Published on 11 January 2023

Meraih Platinum dengan Berbagai Cara, Mulai dari KEPO hingga Memakai Heels

Words by:
avatar

Andi Anugrah

10 Januari 2023 – Winner Sharing pertama di tahun 2023 telah selesai diselenggarakan. Sesi pagi ini diawali oleh pembicara dari PT Jaring Synergi Mandiri, yaitu Ardinasari. Perempuan yang akrab disapa Dina ini merupakan pemenang Platinum pada kategori The Best Agent Inbound TBCCI 2022. Dina membagikan beberapa tugas dan tanggung jawab yang ia lakukan sebagai Agent Inbound di unit contact center Polytron. Tugas tersebut di antaranya 5M (mendengarkan, menyimak, memahami, mencatat, memberikan informasi selama panggilan berlangsung), pusat informasi, dan solusi pelanggan.

Selanjutnya, Dina juga berbagi seputar pengalaman pelayanan yang ia alami selama bekerja menjadi seorang Agent. Untuk membantu proses pelayanan tersebut, ia memiliki sebuah kreativitas yang dinamakan KEPO. Metode KEPO ini merupakan singkatan dari Knowing, Explaining, Patience, dan Organizing. Di akhir, Dina pun berbagi tips dan trik yang ia lakukan saat mengikuti TBCCI tahun lalu. “Sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik,” itulah salah satu prinsip yang Dina jadikan anutan selama bertanding. “Lakukan persiapan semaksimal mungkin dari sekarang agar menuai hasil yang lebih baik di hari esok,” tutup Dina.

Sesi kedua dilanjutkan oleh Aniq Shofiyal Huda dari Bank Central Asia. Pria kelahiran Pati, Jawa Tengah ini merupakan pemenang Platinum The Best Team Leader Outbound TBCCI 2022. Dalam pemaparannya, Iyal membagikan tugas dan tanggung jawab, serta kompetensi yang ia miliki sebagai Team Leader di layanan DRO Halo BCA. Tugas Iyal sebagai Team Leader Outbound, yakni develop team, motivate team members, serta evaluate progress & achive goals. Dalam menjalani tugasnya sehari-hari, Iyal pun didukung dengan beberapa kompetensi yang mumpuni, di antaranya planning coordinatiion execution, leadership, communication skill, serta problem solving.

Sebagai seorang Leader, tentu Iyal memiliki program kerja guna membantunya dalam meraih pencapaian tim. Program kerja tersebut bernama CHESS, yaitu Check team members (identifikasi karakteristik, identifikasi performa), Hours map (pemetaan waktu), Emphasize skill (menguasai beberapa project), Special rewards, dan Sharing tactic. Sebelum menutup sesi ini, Iyal memberikan beberapa tips kepada sobat ICCA supaya bisa menjadi seorang Champion. Tipsnya antara lain memberikan usaha yang terbaik, fokus pada tiap tahapan kompetisi, sharing bersama orang-orang yang berpengalaman, serta percaya diri dan selalu berpikir positif.

Pembicara terakhir pada Winner Sharing hari ini, yaitu Maria Margaretha dari PT PLN (Persero). Pemenang Platinum The Best Telemarketing TBCCI 2022 ini membawakan materi dengan tema, “The Power of High Heels.” Hampir setiap hari dipakai membuat Maria menjadikan sebuah heels sebuah inspirasi baginya dalam menjalani tugas di dunia Telemarketing. Ia pun membagi tugas dan tanggung jawabnya tersebut berdasarkan pada bagian-bagian heels, seperti Insole (melakukan edukasi), Heel (melakukan penawaran & penjualan), dan Vamp (membuka dimensi komunikasi yang luas dengan para prospek).

Dalam kesempatan ini, Maria juga menceritakan salah satu pengalamannya dalam menawarkan produk PLN. Maria berkata bahwa ia mampu melakukan penawaran untuk pemasangan daya dengan biaya yang cukup besar, yaitu sebesar 1,2 Miliar. Tentunya, ia berhasil melakukan hal tersebut berkat beberapa kreativitas yang ia miliki, di antaranya Size (mengukur tingkat komplain prospek), Category (memahami kebutuhan prospek), Final (menjamin kepuasan pelanggan).

Dengan keberhasilan dan pencapaian yang Maria raih, ia pun berbagi seputar standar kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang Telemarketing. Standar kompetensi tersebut, antara lain Marketing, Communication, dan Problem Solving. Lalu, tak lupa Maria juga memaparkan tips dan trik jitu dalam mengikuti perlombaan The Best Contact Center Indonesia. (ANF)