Published on 1 July 2020

Online Sharing ICCA Bersama BNPB “Contact Center Kebencanaan 117 BNPB”

Words by:
avatar

Alyah Amalia

Bambang Surya Putra, Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB

Di awal bulan Juli ini ICCA kembali mengadakan online sharing bersama Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, Bambang Surya Putra. Kegiatan yang dilaksanakan pada 1 Juli 2020 ini dipandu langsung oleh Andi Anugrah selaku Ketua ICCA. Online Sharing yang berlangsung selama kurang lebih dua jam dan dimulai pada pukul 10:00 WIB ini diikuti oleh 42 peserta anggota ICCA.

Dengan adanya layanan contact center, BNPB ingin mewujudkan komitmen untuk lebih dekat dengan masyarakat dalam memberikan pelayanan terbaik sehingga penanganan bencana dapat dilakukan lebih cepat. Demi memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan pelaporan kondisi darurat bencana, mempercepat penanganan kondisi darurat dan mengurangi dampak yang ditimbulkan dalam keadaan darurat, masyarakat dapat menghubungi Call Center BNPB dengan nomor tunggal 117.

Tingginya angka laporan kebencanaan selama enam bulan terakhir periode 1 Januari-30 Juni 2020 ini merupakan sebuah ujian yang harus dihadapi oleh call center BNPB 117. Dengan total bencana sekitar 1.552 per enam bulan terakhir ini membuat BNPB harus terus memberikan pelayanan yang prima. Untuk itu, BNPB terus melakukan pengembangan sebagai kewajiban pemerintah dalam memenuhi hak warga masyarakat untuk perlindungan dalam kondisi darurat.

Bambang Surya Putra juga memaparkan berbagai macam informasi dan data seputar bencana yang sering terjadi di berbagai wilayah di Indonesia seperti tanah longsor, banjir, gunung Merapi dan cuaca ekstrim yang selalu meningkat setiap tahunnya, serta berbagai tantangan dalam penanganan kondisi kedaruratan bencana.

Ada beberapa feedback dan pertanyaan yang diajukan peserta Online Sharing kali ini. Salah satunya adalah feedback yang disampaikan oleh Netty Hartawati dari Ditjen Bea Cukai perihal kebijakan dan prosedur pengiriman barang impor untuk APD dan masker yang dibutuhkan oleh beberapa rumah sakit di Indonesia bersama para tenaga medis. Dalam Sharing kali ini, ada juga informasi yang disampaikan oleh Evi Riawati selaku salah satu pengurus ICCA yang aktif sebagai trainer bagi Agent Disabilitas. Evi menyampaikan dukungannya kepada BNPB untuk turut membantu menyalurkan para Agent Disabilitas bagi kebutuhan call center BNPB 117.

Banyaknya topik bahasan yang dipaparkan seperti Sebaran Data Covid-19, dukungan informasi dan komunikasi publik Covid-19 dan layanan call center BNPB 117 membuat peserta yang mengikuti kegiatan Online Sharing ini mendapatkan banyak manfaat. Salah satu manfaat tersebut adalah mendapatkan informasi yang akurat mengenai kebencanaan dan mengetahui cara-cara Contact Center BNPB 117 dalam penanganan kasus dan pelaporan yang ada.