My wonderfull trip to be a winner

 

Peserta Quality Team Kring Pajak

Kalimat pertama yang terlontar dari mulut kami ketika menyaksikan Peserta Teamwork yang berkompetisi di ajang TBCCI 2016 adalah HEBAT! Yup,, kami sebagai penulis sangat bangga akan para peserta yang hebat ini. Entah itu karena totalitasnya, keinginannya untuk menang, atau hal – hal lain yang tidak bisa kami sebutkan satu persatu disini *yang pasti bukan karena ingin diving di Raja Ampat hahahaha*. Hal pertama yang memotivasi diri kami untuk menulis tentang kegiatan ini pertama kalinya adalah dikarenakan selama kami menjadi Agent Contact Center belum pernah sekalipun yang namanya kami menguliti lebih dalam mengenai kompetisi paling bergengsi di TBCCI 2016 ini. Pada TBCCI 2015 yang diadakan di Balai Kartini tahun lalu kami hanya sebagai tim hore alias peserta yang belum menengok kanan dan kiri atas keberhasilan dari Team perusahaan yang lain. Nah dikarenakan hal inilah, kami ingin sekali mengetahui apa yang dilakukan para peserta yang mengikuti Lomba tahun 2016 ini, tentu saja sebelum puncak acara TBCCI 2016 ICCA tercinta ini. Kami dapat mengetahui betul semua tahapan test dimana para pengujinya adalah juri dari berbagai latar belakang dan insan Contact Center sendiri, yang pada intinya mereka menguji kesiapan peserta untuk mengikuti Lomba ini.

Nah sekarang kami mulai mengenal setiap karakter dan usaha peserta yang ada di dalam ajang ini. Dimana mereka harus menguasai semua materi yang akan diujikankan. Kendala memang tidak lepas dari acara ini, peserta harus pontang – panting memutar otak untuk mempersiapkan diri mulai dari materi, kekompakan dan juga konsentrasi yang digunakan saat mengerjakan soal tes yang akan mereka dapatkan. ya??ckckck..* dan lain sebagainya. Pokoknya kalau melihat totalitas para peserta, rasanya pengen ngulek sambel sambil goyang kayang aja deh bawaannya! Namun semua itu terbayar lunas ketika mereka berhasil menyajikan yang terbaik di TBCCI 2016 . Meski impian semua peserta sebenarnya adalah naik diatas podium gala diner sambil berteriak, “KAMI JUARAAAAA!!!!”.

Di hari ke 9 ini, suasananya sangat berbeda dengan hari-hari sebelumnya. Setiap Team yang terdiri dari 3 orang akan mengerjakan sebuah tes dari panitia, baik dalam bentuk tertulis maupun listening. Kami berhasil mewawancarai beberapa peserta dan mengorek lebih dalam apa saja sih persiapan dari setiap perwakilan perusahaan dalam ajang ini. Yang pertama adalah dari PT. Pertamina.

Della salah satu peserta Smart Team dari Contact Pertamina
Della salah satu peserta Smart Team dari Contact Pertamina

Salah satu anggota Team yang tampil dari PT. Pertamina adalah Della yang dari penampilannya tampak sudah sangat siap akan acara pada hari ini. Pada hari ini, Della sapaan akrab dari Della dengan 2 rekannya yang lain mengikuti kategori Smart Team. Menurutnya acara pada hari ini sangat menarik sekali karena mengasah kemampuan untuk dirinya dan Team, yang mana sebagai seorang Agent Contact Center pengetahuan ini sangat dibutuhkannya untuk melaksanakan tugas. Untuk mencapai kemenangan pada hari ini,Team dari Pertamina telah mengikuti Try Out dan mengadakan diskusi bersama untuk menambah pengetahuan umum yang paling update. Bagaimana mengenai kesiapan Team ? “Insya Allah 100% kesiapannya karena belajarnya juga 100%” ujarnya secara yakin dan mantab. Bagaimana harapan untuk TBCCI berikutnya? “Harapan TBCCI kedepan kegiatannya lebih semarak lagi dan yang ikut lebih banyak dapat hadiahnya juga biar semua punya kesempatan buat jalan-jalan” niat yang sungguh mulia.

Peserta kedua yang berhasil kami wawancarai berasal dari PT PAM Lyonnaise Jaya (Palyja) yang diwakili oleh Suryanto. Berbeda dengan Team yang lain Palyja mengikuti TBCCI baru ditahun ini. Suryanto yang memegang posisi sebagai Operation Manager ini merasa optimis bahwa Teamnya akan menang.

Smart Team PT PAM Lyonnaise Jaya
               Smart Team PT PAM Lyonnaise Jaya

Bagaimana si mas pendapatnya mengenai acara ini? “ya harapanya kan Contact Center dari setiap perusahaan itu mengetahui standarisasi dari Contact Center, nah acara TBCCI ini kan barometer yang diujikan adalah standarisasi dari Contact Center itu sendiri, sehingga sangat bermanfaat bagi insan Contact Center”. Untuk masalah kesiapan, Team dari Palyja ini sudah sangat matang, hal ini dapat dilihat dari kekompakan mereka dalam berbusana. Untuk harapan kedepan mereka ingin mengulangi moment yang indah ini kembali dangan cara tercatat sebagai peserta di TBBCCI tahun berikutnya.

Dan akhir kata kami mengucapkan salam sukses buat para peserta yang telah tampil di tahun ini. kami mengucapkan banyak terima kasih sekali lagi untuk para peserta yang menginspirasi dan memberi semangat baru pada kami.

Sampai bertemu di Gala Dinner TBCCI 2016 dan Sampai bertemu lagi di Ajang TBCCI 2017. Salam #Energibaik