Leaders Talk: Perbaiki Diri serta Ikuti Perubahan

27 Agustus 2021 – Contact Center Associations of Asia Pacific (CC-APAC) menghadirkan diskusi Leaders Talk dengan tema “A Leader’s Roadmap to Contact Center Success”. CC-APAC mengundang pembicara profesional ke pusat kontak Asia Pasifik.

Salah satu pembicara adalah Raymond Devadass, Chairman of CCAM Malaysia, Founder & CEO Day Three. Raymond menjelaskan bahwa gameplay saat ini adalah bermain untuk perubahan. Dalam industri contact center, perubahan bukanlah hal baru. Mereka menerima dan mengalami banyak perubahan, seperti halnya internet. Kami beralih ke mobile karena semua kaum milenial saat ini menggunakan ponsel mereka untuk menjangkau media sosial dan hal-hal lain seperti itu. Kemudian industri contact center juga telah melalui dan mengikuti perubahan ini dengan sangat cepat dan pesat.

Dia juga setuju dengan pembicara lainnya bahwa itu adalah proses dinamis yang bergerak sangat cepat dan beradaptasi. Dan menurutnya organisasi tersebut memiliki peta jalan yang bagus untuk mengatakan, “Okay, we will embrace machine learning for two years or AI for three years.”

Dan dia berpikir sebagai pemimpin, yang paling penting untuk tetap mengikuti apa yang terjadi dengan teknologi yang berbeda. Bagaimana penerapannya pada bisnis Anda? Bukan sekedar mengambil teknologi baru dan menirunya saja. Mereka harus melihat bahwa penerapan teknologi berfungsi untuk pusat kontak dan membuat pengalaman pelanggan yang lebih baik. Hal yang baik tentang bisnis BPO di sini adalah bahwa kami telah melalui banyak jenis perubahan dan transformasi. Hal itu menguatkan kita untuk lebih gesit dalam menerima perubahan.

Raymond juga membagikan beberapa tips di era digital ini di contact center. Saat ini teknologi telah berkembang begitu pesat. Akan ada alat yang lebih canggih yang akan muncul dari waktu ke waktu dan itu akan mengubah industri bergerak maju.

Oleh karena itu, sebagai seorang pemimpin kita harus belajar dan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan tersebut. Kita tidak boleh ketinggalan zaman atau membiarkan kita menjadi usang. Dia pernah mendengar kalimat, “Machines will not make us obsolete. But our complacency will make us obsolete.”

Sebagai seorang pemimpin, kita harus belajar bagaimana hidup berdampingan dengan teknologi. Jika Anda tidak meningkatkan diri sendiri, tidak memperbaharui atau melatih ulang keterampilan diri Anda, maka Anda akan menjadi usang.

Oleh karena itu, roadmap seorang pemimpin di era ini tidak hanya menerapkan beberapa kemajuan teknologi, tetapi juga meningkatkan pengetahuan kita. Serta, kita harus selalu mengikuti arus atau berbagai perubahan yang muncul agar kita tidak menjadi usang. (ANF)