Published on 27 January 2023

Ketok Palu! Perlombaan The Best Contact Center Indonesia Tahun 2023 Akhirnya Diselenggarakan Secara Offline.

Words by:
avatar

Annisa Nur Fauzi

25 Januari 2023 – ICCA telah melaksanakan acara Launching The Best Contact Center Indonesia yang berlangsung di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak. Acara ini dibuka oleh dua Master of Ceremony, yaitu Evrida Usmeila dari Telexindo Bizmart dan Erich Evander da Costa dari BLIBLI, serta turut dimeriahkan dengan persembahan spesial, yakni Tari Kreasi Nusantara dari KLIP Dancers. 

Sebagai Tuan Rumah, Nico Herry Janto selaku Kepala KLIP Ditjen Pajak mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada para pengurus ICCA dan seluruh partisipan dari berbagai perusahaan Contact Center yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir pada acara Launching The Best Contact Center Indonesia tahun ini.

Selanjutnya, Wani Sabu selaku Sekretaris ICCA memberikan sebuah sambutan singkat pada kesempatan ini. Beliau mengatakan dengan bangga bahwa ICCA telah berhasil melahirkan para pemenang berprestasi, di antaranya 208 pemenang Individual, 32 Teamwork, dan 101 pemenang dari Korporat Program. Beliau juga mengatakan di tahun ini, perlombaan TBCCI akan diadakan secara hybrid. Sistem hybrid yang dimaksud hanya untuk juri saja, tetapi peserta yang berlomba seluruhnya diadakan secara offline. 

Selain itu, Ituk Herarindri selaku Dewan Penasihat ICCA juga turut memberikan sambutannya. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan TBCCI yang diinisiasi oleh ICCA ini telah memasuki tahun ke 17. Walaupun sempat terdampak pandemi selama tiga tahun terakhir, namun pengurus serta panitia tetap menjaga kualitas dan integritas perlombaan dengan berkompetisi secara online. Ituk juga mengucapkan selamat berjuang bagi para calon peserta TBCCI di tahun ini. “Dan juga selamat berbagi ilmu untuk para mentor di perusahaan masing-masing. Tetap semangat melayani dengan sepenuh hati karena melayani pelanggan adalah pekerjaan yang mulia. Do the best!” tutup Ituk Herarindri.

Masuk ke sesi berikutnya, yakni penjelasan lomba Korporat Program yang dibawakan oleh para pengurus ICCA. Pada kesempatan ini, Edmalia Rohmani selaku Bidang Penghargaan bersama dengan Anastasia Krisnawati selaku Bidang Sosial, menyampaikan beberapa poin penting dan perubahan yang akan terjadi di tahun 2023 ini. Masih sama seperti tahun lalu, terdapat 7 sub kategori yang diperlombakan, di antaranya Contact Center Operations, Business Contribution, Technology Innovation, Digital Media, People Development, Employee Engagement dan Customer Experience. 

Selanjutnya, mereka menjelaskan tahapan lomba pertama pada kategori ini, yaitu sesi tanya jawab dengan Juri Internasional yang akan dilaksanakan pada 11-17 September 2023. Juri Internasional ini berasal dari berbagai negara di Asia Pasifik, diantaranya Australia, China, Hongkong, Malaysia, Singapore, Taiwan, Thailand, dan Indonesia. Proses penjurian akan dilaksanakan secara hybrid, yang mana terdapat beberapa juri yang menilai melalui Zoom, serta ada juga yang langsung bertemu dengan peserta secara tatap muka. Tahapan lomba presentasi dan sesi tanya jawab ini berdurasi maksimal 45 menit. Namun, khusus untuk sub kategori Contact Center Operations diberikan waktu lebih lama, yaitu maksimal 60 menit. Tak lupa juga, presentasi yang dibuat oleh masing-masing peserta harus disusun sesuai dengan parameter atau template yang ditentukan oleh panitia ICCA. 

