Kreativitas Infinity Strategy dan Stark Strategy, Rangga terinspirasi dari Superhero Marvel

Rangga Sapta Hadi, pemenang medali Bronze pada kategori The Best Desk Control

Pada Kamis 13 Februari 2020 ICCA kembali menyelenggarakan kegiatan Winner Sharing di Gedung Graha Seti Lantai 2, Jakarta. Kali ini ICCA mengundang 2 pemenang ajang The Best Contact Center Indonesia 2019 pada kategori Individual. Mereka adalah Rangga Sapta Hadi dari Bank Indonesia, pemenang medali Bronze pada kategori The Best Desk Control dan Rendi Supriadi dari dari PT Kereta Commuter Indonesia, pemenang medali Gold pada kategori The Best Customer Services Small.

ICCA memberikan kesempatan kepada Rangga Sapta Hadi untuk menjadi pembicara pada sesi pertama acara Winner Sharing kali ini. Pria kelahiran Jakarta 13 Juli 1988 ini mengawali Sharingnya dengan membahas perjalanan karirnya. Rangga memulai karirnya di contact center pada tahun 2014 sebagai Agent Inbound, lalu pada tahun 2018 dirinya menjadi Agent Solver dan tepat pada tahun 2019 hingga saat ini dirinya tengah menduduki jabatannya sebagai seorang Desk Control.

Seorang lulusan Teknik Komputer STMIK AKAKOM Jogjakarta ini sebenarnya baru pertama kali mengikuti ajang The Best Contact Center Indonesia pada 2019 lalu. Namun Rangga mampu membuktikan bahwa dirinya mampu meraih medali Bronze di ajang TBCCI. Bagi Rangga untuk mengikuti ajang The Best Contact Center Indonesia tidaklah mudah. Berbekal dengan keahlian dan kreativitas yang dimiliki nya, Rangga memberanikan dan meyakinkan dirinya untuk maju berlomba pada kategori The Best Desk Control.

Dengan bekerja di contact center Bank Indonesia yang setiap tahunnya memiliki regulasi dan kebijakan yang diterbitkan, Rangga mengaku banyak sekali aktivitas-aktivitas yang terjadi dalam contact center di luar ekspektasinya. Sehingga dirinya sebagai seorang desk control harus memiliki keahlian forecasting, staffing dan scheduling yang mana dengan keahlian tersebutlah dirinya mampu menciptakan kreativitas di dalam pekerjaannya sehari-hari.

Pada kesempatan Winner Sharing ini Rangga memaparkan kepada peserta bahwa pada lomba Individual Presentasi, Rangga membawakan sebuah materi bertema superhero Marvel yang dipadukan dengan materi serta program kerjanya yang telah ia tentukan. Dengan 3 kompetensi yang dimilikinya seperti kemampuan memprediksi, berkomunikasi dan baik dalam menganalisa, Rangga menguraikan tantangannya dalam bekerja (over aux, long calls juga off air) dan kreativitas yang dilakukannya (conceptor dan programming).

Rangga menyampaikan bahwa sebelum memulai suatu program, dirinya harus membangun dan menyusun sebuah konsep. Ada 2 konsep dan strategi yang diciptakannya, yakni Stark strategy yaitu memaping Agent dan Infinity Strategy yang berkaitan dengan call, off air dan coordination. Dengan menetapkan dan mengaplikasikan 2 strategy tersebut, hasilnya dapat terlihat pada grafik SL dan CSI di bulan Januari hingga Juni 2019 yaitu target yang telah dibuat hampir semua telah tercapai.

Kembali lagi bahwa seorang Desk Control bertugas mengawasi secara keseluruhan pekerjaan Agent agar berjalan dengan baik, lagi-lagi data dan grafik yang berbicara. Setelah mengaplikasikan program dan kreativitas yang telah dibuat, grafik tingkat kehadiran, forecast, reporting dan kuis dapat melebihi batas standar/target yang sudah ditetapkan pada periode Januari hingga Juni 2019. Keberhasilan yang telah dicapai oleh Rangga terinspirasi dari sebuah kutipan dari Stan Lee, seorang creator Marvel yang berbunyi “Another definition of hero is someone who concerned about other people well-being and will go out to help them even if there is no chance of reward”. Yang berarti “Definisi lain dari pahlawan adalah seseorang yang peduli pada kesejahteraan orang lain dan akan mencarikan jalan keluar untuk membantu mereka bahkan jika tidak ada peluang hadiah”. Inspirasi dari kutipan tersebut lah yang membuat Rangga menciptakan startegi stark dan infinity hingga target dalam program kerjanya tercapai. (WH)

This entry was posted in Artikel, Best CCI and tagged , , . Bookmark the permalink.