Leaders Talk: Cara Menghadapi Pemimpin Milenial di Perusahaan Anda

Jumat, 23 Juli 2021 – Diskusi yang diselenggarakan oleh Contact Center Associations of Asia Pacific (CC-APAC), yakni Leaders Talk dimana kali ini mengusung tema “Millennial Leaders in Contact Center”. CC-APAC mengundang empat pembicara yang merupakan profesional dan pimpinan contact center di wilayah Asia Pasifik.

Salah satu pembicara dalam diskusi ini adalah Sarun Vejsupaporn. Sarun merupakan President of Thai Contact Center Trade Association dan CEO of NICE Call Company. Perusahaan tersebut bergerak di bidang industri telemarketing dan kesehatan.

Dia juga berbagi cerita tentang generasi milenial di Thailand yang begitu berani dan banyak bicara. Sarun juga mempunyai kunci keberhasilan untuk mengembangkan para pemimpin milenial. Kuncinya adalah perilaku, pelatihan, dan insentif. Dengan perilaku yang baik, generasi milenial akan lebih mudah dilatih agar mereka memiliki keterampilan yang baik, lalu mempraktikkan apa yang telah mereka pelajari. Jika mereka lulus pada pelatihan, mereka akan mendapatkan apa yang mereka inginkan, seperti insentif.

Sarun memberikan beberapa tips terkait apa saja yang harus dilakukan, jika memiliki banyak pemimpin milenial di perusahaan. Pertama, perlakukan mereka sebagai teman terlepas dari apa yang sudah mereka capai. Jangan katakan bahwa Anda adalah bosnya. Jika hal itu dilakukan, mereka tidak akan mendengarkan Anda. Sebaliknya jika Anda menganggap mereka sebagai saudara, maka mereka akan mendengarkan.

Yang kedua adalah Anda harus mendengarkan mereka terlebih dahulu sebelum Anda menyuruh mereka untuk melakukan pekerjaan atau melakukan sesuatu. Jangan memberi mereka perintah, berikanlah mereka target maka itu jauh lebih baik.

Ketiga, biarkan mereka para pemimpin milenial menemukan cara untuk mencapai tujuan mereka sendiri. Jangan langsung memberikan perintah tertentu terkait apa yang harus mereka lakukan. Yang keempat, mendukung apa yang mereka minta dan membaca beberapa rekomendasi.

Tips kelima adalah beri mereka wewenang untuk mengawasi tim mereka karena mereka pikir mereka adalah pemimpin, mereka ingin memiliki wewenang untuk mengontrol dan membuat tim mereka bergerak maju. Keenam, berilah mereka hadiah atau apresiasi sesegera mungkin, jangan menunggu hingga keesokan harinya. Berikan mereka apresiasi ketika mereka berhasil mencapai sesuatu.

Satu tips lagi dari Sarun adalah para pemimpin milenial memiliki sifat yang serba cepat dan agresif. Oleh karena itu, Anda harus membuat mereka tetap bergairah dan semangat untuk bekerja, seperti kuda, mereka akan berlari dengan cepat ketika sedang bersemangat. Tips terakhir adalah jika mereka bukan pemimpin yang tepat, jangan mencoba untuk mengubahnya karena hanya akan menghabiskan waktu Anda. (ANF)