Knowing Your Potential Circle, Dengan Mengetahui Potensi Diri Salah Satu Masalah Dapat Teratasi

Donal J Waruwu yang sedang memberikan Sharing dalam kompetisi TBCCI 2019

Kegiatan Winner Sharing kembali diadakan pada tanggal 6 Desember 2019, untuk kali ini ICCA menghadirkan seorang pembicara dari Halo BCA, pemenang Team Leader Customer Service yaitu Donal Juliyanto Waruwu. Pria yang lahir di Gunung Sitoli, Pulau Nias pada tahun 1993 ini, mengawali karirnya sebagai Customer Service di Kantor Cabang BCA Kelapa Gading dan tak lama kemudian pada Juni 2018 Donal dipromosikan untuk menjadi seorang Team Leader di Halo BCA.

Dari menjadi seorang Team Leader saat ini, membuka kesempatan bagi Donal untuk mengikuti kompetisi The Best Contact Center Indonesia 2019 yang diselenggarakan oleh ICCA dan berhasil meraih penghargaan Medali Platinum dalam kategori The Best Team Leader Customer Service. Dan pada kesempatan ini Donal membagikan kepada 23 peserta yang hadir untuk sharing pengalamannya dari mulai persiapan dalam mengikuti kompetisi TBCCI, tips dan trik sebagai pemenang hingga sharing operasional kerja di Halo BCA.

Tugasnya sebagai Team Leader, yaitu merencanakan segala sesuatunya yang berkaitan dengan myBCA, sebagai salah satu layanan spesial dari Bank Central Asia yang memberikan berbagai kemudahan perbankan bagi masyarakat perkotaan. myBCA dilengkapi dengan berbagai perangkat elektronik teknologi terkini yang dapat diakses secara self-service, dan dalam hal tersebut merupakan salah satu program kerja yang dilakukan olehnya. Materi yang dibawakan saat presentasi juga berhubungan dengan program kerjanya sendiri, Donal membuat sebuah aplikasi myBCA Sharing Aplication, dimana seluruh anggota team dapat mencurahkan isi hatinya di aplikasi tersebut, dan dalam tugasnya Donal juga melakukan monitoring serta melakukan coaching kepada para agentnya.

Dalam mengikuti kompetisi TBCCI ini, Donal juga melakukan berbagai persiapan yang matang, dan sejak awal persiapannya Donal sangat disupport oleh perusahaan dengan mengikuti training “I Can Speak” yang diadakan oleh trainer ternama dengan mempelajari bagaimana cara berbicara dan presentasi di depan umum. Selain itu juga Donal diberikan training atau pembekalan oleh ICCA tentang bagaimana tes tertulis. Pada tips dan trik yang dibagikan oleh Donal kepada para peserta menurutnya “Knowing Your Potential Circle” dimana harus mengetahui potensi yang ada dalam diri, seperti potensi diri yang dimilikinya adalah kekuatan dalam suara yang cukup lantang untuk berbicara di depan umum. Hingga pada case saat lomba presentasi berlangsung, Donal mengalami permasalahan yaitu mic yang digunakannya mati, namun iya tetap dapat membawakan materinya dengan cukup jelas dan lantang berkat suaranya tersebut. Dan selain mengetahui potensi diri, juga harus dapat mengetahui skill-skill yang dimiliki, seperti menguasai Web Design atau menggali materi yang akan disampaikan agar dapat membawakan presentasi dengan baik.

Pada kegiatan Winner Sharing ini juga membuka kesempatan bagi peserta yang ingin berdiskusi atau sekedar ingin bertanya kepada pembicara yang telah menyampaikan sharingnya. Pada sesi tanya jawab ini, salah satu peserta dari KLIP DJP mengajukan pertanyaan sebagai berikut : “Mau tanya terkait masalah Team Leader di BCA sendiri, karena kalau Team Leader Customer Service Walk In yang ada di Direktorat Jendral Pajak itu kan, rata-rata di lapangan sedangkan tadi pas saya masuk pas banget Mas Donal ceritakan kalau punya beberapa cabang, lalu dikasih buat monitoring. Kalau di BCA sendiri Team Leadernya apakah cuman di pusat tadi, atau menyebar juga. Barangkali kami adopsi nanti di DJP supaya mengurangi yang di daerah dengan era digitalisasi begitu”.

“Kalau di BCA kita sistemnya sentralisasi, jadi kita menuju kesana. Nah kali di  myBCA sudah disentralisasi. Kami sitenya di BSD, kalau kantor saya di BSD yang tadi CCTV itu saya liatin semua itu di BSD Serpong dan di Wisma Asia. Nah kami kunjungan sih, tapi secara berkala gak langsung. Jadi monitoringnya lewat CCTV tadi, terus kalau misalnya yang coachingnya biasa yang bukan hard coaching banget, yang gak perlu di coaching secara ketemu langsung. Kita bisa by Aplikasi Whatsapp atau lewat aplikasi myBCA Sharing Aplication. Seperti itu, kita sistemnya sentralisasi sih kalau yang sekarang sudah berlangsung di BCA, khususnya di Halo BCA”.

Dalam kompetisi TBCCI ini adalah merupakan kali pertama bagi Donal untuk mengikuti lomba. Dengan tekad yang kuat serta kerja kerasnya, Donal berhasil meraih penghargaan medali platinum. Motivasi utama dalam mengikuti kompetisi ini, Donal sangat ingin membanggakan kedua orangtuanya. Pada saat Donal sedang mengikuti lomba presentasi ini, Donal harus kehilangan sosok orang tua untuk selamanya. Dari situlah Donal juga semakin termotivasi untuk membanggakan orangtuanya di luar membanggakan perusahaan. Karena seperti pepatah yang sering diucapkannya, usaha tidak akan pernah menghianati hasil. Dan pada sharing yang di sampaikannya ia sangat berharap memberikan dampak yang baik, juga memberikan motivasi kepada para peserta yang khususnya akan mengikuti kompetisi 2020 mendatang. (TN)

This entry was posted in Artikel. Bookmark the permalink.