Acara berikutnya, yaitu penjelasan mengenai lomba Teamwork oleh Anita Rizqiana selaku Pengurus ICCA Bidang Keanggotaan dan Dwi Rahma selaku Pengurus ICCA Bidang Kemitraan. Dalam penjelasannya, mereka menyampaikan terdapat beberapa tahapan lomba mulai dari Try Out yang diadakan secara online pada 13 – 14 Juli 2023. Lalu, dilanjutkan dengan perlombaan yang diselenggarakan pada 14 – 16 Juli 2023. Hingga yang terakhir, yaitu  pengumuman pemenang perlombaan pada 19 September 2023. 

Selanjutnya, Anita dan Dwi Rahmah menyampaikan bahwa terdapat tambahan tiga sub kategori pada perlombaan Teamwork, diantaranya Quality Assurance, Scheduling Team, Telesales Team, Reporting Team, Smart Team, Data Analytics, Reliability dan Accuracy. Selain itu, dijelaskan juga bahwa teknis perlombaan Teamwork masih sama dengan tahun lalu, hanya saja ada perbedaan pada dua sub kategori, yaitu Reliability dan Accuracy. Pada kedua sub kategori ini, para peserta akan diuji dari segi ketangkasan serta keakuratannya dalam sebuah set permainan dengan waktu yang telah ditentukan oleh panitia. Selain itu, pembagian seat juga akan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu Small (<100 seat) dan Large (>100 seat). Khusus Reliability dan Accuracy, pembagiannya menjadi Small (Ganda Putra) dan Large (Ganda Putri).

Tidak hanya penjelasan lomba Korporat dan Teamwork saja, Evi Riawati selaku Bendahara ICCA dan Yusnita Santosa selaku Pengurus Bidang Sosial juga memaparkan materi terkait perlombaan Individual. Ada beberapa sub kategori yang diperlombakan di tahun ini, di antaranya sub kategori Manager, Supervisor, Team Leader digital, Team Leader Outbound, Team Leader Customer Service, Quality Assurance, Desk Control, IT Support, dan Trainer. 

Karena diadakan secara offline, para peserta tidak perlu lagi membuat video presentasi. Maka dari itu, tahapan perlombaannya hanya ada try out yang akan diadakan pada 16 -17 Juni 2023. Lalu ujian tertulis secara online bersamaan dengan upload file/materi presentasi pada 10 Juli 2023. Tahapan terakhir, yaitu presentasi sekaligus sesi wawancara bersama dewan juri secara tatap muka antara 7 – 11 Agustus 2023 dan 21 – 25 Agustus 2023. 

Sebelum ditutup, Andi Anugrah selaku Ketua dari Indonesia Contact Center Association, berkesempatan untuk menyampaikan beberapa informasi tambahan terkait rangkaian agenda, sekaligus biaya kepesertaan TBCCI 2023. Beliau memaparkan mulai dari technical meeting, pembekalan dan tryout yang dimulai pada bulan Juni, perlombaan seluruh kategori, hingga Conference dan Awards Ceremony yang dilaksanakan pada 19 September 2023. Selanjutnya, Andi Anugrah menginfokan beberapa biaya kepesertaan TBCCI di tahun ini, diantaranya Rp3.500.000 untuk kategori Individual dan Teamwork, serta Rp8.500.000 untuk kategori Korporat Program. Dijelaskan bahwa biaya tersebut sudah termasuk untuk peserta lomba, kegiatan pembekalan, dan juga satu tiket Awards Ceremony. Seluruh perusahaan dapat mendaftarkan peserta atau perwakilan terbaiknya hingga 31 Mei 2023 pukul 17.00 WIB melalui website si.icca.co.id. 

Acara terakhir, ditutup dengan sesi Lucky Draw. Enam orang yang beruntung pada Lucky Draw ini mendapatkan hadiah berupa Training Assessment Operasional Contact Center by Telexindo dan juga Headset Jabra Envolve2 40. (RRB/ANF)