KETIKA SUNYI MENJADI TEMAN SETIA KONSENTRASI

 

PhotoGrid_1470756462457

Jakarta. Pagi yang sedikit berbeda. Suasana GOR Otista tampak sunyi, berbeda sekali dengan hari kemarin dimana sorak sorai mewarnai ruang serba guna GOR tersebut. Hari ini suasana lebih sepi, ruangan pun ditata rapi dengan hanya ada beberapa meja dan kursi terlihat mengelompok dengan susunan melingkar. Tampak tiap kelompok terdiri dari tiga orang yang sibuk membolak balik kertas dan sedikit berdiskusi satu sama lain. Suasana terasa tegang karena masing-masing kelompok tampak konsentrasi dengan soal yang sudah diberikan panitia. Hari ini sudah memasuki hari ke-6 dari rangkaian The Best Contact Center 2016. Dan acara yang ditampilkan pun berbeda. Khusus hari ini dan besok diadakan perlombaan kategori teamwork. Dimana dari setiap perusahaan diwakili oleh beberapa orang peserta untuk mengerjakan soal yang diberikan oleh panitia.

Dan pagi ini diawali dengan perlombaan dari team QA, ada sebelas kelompok yang bertanding disesi pertama. Dengan penuh ketelitian mereka mengerjakan soal yang diberikan oleh panitia. Ketenangan menjadi kunci utama. Untuk rekan lain yang menyaksikan jalannya perlombaan diminta untuk tenang demi kelancaran dari peserta.

Sesi pertama ini peserta diminta untuk mendengarkan rekaman dan setelah itu menjawab pertanyaan yang sudah ada sebanyak seratus soal. Menurut panitia pelaksana untuk kategori perlombaan ini baru pertama kali dilaksanakan di The Best Contact Center Indonesia, karena untuk tahun-tahun sebelumnya diadakan dengan kategori Jambore yang tahun ini ditiadakan. “Ini kebetulan kategori teamwork baru tahun ini, karena sebelumnya itu kategori Jambore, karena tahun lalu sempat ada kendala jadi untuk tahun ini diganti dengan kategori teamwork” ujar Yayuk selaku panitia dari ICCA sebagai penyelenggara. Menurut Yayuk juga bahwa untuk kategori ini lebih mudah untuk persiapannya “ Untuk saat ini tidak terlalu ribet ya, karena panitia cuma sediakan notebook, alat tulis dan materi, dan materinya pun tidak terlalu sulit, dan secara keseluruhan untuk kategori teamwork peminatnya pun lumayan, ada empat puluh tiga peserta dan mereka cukup exited” ujarnya kembali.

Peserta pun sudah mempersiapkan untuk mengikuti perlombaan ini. Khusus untuk kategori teamwork Smart Team disesi kedua nanti soal-soal yang diberikan seputar pengetahuan umum yang nantinya dalam bentuk seperti TTS dengan kertas ukuran A5. Dimana perserta diminta mengisi sebanyak-banyaknya pertanyaan. Seperti yang diungkapakan salah satu team dari PALYJA yang baru kali ini mengikuti kategori teamwork untuk TBCCI. Di temui sebelum acara dimulai mereka mengungkapkan persiapan dan target mereka. “Persiapan kita sudah ada dari try out ya, jadi kami berharap untuk pertanyaan-pertanyaan nanti bisa lebih banyak dari try out yang sudah kita pelajari dan mudah-mudahan untuk pertanyaannya lebih banyak seputar callcenter bukan yang general saja ya, target kita pun juara untuk Smart Team atau pun individu, karena kita sudah berupaya semaksimal mungkin”. Semangat juara menjadi hal yang utama dalam kompetisi ini. Membawa harum nama perusahaan menjadi kebanggan tersendiri dari mereka.

Sekitar pukul satu siang untuk sesi pertama sudah selesai. Ekpresi macam-macam muncul dari wajah peserta yang satu persatu keluar dari ruangan lomba. Ada yang gemas karena tidak berhasil menjawab salah satu pertanyaan, ada juga yang tampak puas dengan usaha yang sudah dilakukan. Sempat berbincang dengan salah satu team dari Bank Indonesia yang tediri dari tiga orang wanita.
“Target kami tidak tanggung-tanggung ya, platinum pastinya, dan untuk Quality Team ini kan baru yang pertama diadakan memang ada beberapa kesulitan karena kurang informasi dari awal, dan untuk lembar jawabannya pun terbatas karena soal yang diberikan ada seratus namun lembar jawabannya cuma sampai lima puluh, jadi kita harus berpikir untuk menyesuaikan jawaban dengan waktu juga, jadi disini kita juga berharap untuk kedepannya mungkin untuk lembar jawaban bisa disesuaikan dengan jumlah soal, atau dibagi dua bagian mungkin soalnya, agar kita juga tidak kebingungan” ujar mereka. Salah satu masukan yang bisa dijadikan pembelajaran untuk panitia tentunya.

Semoga saja untuk kategori teamwork ini nantinya bisa di adakan kembali untuk tahun-tahun berikutnya. Sehingga bisa memacu wawasan peserta di dunia contact center. Hingga sore hari hasil untuk sesi pertama pun diumumkan. Pemenang pertama jatuh kepada team dari Kring Pajak. Di susul dari Astra Honda Motor dan posisi ketiga diduduki oleh Bank Mandiri. Selamat untuk pemenang!