Ketentuan Video Presentasi Individual TBCCI 2021 dan Tips Persiapannya

Lomba tahunan The Best Contact Center Indonesia merupakan ajang yang selalu dinantikan oleh para praktisi contact center. Di tahun ini pun, TBCCI tetap mendapatkan banyak antusias dari berbagai perusahaan. Salah satunya terkait lomba Individual The Best Contact Center Indonesia 2021 yang diadakan secara online sama seperti tahun sebelumnya.

Dalam perlombaan Individual terdapat dua tahapan seleksi salah satunya, yaitu video presentasi. Waktu penyerahan video presentasi kategori Individual dimulai pada 26–31 Agustus 2021. Pada waktu yang telah ditentukan, para peserta akan mengunggah video tersebut ke dalam sistem melalui link atau tautan yang telah disediakan oleh panitia.

Pada tahap ini, peserta diharuskan untuk membuat video yang mempresentasikan materi sesuai yang ada di dalam dokumen Ketentuan TBCCI 2021 dan template yang dapat diunduh di website ICCA. Salah satu ketentuannya, yaitu terkait durasi maksimal video presentasi untuk setiap sub-kategori lomba Individual. Untuk level agent/staff durasi maksimal video presentasinya adalah 15 menit. Sedangkan untuk level team leader/support maksimal durasinya 20 menit.

Ketentuan lainnya dalam pembuatan video presentasi kategori Individual, ialah para peserta harus tampil di dalam video tersebut. Dalam pemilihan desain atau warna slide pun disarankan untuk memakai background yang tidak mencolok serta nyaman dipandang oleh mata. Selain itu, dalam presentasi tersebut peserta Individual tidak diizinkan untuk memasukkan video. Peserta harus benar-benar menjelaskan satu persatu materi yang dibawakannya.

Materi pertama yang harus dijelaskan oleh peserta Individual level agent, leader, dan support, yaitu terkait profil peserta, tugas dan tanggung jawab, dan kompetensi. Dilanjutkan dengan materi lainnya yang sama untuk setiap level, yakni pengembangan diri, pencapaian kinerja, dan motivasi pengembangan.

Perbedaan materi dari level agent dengan leader dan support, yaitu untuk level agent harus menjelaskan pengalaman pelayanan, terdiri dari latar belakangnya, kreativitas, dan manfaat/hasil. Contohnya seperti pengalaman pelayanan Aulia’ur Rohman dari PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk, pemenang medali Gold The Best Agent Inbound Large TBCCI 2020.  

Ia membagikan pengalamannya dalam menangani kasus hard complaint dari pejabat negara yang ingin menaikkan limit kartu kreditnya dengan jangka waktu sementara untuk pembayaran rumah sakit. Oman memiliki tujuh dasar pelayanan yang ia gunakan untuk menangani kebutuhan nasabah tersebut, yaitu Take responsible, Understand the situation and problem details, Empathize, Solve the problem, Intense coordination, Good communication, dan Keep following-up.

Sedangkan untuk level leader dan support, para peserta menjelaskan terkait program kerja, yang terdiri dari latar belakang, data pendukung, kreativitas, dan manfaat/hasil. Contohnya seperti program kerja SNB WOW FROM HOME, oleh Aliza Rachman dari PT Bank Central Asia Tbk, pemenang Gold The Best Team Leader Customer Service TBCCI 2020.

Ia menjelaskan latar belakang dari pembuatan program kerja ini, yaitu dampak pandemi COVID-19 kepada pelayanan Digital SNB myBCA yang mengakibatkan turunnya jumlah pembukaan rekening BCA. Mulai dari latar belakang tersebut, BCA akhirnya berinovasi mengeluarkan produk Pembukaan Rekening Online (PEMREK ONLINE). Nasabah bisa tetap melakukan pembukaan rekening meskipun dari rumah dan tidak datang langsung ke cabang myBCA.

Kreativitas yang Aliza gunakan untuk meningkatkan motivasi SNB adalah melalui briefing pagi dan sharing Jumat yang disebut dengan Creative Briefing from Home. Selain itu, ia juga membuat kreativitas Powerful from Home berupa kuis online dan tugas product knowledge. Hasil dari program kerja yang Aliza buat berhasil mengatasi permasalahan turunnya jumlah pembukaan rekening di antara bulan April dan Mei. Berkat programnya, jumlah pemrek dapat kembali naik pada bulan April 2020 hingga saat ini.

Video presentasi memiliki bobot nilai sebesar 40% dari keseluruhan nilai peserta Individual. Namun perlu diperhatikan bahwa setiap komponen materi dari video presentasi juga memiliki bobot nilai yang berbeda-beda. Materi dengan bobot nilai tertinggi untuk level agent terdapat pada kreativitas pengalaman pelayanan (25%), hasil/manfaat pengalaman pelayanan (20%), dan kinerja (25%).

Sedangkan untuk level leader dan support, bobot tertinggi ada pada materi kreativitas program kerja (20%), hasil/manfaat program kerja (20%), dan kinerja (20%). Untuk lebih detailnya terkait materi dan penilaian setiap sub-kategori Individual, dapat dilihat dan dipelajari melalui Ketentuan Lomba The Best Contact Center Indonesia 2021.

Para pemenang TBCCI 2020 juga membagikan beberapa tips untuk para peserta Individual dalam mempersiapkan video presentasi. Pertama, lakukan olah vokal agar bisa lebih tenang dalam presentasi. Kedua, angkat tema yang menarik. Pilihlah tema yang dikuasai dan berkesan sehingga penyampaiannya mengalir dan berkesan bagi dewan juri.

Selanjutnya, harus percaya diri dan kreatif. Dalam menyusun presentasi, kreativitas dibutuhkan untuk dapat menyajikan materi dan slide presentasi yang menarik. Cari inspirasi dari internet, buku, atau contoh presentasi lainnya. Lalu terakhir, latihan presentasi dengan mengatur fokus mata ke kamera ketika rekaman video presentasi, dan latihan blocking juga diperlukan agar menghasilkan tampilan video yang baik. (ANF)