Nuansa Tradisional Dalam Kegiatan One Day Seminar Contact Center Public Services

Kegiatan One Day Seminar Contact Center Public Services

Setelah kegiatan Site Visit Contact Center to Halo BCA, dan berbagai kegiatan lainnya seperti Winner Sharing yang rutin diadakan setiap hari Jumat, kini ICCA bekerjasama dengan Ditjen Bea Cukai melaksanakan kegiatan seminar dalam satu hari yaitu One Day Seminar Contact Center Public Services yang dimulai pukul 08.00-15.30 WIB pada hari Selasa, 27 November 2019 yang diadakan di Aula Merauke Ditjen Bea Cukai. Kegiatan ini mengundang praktisi contact center dan seluruh member ICCA sehingga dapat menghadirkan kurang lebih 200 orang yang ikut serta dalam kegiatan One Day Seminar ini.

Berkat kerjasama ICCA dengan Bea Cukai, kegiatan ini juga didukung dengan konsep yang sangat unik dengan mengusung tema tradisional yang dapat mengingatkan akan masa kecil kita, dari mulai penataan ruangan, panggung, souvenir, kupon makan hingga makanan yang dipilih. Penataan ruangan dan panggung yang diaplikasikan dengan pepohonan dan menghadirkan peralatan tradisional seperti kentongan bambu, bakul anyaman, nampan-nampan anyaman dari bambu hingga menghadirkan sepeda ontel jaman dulu yang sangat mendukung dan membawa kita akan nostalgia masa kecil dan menikmati suasana pedesaan.

Berbagai makanannya pun menghadirkan jajanan-jajanan beserta gerobak-gerobaknya langsung yang berjejer rapih di belakang kursi-meja peserta, dan peserta juga diberikan souvenir unik dari Ditjen Bea Cukai seperti goodie bag yang berisi sebuah pulpen dan buku catatan juga diberikan botol minum yang berlogo Bea Cukai dan sudah berisi air yang dapat di refill juga. Selain itu peserta diberikan uang pecahan 2000 dan 5000, uang ini bukan uang asli namun merupakan sebuah voucher makan yang berupa uang mainan dan dapat ditukarkan dengan makanan yang telah tersedia.

Kegiatan ini dimulai dengan Opening Ceremony yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Ibu Anita Rizqiana selaku pengurus ICCA, dan pembacaan Janji Praktisi Contact Center oleh Bapak Rendar Mahardika Putra yang juga selaku pengurus ICCA. Sambutan pertama dibawakan oleh Bapak Muhamad Mufti Arkan selaku Kepala Sub Direktorat Penyuluhan dan Layanan Informasi – Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga dan sambutan kedua oleh Bapak Andi Anugrah selaku ketua ICCA. Tidak hanya sambutan yang dibawakan oleh Bapak Andi Anugrah, Bapak Andi juga memberikan Case Study mengenai Manage Services of Contact Center Public. Dimana pada saat sesi bertanya disediakan aplikasi slido bagi peserta untuk mengajukan pertanyaan.

Pada kesempatan ini ICCA juga menghadirkan beberapa pembicara pada sesi Diskusi Panel Technology Sharing for Public Services yaitu Bapak Sudibyo dari Selindo Alpha yang membahas mengenai CX Technology in Public Services dan Bapak Arif Mufti dari Ivosights yang  membahas mengenai Digital Channel For Contact Center. Pada diskusi ini memberikan kesempatan pada para peserta yang ingin bertanya dari pembahasan yang telah disampaikan oleh para pembicara. Setelah itu, seluruh peserta yang hadir diberikan case study Current Issue Bravo Bea Cukai 1500225, mengenai pemahaman apa itu jastip atau jasa titipan barang dari luar negeri yang disampaikan oleh Bapak Djanurindro Wibowo selaku Kepala Subdirektorat Impor Direktorat Teknis Kepabeanan.

Dilanjutkan dengan menghadirkan para pemenang Platinum The Best Contact Center Indonesia 2019 dalam sesi Diskusi Panel Individual Winner Sharing (Public Services). Para pemenang ini tentunya dihadirkan dari Bravo Bea Cukai 1500225 yang telah mengikuti kompetisi TBCCI 2019 dan berhasil menyabet penghargaan medali platinum seperti Nurmalita Amelia Nugrahaningsih Pemenang Platinum The Best Agent Digital Small, Linda Amanda Pemenang Platinum The Best Agent Lembaga Publik dan Amelia Melacania pemenang Platinum The Best Team Leader Small. Ketiganya tersebut juga berbagi tips dan trik dari persiapan lomba higga proses lomba tes tertulis dan presentasi. Ketiganya juga membagikan pengalamannya benchmarking ke luar negeri dan ibadah Umroh sebagai hadiah yang diterima dari mengikuti kompetisi ini.

Dan pada sesi akhir acara dilakukan Summary Feedback of Corporate Awards oleh Pengurus ICCA dan membuka kesempatan untuk berdiskusi dengan Bapak Andi Anugrah selaku Ketua ICCA untuk menyampaikan aspirasi dari peserta maupun pengurus ICCA sebagai perbaikan khusunya pada penyelenggaraan TBCCI mendatang dalam sesi Discussion of Next TBCCI. Setelah selesainya seluruh rangkaian acara, para peserta diajak untuk site visit ke contact center  Bravo Bea Cukai 1500225 yang tidak jauh dan berdampingan dengan Aula Merauke Bea Cukai. Peserta dapat melihat-lihat bagaimana suasana contact Center Bravo Bea Cukai 1500225 dan dapat bertanya seputar pelayanan contact center Bravo Bea Cukai 1500225. Dan itulah berbagai rangkaian acara yang telah dilaksanakan, berharap pada kegiatan ini memberikan manfaat juga pengetahuan lebih luas megenai Contact Center Public Services. (TN)

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.