PT PAM Lyonnaise Jaya. Sementara untuk large group terdiri dari 6 perusahaan, yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank BTPN Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Cakra Radha Mustika (Kalbe Group), dan PT PLN (Persero).

Perlombaan pada kategori The Best Smart Team akan dibagi menjadi dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final. Pada babak penyisihan, 13 perusahaan yang bertanding akan dipilih berdasarkan pembagiannya, yaitu 4 tim dari small group dan 4 tim dari large group untuk masuk ke babak final guna memperebutkan juara platinum, gold, silver, dan bronze.

Pada perlombaan kategori The Best Smart Team, setiap peserta akan mengerjakan soal online yang disediakan oleh panitia. Soal tersebut berupa istilah-istilah terkait pengetahuan contact center dan pelayanan. Setiap peserta dalam perlombaan ini akan dibagi menjadi beberapa ruangan sendiri dengan timnya. Setiap peserta bisa melakukan share screen untuk mengerjakan soal bersama dengan diawasi oleh satu panitia pada setiap ruangan.

Secara teknis pada  babak penyisihan, setiap tim akan mengerjakan soal sebanyak 100 pertanyaan. Sedangkan untuk babak final, setiap tim hanya mengerjakan 50 soal. Setiap tim akan mendapatkan materi dan jumlah soal yang sama, tetapi hanya urutannya yang berbeda karena akan diacak oleh sistem. 

Setiap tim akan diberikan waktu sekitar 60 detik atau satu menit untuk menjawab satu soal. Semakin cepat dan tepat menjawab soal, maka akan semakin tinggi nilai yang didapatkan oleh peserta. Contoh, jika peserta menjawab soal dengan sisa waktu 10 detik, maka target waktu (60 detik) akan dikurang dengan waktu sisa menjawab, lalu dikalikan dengan jumlah karakter yang benar.

Rumus perhitungan nilai sebagai berikut. Nilai= (Target waktu – sisa waktu menjawab) x Jumlah karakter yang benar. Kemungkinan antar setiap tim mendapatkan nilai yang sama sangatlah kecil. Jika ada nilai yang sama, maka panitia akan mengambil peserta dengan waktu yang tercepat dalam pengerjaan soal.

Jawaban dari setiap pertanyaan akan diberikan sebuah “Key Letter” berupa satu huruf. Yang letaknya bisa di akhir, di tengah, atau di awal kata. Selain itu, jawaban dari soal bisa meliputi imbuhan, baik awalan maupun akhiran. Jawaban pun bisa terdiri dari 1 sampai 3 kata atau sesingkat-singkatnya hanya 3 huruf.. 

Setiap tim harus lebih hati-hati dan teliti dalam menjawab pertanyaan. Jika klik next, maka akan lanjut ke soal berikutnya dan tidak bisa kembali ke soal sebelumnya. Jika klik submit, maka dinyatakan sudah selesai mengerjakan semua soal. Saat perlombaan berlangsung, jika salah satu koneksi peserta terputus atau disconnect, maka peserta bisa tetap mengerjakan soal berikutnya dan kehilangan satu soal. Peserta juga diimbau untuk meng-capture hasil atau nilai yang muncul setelah selesai mengerjakan semua soal.  

Dengan adanya kegiatan tryout dan pembekalan ini, diharapkan agar peserta dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi perlombaan sub-kategori The Best Smart Team pada 28 September 2021. #GoForPlatinum. (ANF)