Komentar Dewan Juri Ajang The Best Contact Center Indonesia 2020

Bukan hanya peserta dan panitia, Juri merupakan salah satu pihak yang memiliki peranan penting dalam perlombaan. Menjadi seorang Juri Individual di ajang The Best Contact Center Indonesia adalah hal yang menegangkan. Dapat dikatakan menegangkan karena Juri harus memberikan penilaian secara objektif.

Lomba kategori Individual Tahap II Sesi Tanya Jawab yang dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober dan berakhir pada 14 Oktober 2020 ini panitia mengundang sekitar 16 dewan Juri per ruangan untuk melakukan penilaian terhadap peserta Individual. Berbeda dengan tahun lalu, pada tahun 2020 ini Juri melakukan penilaian terhadap peserta secara Online menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh panitia. dewan Juri juga diwajibkan untuk hadir secara Virtual menggunakan akses aplikasi zoom meeting untuk melihat langsung kemampuan para peserta di Tahap II Sesi Tanya Jawab.

Saat sesi Tanya Jawab berlangsung, dewan Juri hanya diperbolehkan mendengarkan jawaban yang diberikan oleh peserta atas pertanyaan moderator ruangan. Juri juga tidak dipernolehkan memberikan komentar apapun terkait jawaban yang diberikan oleh peserta. Merasa penjurian di tahun ini luar biasa, berikut beberapa komentar dewan Juri yang dapat tim media rangkum.

Any Ramadhaningsih, Bank Indonesia.

Komentar saya pada penjurian tahun ini luar biasa. Dibanding tahun sebelumnya, tahun sekarang effortnya lebih berat. Hal tersebut karena meski para Juri diberi waktu untuk menilai peserta pada H-3, kenyataannya benar-benar menguras tenaga juga. Lebih enak di tahun sebelumnya yang secara langsung melakukan penilaian. Kalau sekarang tuh harus menilai video dulu, tapi seru sih apalagi saat peserta melakukan Q&A. Juri harus benar-benar diam di tempat. Untuk pergi ke toilet saja tidak sempat karena takut kehilangan momen. Tapi saya salut teman-teman di ICCA dengan usaha kerasnya. Semoga tahun depan pandemi cepat berlalu dan kita dapat melaksanakan lomba seperti biasa. Agar kita dapat berlomba dan bertemu secara langsung.

Iwan Budi Santoso, Bliblicom

Kebetulan saya dapat 3 hari menjuri dan memang bagus sekali kreativitas peserta. Melakukan sesi Q&A di acara ini sangat bagus untuk meningkatkan contact center di Indonesia secara keseluruhan. Untuk saran dan masukannya adalah kita harus tetap belajar dengan kondisi yang baru ini. Menyiasati agar dapat meminimalisir kendala koneksi jaringan baik dari peserta ataupun penyelenggara.

Rosa Hermana dari OVO

Perjalanan yang panjang dalam menjadi juri di ajang The Best Contact Center Indonesia 2020. Tepatnya saya sudah 3 kali pertemuan dan melakukan penilaian. Dimulai dari level Manager sampai Agent English. Pesertanya luar biasa. Apalagi di hari terakhir yang pesertanya merupakan Agent English yang dalam berbahasa bahasa Inggris mereka lancar sekali seperti air mengalir. Luar biasa! Untuk tim ICCA juga sudah mengakomodir lomba untuk bisa berjalan dengan baik walaupun dengan kondisi yang pandemi seperti ini.

Muhammad Irvan, Coca Cola Amatil Indonesia

Ini adalah journeynya praktisi contact center. Saya ingat sekali pertama kali saya berkecimpung di dunia contact center yaitu dimana saat itu ibu Ituk sudah menjadi senior leader di situ. Pernah juga mendapatkan pelatihan dari bu Ituk. Ini salah satu bukti nyata bahwa orang contact center ada di sini. Yaitu saya bisa meniti kariir di pelayanan pelanggan. Walaupun saya berpindah-pindah tempat namun satu esensinya adalah bahwa kita harus berikan yang terbaik untuk pelanggan kita apapun platform dan perusahaannya.

Rama Viva, Bhinneka Life Indonesia

Bhinneka bangga bisa ikut terlibat di acara ini. Kalau tahun lalu saya tidak ikut menjuri di acara ini, namun di tahun ini saya penasaran bagaimana caranya menilai peserta di acara ini secara online. Tidak langsung tapi menggunakan aplikasi. Dari hasilnya staff-staff itu kreatif, caranya bagus-bagus, dan berbeda-beda. Bhinneka juga mau ikut terlibat sebagai sponsor di tahun ini, selain karena bertepatan dengan ulang tahun Bhinneka yang ke 4 tanggal 22 Oktober Bhinneka benar-benar ingin ikut terlibat supaya Bhinneka dapat memproteksi teman-teman contact center sebagai apresiasi Bhinneka terhadap layanan yang mereka sudah berikan dan semoga sukses.

Alit Ayu Meinarsari, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan

Mengikuti penjurian di ajang The Best Contact Center Indonesia 2020 ini merupakan pengalaman baru. Saya mendapatkan banyak inspirasi mengenai bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik kepada customer. Acara ini juga dapat memberikan manfaat seperti panduan dan feedback kepada agen CC Dering DJPK, dimana setiap agen mempunya nilai kinerja adalah pelayanan API, atas pelaksanaan lomba ini dapat memberikan gambaran bagaimana seorang agen harus berinteraksi dengan customer. Saat melakukan penilaian juga ada beberapa tantangan, karena bersamaan dengan waktu kerja, dan saya di pemerintahan diperlukan surat tugas agar ketika pelaksanaan penjurian tidak terganggu oleh pekerjaan rutin atau penugasan dari pimpinan.

Puja Lestari, Tafakul Keluarga

Saya merasa senang dan bangga karena bisa punya kesempatan memberikan penilaian di ajang besar ini. Banyak manfaat yang di dapatkan dalam mengikuti penjurian khususnya cara handle nasabah setiap perusahaan walaupun sama tetapi ada ciri khasnya masing-masing, baik handle nasabah, handle complaint, saya juga belajar dari presentasi yang agent berikan, semuanya bagus dan kreatif. Saya berharap agar ajang ini tetap diadakan terus, semoga pandemi cepat selesai sehingga bisa di lakukan secara langsung, jadi makin terjaga silaturahminya.

Dari beberapa komentar yang diberikan oleh Dewan Juri, tahun ini adalah tahun yang baru bagi mereka melakukan penilaian secara online. Mereka  berharap di tahun mendatang agar pandemi cepat berakhir dan ajang TBCCI 2020 dapat berjalan secara langsung. Mereka juga berharap bahwa peserta dari berbagai instansi dan perusahaan dapat mengikuti ajang lomba TBCCI 2020. Hal tersebut dapat memiliki tolak ukur terbaru dalam melakukan pelayanan di Contact Centernya. (WH)

This entry was posted in Artikel and tagged , , . Bookmark the permalink.