Mengulik Permainan Ketangkasan Accuracy Team

Permainan Accuracy Team

Lomba Teamwork kategori Ketangkasan Accuracy Team The Best Contact Center Indonesia 2019 yang dilaksanakan di Lapangan Tenis Bea Cukai, Jakarta Timur pada 21 Agustus lalu menyisakan teka-teki mengenai permainan di perlombaan Ketangkasan tersebut. Dalam kategori Accuracy Team penilaian diukur dengan kecepatan waktu penyelesaian. Permainan terdiri dari 6 set permainan diatur menjadi 3 set yang ditandingkan di lapangan satu dan 3 set berikutnya ditandingkan di lapangan dua.

Berikut permainan Accuracy Team yang di tandingkan di lapangan satu:

Ball Thread

Permainan Ball Thread yang dimainkan oleh KAI

Permainan Ball Thread menggunakan peralatan 15 buah bola, tali kecil sepanjang 1 meter dan 5 buah tabung penampung bola. Dengan teknis permainan dalam satu tim yaitu dua peserta, harus dapat mengangkut bola ke dalam tabung menggunakan dua helai tali yang dibentangkan dan bola dipindahkan satu per satu.  Makna permainan Ball Thread yang diaplikasikan dalam pekerjaan tim ini adalah setiap tim diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada satu per satu dengan mendiskusikannya kepada orang yang tepat.

The Nut Stacker

Permainan The Nut Stacker yang dimainkan oleh KLIP DJP

Permainan The Nut Stacker menggunakan peralatan baut sebanyak 20 buah dan sumpit 2 buah untuk satu tim. Dengan teknis permainan baut dimasukkan 5 buah sekaligus ke dalam satu sumpit. Pengerjaannya dilakukan dengan menggunakan satu tangan, dan dikerjakan oleh dua orang sekaligus dan baut ditumpuk satu persatu secara bergantian hingga membentuk satu buah menara dan dilanjutkan dengan menumpukkan baut selanjutnya hingga membentuk dua buah menara. Makna permainan The Nut Stacker yang diaplikasikan dalam pekerjaan tim ini adalah setiap tim diharapkan dapat bekerjasama dalam keteraturan membangun bangunan dengan tim yang kuat dan tepat di waktu yang cepat.

Til a Cup

Permainan Til a Cup yang dimainkan oleh BCA

Permainan Til a Cup menggunakan 50 buah tutup botol yang terdiri dari 5 warna (satu warna terdiri dari 10 buah tutup botol), dua buah sedotan dan gelas kertas yang ditempel disamping meja. Dengan teknis permainan tutup botol ditiup dengan sedotan dan dimasukkan ke dalam gelas kertas sesuai dengan warnanya. Makna dari permainan Til a Cup yang diaplikasikan dalam pekerjaan tim ini adalah setiap peserta diharapkan mampu bekerjasama dengan timnya dengan saling mendukung dan menyelesaikan permasalahan dengan teliti dan penuh strategi.

Berikut permainan Accuracy Team yang di tandingkan di lapangan dua:

Golf Marker

Permainan Golf Marker yang dimainkan oleh OJK

Permainan Golf Marker menggunakan peralatan 10 buah spidol berwarna dan 10 buah bola Golf. Dengan teknis permainan spidol berwarna tersebut diletakkan sesuai dengan tanda warna yang tersedia dan menempatkan bola Golf diatas spidol berwarna tersebut. Jarak per spidol yaitu 5cm. Dengan pengerjaannya menggunakan satu tangan. Makna dari permainan Golf Marker yang diaplikasikan ke dalam pekerjaan tim ini adalah peserta dapat bekerja tim dengan teknik dan akurasi.

Cup Curling

Permainan Cup Curling yang dimainkan oleh BI

Permainan Cup Curling menggunakan peralatan 15 buah Cup, sedotan, dan keranjang. Dengan teknis permainan semua Cup ditiup menggunakan sedotan untuk dimasukkan ke dalam lingkaran. Posisi Cup tidak boleh terbalik saat masuk ke dalam lingkaran. Jarak dari garis ke lingkaran sudah ditetapkan oleh panitia. Dalam peniupannya boleh bergantian dalam satu tim. Makna dalam permainan Cup Curling ini adalah tim dapat mengaplikasikan kerjasama dengan megarahkan sasaran secara tepat ke dalam target yang ditentukan.

Fluotacious

Permainan Fluotacious yang dimainkan oleh Enseval

Permainan Fluotacious menggunakan peralatan Jenga sebanyak 18 buah, kelereng, 3 buah piring plastik, dan 3 buah karet gelang. Jenga yang tersedia disusun diatas 3 piring plastik yang dibawahnya terdapat kelereng dan karet gelang. Jenga tersebut disusun satu persatu dengan posisi tegak lurus menggunakan satu tangan dan dikerjakan oleh satu tim. Makna permainan Fluotacious yang diaplikasikan dalam pekerjaan tim ini adalah setiap peserta diharapkan mampu mendiskusikan permasalahannya dengan tim dan dapat salung mengontrol pekerjaan yang dikerjakan oleh tim.

Permainan Accuracy Team yang terdiri dari 6 set ini harus diselesaikan satu persatu, setelah satu permainan selesai tim diperbolehkan pindah ke permainan selanjutnya. Waktu yang dihitung berdasarkan hasil akumulasi dari setiap set permainan. Lomba Accuracy Team ini menguji tim dalam bekerjasama menyelesaikan tugas yang berat dengan cara yang sederhana namun terselesaikan. (WH)