Leaders Talk: Beberapa Tips dari Gratiano Yeung untuk Generasi Milenial agar Keluar dari Zona Nyaman

Jumat, 23 Juli 2021 – Dalam Leaders Talk kali ini, Contact Center Associations of Asia Pacific (CC-APAC) membahas “Millennial Leaders in Contact Center” dengan mengundang empat pembicara profesional di contact center Asia Pasifik.  

Salah satu pembicara pada acara kali ini adalah Gratiano Yeung dari Thailand. Gratiano merupakan Chief Customer Officer of Thai Insurtech Roojai.com. Gratiano mengatakan bahwa generasi milenial di Thailand sebenarnya memiliki keberanian untuk berbicara serta menerima tantangan. Maka setiap bulannya, perusahaan tempat ia bekerja mengadakan rapat bulanan karyawan bersama para manajer dan membahas terkait kondisi kerja mereka. Tujuannya supaya semua karyawan merasa didengarkan dengan cara memberikan mereka kesempatan untuk berbicara. Lalu Roojai.com juga memberikan pelatihan dan sertifikasi untuk meningkatkan keterampilan karyawan mereka.

Diskusi selanjutnya mengenai kapan waktu yang tepat untuk menugaskan seorang agent contact center ke departemen lain. Gratiano mengatakan bahwa 2 tahun adalah waktu yang cukup bagi seorang agent bisa ditugaskan ke departemen lain. Dalam jangka waktu tersebut, mereka dapat mempelajari berbagai ilmu dari tim contact center dan departemen lainnya. Dan tentu saja mereka harus tetap menjalani proses wawancara terlebih dahulu. “If they apply for those positions, they still need to go through a proper interview by the department head,” ucap Gratiano.

Gratiano juga membagikan tips dan motivasi untuk generasi milenial. Dia berbicara tentang kekhawatirannya. Pertama, menurutnya secara umum orang lebih banyak bertahan di zona nyaman mereka. Jadi, Gratiano berpikir kita harus benar-benar menantang diri kita sendiri. Sama seperti yang dirinya alami, Gratiano menantang dirinya untuk meninggalkan negara asalnya, ke negara asing dan kemudian membangun bisnis start-up dari awal.

Ini tidak berarti bahwa Anda harus meninggalkan negara Anda untuk sebuah perubahan. Namun, lebih bertanya kepada diri sendiri apa lagi yang harus Anda lakukan untuk membuat segalanya lebih baik. Yang kedua adalah dengan transformasi digital. Menjadi seorang pemimpin itu perlu rendah hati untuk selalu belajar hal-hal baru. Selain itu, kita juga perlu melengkapi diri kita sebaik mungkin dengan kemampuan dan pengetahun baru tersebut.

Gratiano percaya bahwa hari ini masih banyak contact center yang menggunakan sistem “warisan”. Roojai.com sendiri sudah sejak lama memutuskan untuk tidak menggunakan sistem dari perusahaan induk. Gratiano mengatakan bahwa mereka memiliki fleksibilitas untuk melakukan perubahan. Kuncinya adalah jangan takut untuk membuat perubahan. Cobalah untuk lebih berpikir out of the box dan selalu menantang diri sendiri. Gratiano berkata itu akan membuat sebuah perbedaan. Jadi lakukanlah. (ANF)